Apakah aman memutihkan kulit dengan teknik Bleaching?

image
Sumber gambar : https://rafabeauty.com/

Cara memutihkan kulit dalam waktu singkat dengan bleaching memang bermanfaat memutihkan secara instant. Tetapi apakah hal ini aman? Dan apakah ada efek samping melakukan bleaching?

Bleaching adalah proses menghilangkan atau mengurangi pigmen yang berwarna gelap yang diproduksi oleh sel melanosit (melanin) dengan cara menggunakan krim bleaching yang menggunakan bahan kimia seperti peroksida, amonia, hydroquinone, kojic acid, dan asam azelaic. Melanin itulah yang dapat merubah warna kulit kamu menjadi lebih gelap. Melanin sebenarnya secara alami dikeluarkan untuk melindungi kulit dari dampak buruk terhadap sinar UV. Namun, banyak produk kecantikan yang sifatnya memutihkan mengandung anti melamin untuk mencegah hiperpigmentasi (kulit menjadi gelap).

Efek Samping Bleaching
Proses bleaching yang menggunakan krim berbahan kimia bukannya tidak mungkin memiliki efek samping. Bahan kimia, seperti Peroksida, Amonia, dan zat-zat kimia lainnya bisa menghilangkan pigmen melanin dengan cara oksidasi. Sehingga tetap ada efek sampingnya, antara lain:

  • Menyebabkan iritasi seperti gatal-gatal, terutama jika kamu baru pertama kali melakukannya.
  • Alergi parah, jika hal ini terjadi maka segera hentikan.
  • Pastikan krim bleaching bebas merkuri karena efek jangka panjangnya dapat menyebabkan * kanker, kerusakan hati dan ginjal.
  • Kemerahan pada mata, hal ini terjadi karena bau pada bahan kimia yang ada dalam krim bleaching

Bahkan seorang dokter kulit ahli dari klinik kecantikan ternama juga menyarankan agar kamu tidak terlalu sering melakukan bleaching.

Tips Before After Bleaching
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa sebelum kamu melakukan treatment bleaching ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Kamu pun dapat mengetahui bagaimana kondisi kulit, perlu tidak melakukan bleaching, dan yang pasti kamu akan mendapatkan penjelasan mengenai cara dan bagaimana perawatan after bleaching termasuk efek sampingnya.

Sebelum melakukan bleaching sebaiknya kamu melakukan tes sederhana dengan cara mengoleskan sedikit krim bleaching di kulit belakang telinga dan diamkan selama 24 jam. Jika terjadi reaksi seperti iritasi, kemerahan, rasa gatal atau panas artinya kamu tidak cocok menggunakannya. Jangan lanjutkan agar tidak terjadi efek samping yang lebih buruk karena memang kondisi kulit setiap orang berbeda-beda.

Namun jika kamu sudah melakukan tes tersebut dan aman-aman saja, maka boleh dilanjutkan dan mengikuti semua petunjuk dengan benar. Hindari daerah sensitif seperti, mata, hidung dan daerah kewanitaan lainnya. Biasanya akan terasa sedikit gatal, namun jika tidak melebihi batas wajar, artinya krim bleaching sedang bekerja.

Jangan sampai krim bleaching mengenai kuku karena akan membuat kuku perih dan kering. Proses bleaching biasanya berlangsung kurang lebih 20 menit. Setelah proses bleaching selesai dan kulit sudah bersih, jangan lupa memakai sunscreen atau sunblock jika beraktivitas di luar ruangan. Pilih yang memiliki kandungan SPF-nya di atas 30. Meskipun demikian, lebih dianjurkan setelah bleaching kamu berdiam diri di rumah selama 1 hari penuh karena kulit yang sudah mengalami proses bleaching akan lebih sensitif.

Kamu juga harus tetap menggunakan produk perawatan kulit lainnya secara rutin seperti, toner, moisturizing, lotion dan jangan menggunakan makeup yang berlebihan. Selain itu, kamu tidak dianjurkan untuk menggunakan sabun batangan, jadi gunakan sabun cair yang sesuai dengan tipe kulit kamu.

Sumber

Beautynesia - Website Gaya Hidup Perempuan Indonesia