Apakah asma termasuk penyakit turunan? Dapatkah asma disembuhkan?


(Diana Raden Ayu ) #1

Ibu saya dulu termasuk penderita asma saat Beliau masih duduk di bangku SMP dan SMA. Namun sekarang Beliau sudah tidak pernah kambuh lagi penyakit asmanya.

Sekitar setahun yang lalu, saya pernah sesak napas ketika berada di ruangan yang terlalu penuh. Ketika saya diperiksa oleh dokter, Beliau mendengar bunyi sesak. Sebelumnya saya tidak pernah memiliki riwayat asma, dan oleh dokter saya diberitahu bahwa mungkin saya terkena penyakit asma dari ibu saya.

Mengingat keadaan ibu saya yang kini tidak pernah kambuh lagi asmanya, apakah penyakit ini bisa sembuh? Benarkah asma dapat diturunkan? Apa yang menyebabkan seseorang dapat kambuh asmanya, dan bagaimanakah cara pencegahannya?


(Muthia) #2

Penyebab pasti asma belum diketahui, namun telah ditemukan faktor-faktor risikonya, seperti alergi turunan (atopy), riwayat orang tua terkena asma, infeksi saluran pernapasan saat masih anak-anak, ataupun kontak dengan allergen atau virus saat sistem imun seseorang belum terbentuk sempurna.

Meski tidak semua, para penderita asma seringkali memiliki alergi, dan biasanya alergi inilah yang dapat menyebabkan tubuh bereaksi terhadap allergen, sehingga mempersempit jalan napas dan terjadilah asma.

Cara mencegah asma mungkin sama seperti cara mencegah datangnya alergi, yaitu menjauh dari benda yang menyebabkan asma kambuh, menggunakan obat dari dokter dengan benar (karena memakai obat asma secara berlebihan dapat mengurangi sensitivitas tubuh terhadap obat), dan sering kontrol dengan dokter.

Sampai sekarang, belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan asma. Namun, ada obat yang dapat menangani gajala asma agar tidak mengganggu aktivitas.

Sumber:
http://www.nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/asthma/diagnosis