Apakah agama tidak bisa masuk dalam politik?

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia dan agama adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sebab, agama adalah pedoman manusia dalam menjalani kehidupan. Agama mengatur kehidupan secara menyeluruh baik dari segi ibadah, sosial, tatanan masyarakat, dan lainnya. Lalu apakah agama juga tidak bisa dipisahkan dalam panggung politik?

Hubungan antara agama dan politik secara umum dapat dilihat dan diamati dari kedudukan agama dan perannya dalam kehidupan masyarakat. Menurut Watt, agama mempunyai kedudukan sentral dalam kehidupan seseorang, karena agama memberikan tujuan umum kehidupan dan membantu memusatkan energinya dalam usaha menempuh tujuan-tujuan tersebut. Jika agama bagi seseorang diyakini tidak sekedar panutan dalam nama saja.

Islam dan politik mempunyai titik singgung erat, bila keduanya dipahami sebagai sarana menata kebutuhan hidup rnanusia secara menyeluruh. Islam tidak hanya dijadikan kedok untuk mencapai kepercayaan dan pengaruh dari masyarakat semata. Politik juga tidak hanya dipahami sekadar sebagai sarana menduduki posisi dan otoritas formal dalam struktur kekuasaan. Politik yang hanya dipahami sebagai perjuangan mencapai kekuasaan atau pemerintahan, hanya akan mengaburkan maknanya secara luas dan menutup kontribusi Islam terhadap politik secara umum. Sering dilupakan bahwa Islam dapat menjadi sumber inspirasi kultural dan politik. Pemahaman terhadap term politik secara luas, akan memperjelas korelasinya dengan Islam.

Dalam konteks Indonesia, korelasi Islam dan politik juga menjadi jelas dalam penerimaan Pancasila sebagai satu-satunya asas. Ini bukan berarti menghapus cita-cita Islam dan melenyapkan unsur Islam dalam percaturan politik di Tanah Air. Sejauh mana unsur Islam mampu memberikan inspirasi dalam percaturan politik, bergantung pada sejauh mana kalangan muslimin mampu tampil dengan gaya baru yang dapat mengembangkan kekayaan pengetahuan sosial dan politik untuk memetakan dan menganalisis transformasi sosial.

Maka: pertama,pemikiran keagamaanya akan membentuk kerangka intelektual dalam segala kegiatannya; dan kedua, karena agama membawa kesadaran akan keadaan yang lebih luas, diaman tujuan kehidupan seseorang telah diletakkan dan ditentukan, maka agama seringkali menggerakan motif-motif kegiatannya. Jadi, tanpa motif-motif yang diberikan oleh agama itu, kegitan-kegitan tersebut tidak akan dapat dilaksanakan. Islam sejak awal mulanya telah memilki relevansi dengan organisasi politik dan social di masyarakat, karena Islam yang disebutkan di dalam Alqur’an dan Sunnah, yang dikenal umat salaf maupun khalaf adalah Islam yang saling melengkapi dan utuh, yaitu Islam yang bermuatan rokhani, ahlak, pemikiran, pendidikan, jihad, sosial, ekonomi, dan politik, sehingga politik dalam Islam berhubungan erat dengan agama.

Hubungan politik dengan agama tidak dapat dipisahkan. Dapat dikatakan bahwa politik berbuah dari hasil pemikiran agama agar tercipta kehidupan yang harmonis dan tentram dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini disebabkan, pertama, oleh sikap dan keyakinan bahwa seluruh aktifitas manusia, tidak terkecuali politik, harus dijiwai oleh ajaran-ajaran agama; kedua, disebabkan oleh fakta bahwa kegiatan manusia yang paling banyak membutuhkan legitimasi adalah bidang politik, dan hanya agamalah yang dipercayai mampu memberikan legitimasi yang paling meyakinkan karena sifat dan sumbernya yang transcendent.

Agama secara hakiki berhubungan dengan politik. Kepercayaan agama dapat mempengaruhi hukum, perbuatan yang oleh rakyak dianggap dosa, seperti sodomi dan incest, sering tidak legal. Seringakali agamalah yang memberi legitimasi kepada pemerintahan. Agama sangat melekat dalam kehidupan rakyat dalam masyarakat industri maupun nonindustri, sehingga kehadirannya tidak mungkin tidak terasa di bidang politik. Sedikit atau banyak, sejumlah pemerintahan di seluruh dunia menggunakan agama untuk memberi legitimasi pada kekuasaan politik.

Sumber: https://www-kompasiana-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.kompasiana.com/amp/rabiani88349/5d04996c3ba7f7794c7b90d4/hubungan-antara-islam-dan-politik

Tertarik dengan artikel ini, Hubungan agama dan politik menjadi isu seksi yang tak pernah usang. Baik agama maupun politik tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Keduanya mengatur tata cara hidup manusia dari lahir, bangun tidur, hingga tidur lagi.

Sumber : geotimes.com

Terima Kasih atas artikel yang menarik dan bermanfaat. Indonesia sendiri bukanlah negara dengan basis suatu agama namun bukan negara sekuler juga, tetapi disini kita berketuhanan di Indonesia sendiri ada 6 agama yang diakui secara resmi. Fungsi dari agama sendiri bisa membatasi umatnya agar tidak berbuat dosa menurut saya dalam kehidupan agama berperan penting termasuk juga dalam Politik.

ya politik dan agama memang tak bisa dipisahkan, hubungan keduanya saling melengkapi. agama memiliki pondasi dari perilaku dan norma dalam masyarakat dan proses politik nya pun tidak terlepas dalam hal ini.

Hai kak, terima kasih telah memberikan tanggapan. Benar sekali memang agama dan politik sering menjadi isu yang panas untuk dibicarakan. Padahal jika keduanya saling mengisi ,pasti akan menghasilkan hasil yang baik. Misalnya di dalam agama diperintahkan untuk menjalankan amanah dengan baik, jika seorang tokoh politik yang memegang teguh ajaran agamanya pasti ia tidak akan berkhianat terhadap jabatannya. Sebab, dia paham bahwa itu dilarang oleh agama dan akan mengakibatkan dosa

Hai kak, terima kasih telah berkunjung dan memberikan tanggapannya. Benar sekali, pendapat kakak bahwa Indonesia bukan negara berbasis agama namun bukan juga negara yang menganut sekularisme. Saya yakin tidak ada satu agama pun yang mengajarkan pemeluknya untuk berbohong. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap agama itu mengajarkan akan nilai kejujuran. Nah, dari satu nilai saja bisa kita ambil contoh untuk dipraktikkan dalam berpolitik. Jika seorang tokoh politik mengamalkan n nilai ini, tentunya ketika dia menjalankan tugasnya sekecil mungkin dia akan menghindari kebohongan. Sebab dia paham itu dilarang oleh agamanya.

1 Like

Hai kak terima kasih telah berkunjung dan memberikan tanggapan. Memang benar seharusnya agama dan politik ini bisa saling melengkapi. Namun, kenyataannya masih saja belum sejalan. Terkadang agama hanya dijadikan sebagai pelengkap identitas sehingga nilai atau esensi dari beragama itu hilang. Padahal jika keduanya berjalan beriringan pasti akan menghasilkan politik yang jauh lebih baik.