Apakah Benar Lukisan yang Terdapat di Plafon Gereja Sistine yang dilukis oleh Michelangelo menyerupai Otak Manusia?

image

Salah satu lukisan dinding yang terkenal yang dilukis oleh Michelangelo adalah yang terletak di langit-langit Gereja Sistina di Roma yang menceritakan kisah gambar Tuhan yang menciptakan Adam. Salah satu rincian adegan yang dilukis dengan hati-hati adalah awan atau mantel mengepul yang mengelilingi sosok Tuhan dan sejumlah malaikat, yang kabarnya menyerupai bentuk otak manusia. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai misteri ini?

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 oleh dua orang neuroanatomis di Johns Hopkins Medical School mendapati bahwa banyak kesamaan antara awan berbentuk otak tersebut dan otak manusia, termasuk fitur melukis yang tampak mewakili otak serebelum, saraf optik, kelenjar pituitari dan vertebralis. pembuluh darah.

Para peneliti menemukan bahwa Michelangelo telah mempelajari anatomi manusia dan bahkan membedah mayat untuk mempelajari detail yang memberi kesan sangat nyata pada lukisannya, jadi pastinya ia sudah terbiasa dengan bentuk otak dan ciri anatomalnya yang utama.

Referensi: https://www.melihatmisteri.co