Apakah Aturan "Belum 5 Detik" Itu Efektif?

lima detik

Saat makanan terjatuh di lantai yang ita anggap paling bersih sekalipun akan langsung ditempati oleh bakteria. Jadi, jangan pernah beranggapan “belum 5 detik.”.

Asal belum 5 detik, makanan yang terjatuh di lantai masih aman dimakan. Rupanya lamanya waktu makanan terjatuh berpengaruh pada banyaknya kuman dan bakteri yang mencemari. Demikian juga dengan jenis lantainya.

Menurut NY Daily News (11/03/2014) peneliti Inggris menyarankan jika ingin memakan makanan yang sudah jatuh, lebih baik segera mengambilnya dari lantai dalam waktu lima detik atau kurang dari itu.

Penelitian ini dilakukan oleh siswa biologi tahun terakhir dan dipimpin Anthony Hilton, Professor of Microbiology Aston University di Birmingham, Inggris. Mereka memantau perpindahan bakteri umum seperti Escherichia coli (E. coli) dan Staphylococcus aureus dari beberapa jenis lantai dalam ruangan, termasuk permukaan karpet, kayu, atau keramik.

Para peneliti mencoba menaruh roti panggang, pasta, biskuit, ham, buah kering dan dessert lengket dengan lama kontak lantai antara 3 sampai 30 detik.

Peneliti menemukan waktu merupakan faktor paling penting dalam transfer bakteri dan jenis lantai juga berpengaruh. Bakteri memiliki kesempatan lebih sedikit untuk melakukan kontak dengan makanan di karpet dan lebih mungkin mentransfer kuman ketika makanan di lantai kayu atau keramik. Makanan lembab dan tertinggal di lantai lebih dari lima detik akan lebih banyak dihinggapi bakteri.

Tim peneliti juga menemukan bahwa 87% dari orang yang disurvei mengatakan mereka akan tetap memakan makanan yang jatuh di lantai dan 55% di antaranya adalah perempuan.

Sumber: