Apakah anjing Shar pei langka?

Benarkah anjing shar pei termasuk hewan langka? apakah kita boleh memeliharanya?

Anjing berjenis ini sangat unik dan tidak kalah dengan jenis – jenis anjing yang lain. Yaitu memiliki sekali banyak keriput ketika masih kecil hingga menyerupai kuda nil. Tetapi, ketika menginjak usia dewasa, keriput nya mulai berkurang dan menjadi satu dengan kulitnya

Meskipun mempunyai tampilan fisik yang terbilang sangar, bukan berarti mereka hewan yang sensitif dan galak, melainkan memiliki sifat yang pendiam dan cenderung manja. Selain itu, anjing berjenis ini biasanya memiliki kepribadian mencari ketenangan, kesabaran dan kedewasaan.

Kemudian perlu juga diketahui bahwa shar-pei bukan merupakan anjing hasil dari perkawinan campuran atau pun pernakan. Melainkan anjing ini merupakan hewan asli provinsi Guang Zhou, Cina, yang dikenal dulu sebagai anjing kerajaan. Serta juga termasuk sebagai salah satu ras anjing tertua di dunia.

Namun, sayangnya hampir saja kita tidak dapat melihat apalagi memeliharanya. Karena saat Mao Zedong berkuasa, ia menumpas semua yang berhubungan dengan kerajaan, termasuk anjing Shar-pei.

Kemudian pada tahun 1960-an anjing ini hampir dinyatakan punah saat di bawah pemerintahan komunis Tiongkok. Hal tersebut dikarenakan adanya pelarangan pengembangbiakkan hewan termasuk anjing. Bahkan pernah tercatat dalam Guiness Book of World Records, sebagai “anjing terlangka di dunia”.

sumber: http://pawsunion.com/index.php/2017/01/11/mengenal-anjing-shar-pei-si-wajah-keriput-berhati-mulia-yang-hampir-punah/