Apakah aktivitas perencanaan laba merupakan suatu kesatuan dari perencanaan anggaran?

Pada artikel Perencanan Laba dipaparkan terdapat tiga langkah dalam merencanakan laba khususnya dalam dunia manajemen. Ketiga langkah tersebut disesuaikan dengan kondisi khususnya pada tujuan akhir dari perencanaan laba.

Pertanyaannya :

Apakah aktivitas perencanaan laba merupakan suatu kesatuan dari perencanaan anggaran atau merupakan kegiatan yang terpisah ?

Perencanaan laba adalah proses/tahap-tahap yang dilakukan oleh organisasi bisnis untuk mencapai tingkat laba yang diharapkan.

Perencanaan laba hanya dapat dicapai melalui penyusunan sejumlah anggaran, yang apabila disatukan disebut anggaran induk.

Oleh karena itu, antara perencanaan laba dan penyusunan anggaran, terutama anggaran induk, merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Perencanaan laba merupakan proses yang kompleks, dalam perencanaannya, membutuhkan data-data dan informasi yang valid dan komprehensif, sehingga akan didapatkan perencaan laba yang bagus.

Anggaran induk (master budget) sebagai alat manajemen yang mengkomunikasikan rencana-rencana manajemen di dalam suatu organisasi, mengalokasikan sumber daya, dan mengkoordinasikan aktivitas.