Apakah arti dari sakit?

image

Definisi sakit: menurut Bauman (985) sakit adalah ketidakseimbangan dari kondisi normal tubuh manusia diantaranya system biologic dan kondisi penyesuaian dalam Konsep Sehat dan sakit.

Definisi sakit: menurut Bauman (985) sakit adalah: ketidakseimbangan dari kondisi normal tubuh manusia diantaranya system biologic dan kondisi penyesuaian dalam Konsep Sehat dan sakit. 2013. penyakit adalah suatu kondisi di mana terdapat keadaan tubuh yang abnormal sehingga menyebabkan hilangnya kondisi normal yangsehat. Secara spesifik ditandai oleh gambaran yang jelas (lesi/tanda dan gejala perubahan morfologi dan fungsi dan sebagainya) Abnormalitas dapat berupa bentuknya atau fungsinya atau keduanya. Kelainan bentuk, dapat berupa:

  1. Akibat adanya lesi tertentu yang mengisi ruang sehingga berakibat menghancurkan/memindahkan atau menekan jaringan sehat didekatnya (misal tumor), atau menyebabkan perubahan permukaan jaringan, konsistensi dan bentuknya.
  2. Penimbunan yang berlebihan atau materi abnormal dalam organ (misal amiloid)
  3. Letak jaringan yang abnormal akibat invasi, metastasis atau pertumbuhan yang abnormal.
  4. Hilangnya jaringan sehat dari permukaan (misal ulserasi) atau dari dalam organ solid (misal infark).
  5. Obstruksi aliran normal dalam saluran (misal asma, oklusi vaskuler).
  6. Ruptur dari ruang viskus (misal anuerisma, perforasi usus).
    Kelainan fungsi meliputi mucus hidung pada influenza
  7. Sekresi berlebihan dari produksi sel (misal hormon dengan efek yang jauh) tidak adanya insulin
  8. Sekresi yang tidak mencukupi dari produk sel (misal dalam DM)
  9. Gangguan konduksi saraf.
  10. Gangguan kontraktilitas struktur otot.

Individu mengalami sakit, bila terjadi gangguan fungsi yang abnormal dari salah satu, atau beberapa organnya. Pembahasan patologi terdapat pada beberapa aspek yaitu: mulai dari penyimpangan di tingkat molekuler, biokimia, fungsi, morfologi sel, jaringan atau organ tubuh. Akibat beberapa bentuk penyimpangan tersebut, dapat tampak secara klinis atau tidak tampak, dan tetap berkembang tetapi tidak terlihat pada individu yang menderita .

Beberapa istilah penting akibat adanya perubahan morfologi dan fungsi dari organ tubuh yang diperlukan seorang patologis adalah gejala klinis; lesi etiologi, patogenesis, diagnosis dan prognosis .