Apakah aplikasi atau website yang paling tepat untuk mengatur jadwal atau agenda kegiatan?

Saat ini, makin banyak masyarakat yang kurang bisa mengatur agenda kegiatan mereka sehingga kegiatan yang mereka lakukan dapat dikatakan tidak sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Jadwal berarti pembagian waktu berdasarkan rencana pengurutan kerja / kegiatan. Dengan jadwal, kegiatan seseorang akan lebih teratur dan tepat sesuai ekspektasi mereka.

Apakah aplikasi yang paling tepat untuk mengatur jadwal seseorang?

Pada masa milenial ini, hampir seluruh masyarakat di dunia memiliki smartphone yang selalu dibawa. Dengan memanfaatkan hal ini, telah banyak aplikasi pengatur jadwal yang dapat didownload secara gratis pada smartphone. Salah satu aplikasi tersebut adalah “Any.do To-do List” yang sesuai namanya, aplikasi ini bisa menjadwalkan berbagai daftar kegiatan yang harus dilakukan oleh pengguna. Pengguna dapat memasukkan kegiatannya lalu ketika tiba waktu dimana salah satu kegiatan saatnya dilakukan, maka aplikasi ini akan mengeluarkan sebuah peringatan mengenai hal yang harus dikerjakan tersebut. Aplikasi ini juga disertai dengan fitur cloud yang dapat dimanfaatkan untuk melihat jadwal tersebut melalui platform selain smartphone pengguna.

Selain dengan menggunakan smartphone, kita juga dapat memanfaatkan website yang menyediakan fitur pengatur jadwal seperti “Google Keep” yang merupakan aplikasi note resmi keluaran Google. Cara kerja website ini sama seperti aplikasi Any.do hanya saja website ini terintegrasi langsung dengan akun Google penggunanya. Selain sebagai pengingat jadwal, website ini juga menyediakan penyimpanan artikel maupun membagikan konten yang kita miliki kepada orang lain. Google Keep juga memiliki aplikasi yang dapat didownload pada smartphone. Website resmi dari Google Keep adalah keep.google.com

Sumber :
keep.google.com
http://www.hargakata.com/aplikasi-android-pengingat-jadwal/

Anda mungkin mengabaikan begitu saja Google Calendar yang ada di ponsel pintar. Padahal, ada banyak fitur unik yang sayang bila tak difungsikan.

Semua itu bisa membantu penjadwalan kerja dan kegiatan harian dengan lebih mudah. Mau tahu apa saja? Simak beberapa kegunaan Google Calendar yang sangat bermanfaat berikut.

Diari sederhana
Tak hanya sebagai pengingat jadwal, Google Calendar juga dapat difungsikan jadi diari sederhana. Juga sangat mudah untuk mengimpor jam kerja, kondisi cuaca, check-in Foursquare, dan puluhan titik data lainnya.

Jadwal makan
Ada yang sering makan teratur dan mengidap maag? Google Calendar bisa membantu Anda menjadwalkan jam makan, juga mengagendakan acara makan, opsi mengundang tamu otomatis, hingga melampirkan deskripsi resep dan video tutorial cara memasak.

Memperbarui jaringan sosial
Penambahan aplikasi If This Then That (IFTTT) memungkinkan pengguna Google Calendar terhubung ke aplikasi lain, termasuk media sosial. Dengan begitu, kita bisa menjadwalkan pembaruan teks status untuk diposting lewat Twitter atau Facebook pada waktu tertentu.

Melacak acara TV
Google Calendar bisa membantu Anda untuk tidak melewatkan satu pun episode Game of Thrones, Sherlock, atau Elementary lagi. Caranya, aktifkan fitur EpisodeCalendar dan pilih opsi subscribe pada program televisi yang terdaftar, dilansir Gizmodo.

https://www.quora.com/What-are-your-biggest-challenges-with-Google-calendar

Pada zaman sekarang kita tidak bisa terlepas dari maraknya penggunaan teknologi informasi. Sebagai seorang mahasiswa, kita tidak terlepas dari deadline, mengatur waktu organisasi, dan juga waktu untuk melakukan ibadah. Untungnya pada zaman sekarang terdapat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur jadwal atau agenda kegiatan kita untuk mempermudah kita mengatur jadwal.

Ada beberapa aplikasi yang dapat menunjang pengaturan jadwal Anda.

1)myHomework

Terkadang jadwal kelas yang padat dan terkadang memiliki kebiasaan menjengkelkan dari semester ke semester. Menentukan jadwal pada waktu tertentu merupakan sebuah tantangan seorang mahasiswa. The myhomework Student Planner menawarkan fitur penjadwalan kelas dan akan membantu siswa melacak tugas individu. Anda juga akan menemukan widget pekerjaan rumah untuk melacak tugas dari layar utama sebagai fitur yang praktis.

2)ClassManager

image

Menulis semua tugas Anda pada sebuah catatan yang dapat tempel adalah salah satu cara untuk mengingat segala jadwal atau tugas Anda. Apa yang akan terjadi ketika catatan itu hilang selamanya disaat Anda lupa apa agenda Anda ke depannya. Ganti catatan tempel Anda dengan ClassManager untuk memasukkan semua tugas Anda dan untuk memprioritaskan item. Jika Anda baru di kampus, Anda akan menggunakan alat ini untuk memasukkan nama bangunan dan nomor kamar untuk setiap kelas yang Anda ambil ditambah untuk mencatat nama dosen pengajar Anda.

3)Student Agenda

image

Student Agenda dibuat agar Anda dapat mengatur jadwal dan bagaimanapun hal ini dapat berdampak
pada kinerja yang lebih baik dalam studi.

Tujuan penggunaan aplikasi ini adalah untuk melakukan aktivitas dalam tenggat waktu yang dikombinasikan, membagi waktu antara kehidupan akademik dan pribadi, melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih tenang dan kurang stres.

Pada Agenda Pelajar, informasi penting tentang tes, pekerjaan rumah, janji temu dan jadwal akan selalu tersedia di smartphone Anda ke jadwal dan konsultasi baru, di manapun Anda berada. Fitur lain yang sangat berguna adalah jadwal notifikasi (pengingat) agar tidak melupakan aktivitas penting.
Aplikasi ini dikembangkan dengan tujuan kesederhanaan dan kemudahan penggunaan. Untuk memulai, cukup daftarkan subjek Anda dan kemudian jadwal Anda.

Fitur utama:

  • Kesederhanaan dan ringan
  • Jadwal
  • Penjadwalan acara (ujian, pekerjaan rumah / tugas, aktivitas dan pengembalian buku ke perpustakaan)
  • Ambil foto untuk meningkatkan deskripsi acara
  • Jadwal pemberitahuan (pengingat) untuk acara
  • Periksa kejadian sebagai “selesai”
  • Acara dipesan setiap hari, minggu dan bulan
  • Jadwal hari ini
  • Jadwal minggu ini
  • Kalender
  • Pengelolaan tanda

https://www.webopedia.com/DidYouKnow/Hardware_Software/agenda-apps-for-students.html