Apakah alasan Hitler membasmi kaum Yahudi di Jerman ?

hitler

Hitler adalah seorang politisi dari Jerman dan ketua dari partai nazi yang dikenal dengan kebijakannya yang paling kejam dan juga dikenal sebagai pebunuh kaum Yahudi paling banyak di dunia. Apakah alasan Hitler membasmi kaum Yahudi di Jerman ?

Yahudi Menguasai Perekonomian Austria

Austria atau lebih tepatnya Kerajaan Austro-Hongaria adalah salah satu kerajaan terbesar di Eropa. Ia bersanding dengan Jerman, Inggris, Perancis, Russia, Swedia, dan Turki Usmani pada waktu itu. Di Kerajaan inilah Hitler lahir di tahun 1889. Pada waktu itu, meskipun wilayah kekuasaannya besar (meliputi Austria, Hongaria, Cheko, Slovakia, dan sebagian negara-negara Balkan) namun perekonomian Austro-Hongaria tidaklah mulus.

Hitler yang terlahir sebagai anak pegawai negeri harus merasakan pahit getirnya perekonomian Austro-Hongaria yang kalang kabut. Negara yang ditinggali berbagai macam etnis tersebut seperti terkotak-kotak dan tidak teratur. Etnis-etnis lokal seperti etnis Jerman, Slovak, Hunyad (Hongaria), Cheko, Balkan (Kroasia, Bosnia) dan Slavia saling berebut kekuasaan di kursi pemerintahan. Sementara itu orang-orang Yahudi yang juga menghuni wilayah itu lebih memilih untuk menggeluti dunia usaha.

Ketimpangan ekonomi antara bangsa Yahudi dan bangsa-bangsa asli Austro-Hongaria begitu nampak di Vienna. Ibukota Austro-Hongaria itu dikuasai Yahudi secara ekonomi, banyak sekali toko-toko dan pabrik yang dijalankan oleh keluarga-keluarga Yahudi, atau setidaknya begitulah pendapat Hitler. Ia merasa menjadi warga kerajaan nomor dua jika dihadapkan pada Yahudi. Barangkali dari ketimpangan sosial ekonomi itulah mulai tumbuh kebencian Hitler kepada Yahudi. Dan kebencian itu akan terus terpupuk hingga ia berada pada tampuk kepemimpinan Jerman di tahun 1933.