Apakah ada kebiasaan baik yang dilakukan sebelum kita tidur?

Tidur seperti yang kita tahu adalah proses kita sebagai manusia untuk memulihkan energi. Energi yang kita butuhkan untuk keesokan hari sangatlah penting untuk menjalani rutinitas kita.

Apa saja yang kita lakukan sebelum kita tidur, agar siap menghadapi hari esok?

1 Like

Banyak sebenarnya hal yang dapat dilakukan sebelum kita tidur. Namun tidak semua bermanfaat bagi diri kita. Ada beberapa hal yang baik kita lakukan sebelum kita tidur.

Ada pula kebiasaan yang dapat membuat kita sukses dalam kehidupan maupun karir kita, diambil dari saintia.com.

Berikut beberpa kebiasaan yang mungkin bisa kita coba:

Jangan pikirkan pekerjaan

Cobalah untuk menghentikan pekerjaan anda sebelum anda tidur. Maksudnya adalah agar anda dapat mengatur waktu anda kapan anda harus bekerja dan istirahat.

Jauhkan device anda

Hentikan menggunakan smartphone anda. Ini menimbulkan kantuk yang tertunda, dan membuat anda tidur larut malam. Masalah kesehatan-pun dapat.

Refleksikan kegiatan sebelumnya

Tulislah beberap hal tersebut, hal yang membuat anda bersyukur. Buatlah catatan kecil sebelum tidur, ini juga bisa berfungsi untuk mengoreksi diri sendiri, apa saja yang telah dilakukan dihari tersebut.

Tenangkan diri

Salah satu caranya adalah dengan berdoa. Dengan memanjatkan doa, anda tahu kepada siapa anda berbicara tentang hari anda. Renungkan hal – hal apa saja yang anda lakukan.

Jadwalkan waktu tidur anda

Hal ini sangat sulit untuk dilakukan, apalagi kepada orang yang ‘workaholics’. Cobalah untuk tidur dengan jam yang telah ditetapkan, agar bisa menjaga konsistensi energi anda.

Buat daftar apa saja yang akan anda lakukan di esok hari

Buatlah daftar apa saja yang akan lakukan atau apa yang akan anda capai di keesokan hari. Hal ini terbukti mampu meningkatkan keinginan seseorang dalam menuntaskan tujuannya.

Kegiatan mungkin bisa dicoba, untuk melatih kebiasaan kita dalam mengistirahatkan diri kita. Semoga bermanfaat :blush:

Baca selengkapnya : http://www.saintia.com/hal-yang-sering-dilakukan-oleh-orang-sukses-sebelum-tidur/

sekedar menambahkan apa-apa saja kah yang baik di lakukan sebelum tidur yang menurut saya adalah pokok termasuk hal yang penting yaitu:

Mengambil Posisi Berbaring ke Kanan atau ke Kiri Yang Tepat Hindari Tidur Tengkurap

Posisi tidur seseorang biasanya tidak berubah dan menjadi ciri khasnya. Tidur yang paling rileks adalah menghadap ke kanan atau kiri. Dari dua arah ini mana arah tidur yang paling bagus?

-Tidur Menghadap Ke Kanan-

Seperti dikutip dari NYTimes, Selasa (26/10/2010) pada umumnya dokter akan menyarankan orang tidur miring sehingga gaya gravitasi bisa terjaga untuk menjaga isi perut.

Banyak yang percaya tidur miring menghadap kanan lebih bagus dari pada menghadap kiri, karena bisa melindungi jantung dari posisi tertindih atau tertekan organ lainnya.

Tapi ternyata tak selamanya demikian. Tidur menghadap kiri pun bisa memberikan manfaat untuk kesehatan terutama pada orang yang memiliki gangguan asam lambung.

Fakta menunjukkan bahwa posisi tidur menghadap ke kiri sangat penting bagi orang yang memiliki gangguan asam lambung seperti timbulnya rasa panas terbakar di perut (heartburn), karena posisi yang salah bisa membuat asam lambung masuk ke kerongkongan dan memicu insomnia.

Sebaliknya beberapa studi telah menemukan bahwa tidur menghadap ke kanan akan memperburuk kondisi tersebut di atas, sedangkan jika menghadap kiri bisa membantu menenangkan.

Bagi penderita gangguan lambung, tidur menghadap kanan membuat esophageal sphincter (saluran antara perut dan kerongkongan) melemah yang membuat asam lambung naik ke kerongkongan sehingga bikin perih di lambung.

Read more: http://doktersehat.com/manfaat-tidur-miring-ke-kanan/#ixzz4K80R9b3E

Bersihkan Terlebih Dahulu Tempat Pembaringan Kita

yang dimaksut membersikan tempat tidur adalah bukan hanya membersihkan kasurnya saja akan tetapi memersihkan bantal,guling,selimut dan semua yang ada di tempat tidur terutama yang terbuat dari bahan kain.

yang pertama adalah kotoran kulit manusia sendiri, dimana setiap hari kulit manusia pastilah berregenerasi menggantikan sel-sel kulit yang mati.

selain itu saat kita tidur kita juga mengeluarkan keringat, jadi saat keringat kita yang menempel pada bagian bagian yang ada di kamar tidur akan membuat lembab dan di tempat yang lembab itu mudah nya kuman untuk hidup di sekitar kasur.

Bagian dalam bantal atau busa bantal sifatnya seperti spons yang menyerap keringat, sehingga menjadi tempat favorit untuk bakteri dan kutu berkembang biak. Fakta yang mengejutkan, sepertiga dari berat bantal ternyata berasal dari kumpulan serangga, sel-sel kulit mati berikut kotorannya serta 16 spesies jamur. Bisa dibayangkan betapa banyaknya kotoran tak terlihat yang tidur bersama Anda tiap malam.

selain itu Kotoran atau tahi kutu yang mengendap pada kasur bisa menyebabkan alergi serta asthma. Jika terdapat juga jamur di kasur, bukan tidak mungkin akan memicu reaksi alergi serius mulai dari gatal-gatal, kulit kemerahan, ruam hingga sesak napas. Kasur yang tidak pernah dibersihkan juga berpotensi menyimpan bakteri MRSA atau campylobacter yang bisa mengakibatkan demam, kram hingga diare.

sumber: http://wolipop.detik.com/read/2015/02/08/123814/2826773/1135/bahayanya-jika-tidak-cuci-sprei-dan-kasur-secara-rutin

3 Likes

Bagitu kita mau tidur, ada banyak hal yang harus kita lakukan agar kegiatan tidur kita bisa nyaman dan aman bebas gangguan nyenyak sampai pagi. Tidur adalah salah satu kegiatan terpenting dalam kehidupan kita karena kecukupan tidur akan menentukan kualitas hidup kita. Untuk itu sebelum tidur yang cukup perlu diperhatikan dan dijalankan hal-hal sebagai berikut di bawah ini :

  1. Melepas Jam Tangan dan Perhiasan Tubuh

Saat tidur adalah saatnya juga tubuh dan kulit bebas beraktivitas termasuk bebas dari tempelan dan beban seperti jam tangan, kalung, cincin, anting-anting, gelang, dan lain sebagainya. Biarkan kulit tubuh kita beristirahat dengan tenang saat kita tidur agar dapat kembali fit seperti sedia kala.

  1. Mematikan Handphone / Menjauhkan HP Dari Tubuh Kita

Benda elektronik seperti hape dapat membuat gelombang elektromagnetik dan radiasi yang tidak baik untuk kesehatan jika terpapar terus-menerus. Untuk itulah saat tidur matikan saja atau ubah ke mode penerbangan alias flightmode agar tidak memancarkan radiasi yang merugikan kesehatan tubuh kita. Bunyi nada panggilan atau nada ringtone handphone kita dapat membangunkan kita dari tidur lelap sehingga dapat membuat kaget, pusing, stress, dan sebagainya.

  1. Mematikan Listrik Yang Tidak Perlu

Cek kembali perabot elektronik kita yang masih menyala. Matikan saja yang apabila menyala tidak akan membawa manfaat apa-apa seperti tv, lampu, dispenser air, radio, komputer, kulkas, pemanas nasi, dan lain-lain. Dengan mematikan listrik yang tidak perlu dapat memperkecil resiko korsleting listrik yang dapat mengakibatkan kebakaran, serta dapat menghemat pengeluaran pada tagihan listrik bulanan yang saat ini cukup mahal.

  1. Mengecek Kunci Pintu Dan Jendela Rumah / Apartemen

Agar tidak ada orang yang bisa keluar masuk rumah kita sebaiknya kunci pintu dan jendela dengan baik. Saat tidur adalah saat kita lengah dan banyak penjahat yang suka saat-saat seperti itu agar dapat mendapatkan keuntungan dari kerugian kita.

  1. Bersih-Bersih Make Up / Riasan Kosmetik

Bagi yang wanita dan suka bersoleh jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur dengan cairan penyegar, pembersih serta cuci muka atau mandi agar pori-pori wajah bisa bebas merdeka dan bisa beristirahat semalam penuh demi kesehatan kulit muka kita.

  1. Membersihkan Kamar dan Tempat Tidur / Ranjang

Lakukan bersih-bersih kecil di dalam kamar tempat kita tidur jangan sampai ada kotoran yang mengundang binatang serta tidak ada remah-remah dan potongan kotoran yang dapat mengganggu kenyamanan tidur panjang kita. Ganti seprai, sarung bantal, sarung guling dan lain-lain secara rutin agar debu, kotoran dan makhluk yang tidak kasat mata dapat hilang.

  1. Cuci Tangan Dan Kaki Sebelum Tidur Serta Gosok Gigi

Biasakan untuk mencuci kedua tangan dan kedua kaki kita hingga bersih saat hendak tidur agar kotoran yang menempel bisa hilang bebas kuman yang dapat menimbulkan penyakit dan gangguan kesehatan. Kotoran yang menempel pada tubuh kita pun perlu dibersihkan agar tidak ada serangga, tikus, semut, kutu, dan lain-lain menghampiri kita dan berbuat yang tidak-tidak. Jangan lupakan gosok gigi yang kedua sebelum tidur agar bakteri dan kuman di dalam mulut tidak dapat merusak gigi kita yang sangat berharga. Dan buang air kecil.

  1. Jangan Menggunakan BH / Bra / Kutang

Saat sedang tidur sebaiknya tidak menggunakan sesuatu yang ketat sebagai pakaian termasuk BH ketat. Lepaskan pakaian yang ketat agar aliran darah dalam tubuh kita dapat mengalir dengan lancar dan kulit juga tidak tertekan terus-menerus.

  1. Setting Jam Beker / Alarm Pembangun Tidur

Jika anda butuh bangun pagi-pagi tetapi anda sulit untuk bisa bangun dari tidur maka jalan keluar yang sederhana adalah minta dibangunkan pagi ke orang lain. Namun jika tidak ada bantuan orang lain, jam beker pun jadi. Seting bunyi alarm jam sesuai waktu bangun pagi yang kita mau. Handphone pun juga bisa kita pakai untuk alarm. Gunakan beberapa alarm sekaligus untuk menghindari mematikan alarm saat setengah sadar lalu tidur pulas kembali.

  1. Berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Sebagai umat beragama yang baik kita harus melakukan doa sebelum tidur sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing. Semoga tidur kita dinilai ibadah dan selama kita tidur kita dilindungi oleh Tuhan YME hingga bangun di keesokan harinya.

Sebelumnya mohon maaf, Bukan bermaksud SARA atau sejenisnya, saya hanya ingin berpendapat. Baiknya hal yang kita lakukan sebelum tidur adalah berdzikir, dimana kita mempunyai waktu untuk menutup hari dengan fokus mengingat Tuhan yang Maha Esa setelah berkesibukan seharian. Membiasakan hati dan lisan untuk selalu menyebut nama-Nya, tak lupa juga pahala dan barokah selalu menyertai orang-orang yang mengingat Tuhan-Nya, dan kebiasaan itu dapat mempertebal iman kita.

1 Like

Ada banyak kebiasaan baik yang bisa dilakukan sebelum kita tidur. Dan sebenarnya ini kebiasaan yang saya lakukan sebelum tidur di malam hari setelah saya diberitahu dan membaca beberapa artikel, salah satunya di http://halosehat.com/

  1. Membersihkan dan merapikan kasur, untuk menghindari debu dan kotoran yang kasat mata.
  2. Menggosok gigi
    Kegiatan ini harus diakukan agar tidak ada makanan yang tersisa dan menyelip disela sela gigi. Jika tidak, gigi akan mengandung bakteri penyebab bau mulut tidak sedap dan kerusakan gigi dimasa yang akan datang.
  3. Minum air putih, untuk menghindari dehidrasi ketika sedang tertidur.
  4. Matikan alat elektronik karena radiasi elektomagnetik berdampak negatif bagi kesehatn tubuh terutama otak.
  5. Memakai krim malam, sangat baik untuk kesehatan kulit wajah dikeesokan harinya.
  6. Remangkan lampu kamar.
    Tidur dalam keadaan ternag tidak baik bagi kesehatan jantung. Lampu yang terlalu terang dapat membuat denyut jantung menjadi lebih cepat dan mengganggu aliran darah kepala yang akhirnya bisa memicu munculnya sakit kepala dan rasa tidak nyaman pada tubuh selama tidur.
  7. Berdoa sebelum tidur
    Membiasakan diri berdoa sebelum tidur dapat meningkatkan ketaqwaan kita pada sang ilahi. Berdoa juga samngat manjur untuk perlindungan dari mimpi buru ketika sedang tertidur. Sebagai manusia yang beragama berdoa sebelum tidur merupakan kebiasaan baik sebelum tidur malam yang sudah menjadi kewajiban.

Dalam ajaran islam kita diajarkan untuk menjalankan sunnah rasul yaitu kebiasaan rasulullah saat mengerjakan sesuatu. Biasanya rasulullah senantiasa mengingat kembali kejadian pada saat hari itu sebelum tidur layaknya mengingat dosa terakhir yang telah kita perbuat

Setiap individu memiliki caranya masing-masing dalam melakukan aktivitas sebelum tidur. saya pribadi selalu melakukan beberapa hal agar tidur menjadi berkualitas dan bangun esoknya menjadi segar

Mandi
Bagi saya. mandi sebelum tidur adalah suatu hal wajib yang harus dilakukan sebelum tidur, karena setelah saya melakukan banyak aktifitas tentu banyak kotoran menempel di badan saya dan saya harus membersihkan kotoran itu melalui mandi. selain membersihkan kotoran, mandi juga dapat membuat rasa segar, yang dimaksud segar adalah rasa nyaman dan tidak gerah sebelum tidur.

Mematikan Alat Elektonik
Dengan mematikan alat elektronik saya tidak akan merasa terganggu dengan notifikasi yang ada pada alat elektronik tersebut jika itu handphone, dan tidak akan terganggu oleh suara maupun cahaya dan alat elektronik seperti laptop, tb dan yg lain lain

Banyak kebiasaan baik yang bisa diterapkan sebelum kita tidur, namun yang biasa saya lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Tidak Lupa Menggosok Gigi
    Hal ini sangatlah penting karena seperti apa yang dikutip http://hariansehat.com/manfaat-penting-menggosok-gigi-pada-malam-hari, ketika malam hari bakteri akan menjadi lebih aktif karena kondisi mulut yang kekurangan dengan air liur ketika tubuh tidur pada malam hari, jadi ketika menggosok gigi terlewat maka sama saja anda membiarkan gigi anda dirusak oleh bakteri dan gigi akan semakin beresiko mengalami gigi berlubang.

  2. Mencuci Wajah
    Bisa dilihat dari http://www.kabarmaya.co.id/12566/3-manfaat-cuci-muka-sebelum-tidur-malam/, manfaat mencuci wajah sebelum tidur adalah agar memberi ruang pada pori-pori wajah, terbebas dari jerawat, wajah menjadi lebih bersih dan cerah.

  3. Berwudhu
    Selain karena kebiasan ini menjadi sunnah Rasulullah, penelitian terakhir dari Universitas Alexsandria, Dr. Musthafa Syahatah, seorang dekan fakultas THT menegaskan bahwa orang yang melakukan wudhu sebelum tidur memiliki kuman lebih sedikit dari pada orang yang tidak melakukan wudhu.
    Dan itu memang sangat berdampak bagi saya sendiri. Tidak cukup hanya dengan mencui wajah dengan sabun wajah saja, jika saya menutupnya dengan cara sempurna ini, yakni berwudhu, wajah bisa terasa sangat ringan dan saat memulai tidur pun saya bisa merasa lebih relax.

  4. Memutar Lagu yang Memotivasi
    Saya pernah mendengar dari seseorang yang menginspirasi saya sendiri, guru bimbel mata pelajaran Kimia saat menjelang UN, bahwa beliau selalu menerapkan hal ini karena insyaAllah bisa membantu beliau untuk lebih berkonsentrasi esok paginya dan beliau juga menjadi lebih semangat.

  5. Berdzikir dan Berdoa Sebelum Tidur
    Berhubung saya adalah seorang Muslim. Hal terpenting yang saya lakukan sebelum menuju ke alam mimpi yaitu berdzikir. Berdzikir adalah wujud permohonan ampun atas dosa yang telah saya lakukan saat menjalankan aktivitas di luar sekaligus menjadi ekspresi rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Sang Pencipta. Berdoa juga merupakah keharusan bagi saya. Hal ini saya lakukan agar hati menjadi lebih tenang dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat tidur.

1 Like

Ada banyak hal tertentu yang harus dilakukan sebelum tidur. Kebanyakan dari kita lebih fokus pada bagaimana untuk memulai hari. Tapi kita jarang menyadari bahwa mengakhiri hari dengan cara yang sehat sama pentingnya dengan memulai hari.

Kualitas tidur tergantung pada seberapa baik kita mengakhiri hari dan juga kegiatan yang kita lakukan sepanjang hari. Itulah alasan mengapa kita harus fokus pada aktivitas sehat sebelum tidur. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Boldsky, Sabtu (4/4/2015).

Berjalan kaki kecil

Berita Rekomendasi
Kenali Penyakit yang Bisa Memicu Meninggalnya Pelawak Hendrik Ceper
Program Kawasan Sehat Terpadu Periksa Kesehatan Kaum Dhuafa
Salah satu hal yang sehat yang harus dilakukan sebelum tidur adalah berjalan. Setelah makan malam, jangan langsung pergi ke tempat tidur dulu. Berjalan kaki sejenak akan membantu tubuh mencerna makanan.

Peregangan

Peregangan adalah salah satu hal yang harus dilakukan sebelum tidur. Ini membantu mencegah rasa sakit pada otot atau kram di kaki Anda saat Anda tidur. Kualitas tidur Anda juga akan meningkat bila Anda melakukan peregangan sedikit sebelum tidur.

Meditasi

Menenangkan pikiran Anda akan menjadi hal terbaik untuk dilakukan sebelum tidur. Semua masalah dan kekhawatiran harus disisihkan. Jika Anda bisa bermeditasi untuk sementara dan kemudian tidur, Anda akan mendapatkan pola tidur yang lebih baik.

Minum susu

Minum secangkir susu hangat sebelum tidur akan membantu Anda tidur lebih cepat. Mereka yang menderita insomnia juga dapat mencoba ini. Tapi pastikan Anda minum sedikit susu jika Anda khawatir dengan asupan kalori harian Anda.

1 Like

Menurut pengalaman pribadi saya. ada beberapa hal penyebab saya susah untuk tidur.

1. Minum kopi
Usahakan sebelum tidur untuk tidak minum kopi. karena saya sering susah tidur karena kebanyakan minum kopi sebelum tidur. Hingga pagi saya gak bisa tidur.

2. Mendengarkan Lagu
Mungkin ada beberapa orang yang menganggap mendengarkan lagu adalah pengantar untuk tidur. Tapi buat saya, mendengarkan lagu sebelum tidur itu membuat saya jadi susah untuk tidur. Dikarenakan saya terlalu fokus mendengarkan lagu tersebut. Membuat otak saya harus berfikir. Karena berfikir ketika menuju tidur adalah hal yang harus dihindari juga.

3. Merokok
Merokok termasuk hal yang membuat orang susah tidur. Hal ini dikarenakan rokok mengandung nikotin dan tar. Zat ini yaitu nikotin merupakam zat stimulan yang mempengaruhi rasa kantuk. Jika dilakukan secara berkesinambungan maka hal ini dapat menuebabkan insomnia.

4. Bermain Handphone
Bermain HP cenderung membuat orang keasyikan. Sehingga lupa waktu dan juga membuat orang kehilangan rasa kantuk. Usahakan untuk tidak bermain HP saat sebelum tidur.

1 Like

melakukan hal kecil ,seperti melakukan menggosok gigi sebelum tidur
Beberapa manfaat menggosok gigi yang baik untuk kesehatan.
· Mencegah gigi berlubang
Gigi berlubang merupakan gangguan kesehatan gigi dan mulut yang sangat mengganggu dengan memiliki gigi yang berlubang maka mulut harus mengunyah makanan dengan tidak sempurna selain itu lubang pada gigi juga berisiko kemasukan makanan yang tidak dinginkan. Makanan yang masuk ke dalam gigi yang berlubang kemudian akan membuat gigi menjadi sakit.
· Mencegah karang gigi
Karang gigi merupakan gangguan pada gigi yang sangat mengganggu, gigi akan kehilangan keindahan serta putih bersihnya sehingga akan membuat kita kehilangan kepercayaan diri.
· Mencegah bau mulut
Bau mulut merupakan salah satu gangguan pada mulut yang sangat mengganggu dan berpotensi membuat kita kehilangan kepercayaan diri dimata rekan dan teman-teman karena rekan akan menjauh dan menjaga jarak terhadap seseorang yang mulutnya berbau tidak enak.
· Mencegah terjadinya radang gusi
Radang gusi juga merupakan salah satu gangguan mulut yang sangat mengganggu, gusi yang bengkak dan berdarah akan membuat gigi menjadi sakit dan tidak nyaman saat mengunyah, jika terus di biarkan maka busi akan semakin bengkak dan merembet menjadi gangguan gigi yang lebih parah.

Beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh orang sukses :

##Membaca selama 1 jam

Sumber gambar : izquotes.com

Bill Gates, orang terkaya di dunia, adalah salah satu contoh orang yang sangat gemar membaca. Sebelum tidur, Bill Gates selalu menyempatkan diri untuk membaca selama 1 jam. Semua tema dibaca oleh Bill Gates,mulai dari Poltik hingga psikologi.

Membaca, selain berguna untuk menambah pengetahuan, juga dapat membantu mengurangi stress dan meningkatkan memori kita. Hal itu sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Dr David Lewis, bahwa dengan membaca dapat mengurangi stress hingga 68 % [1].

“Losing yourself in a book is the ultimate relaxation. This is particularly poignant in uncertain economic times when we are all craving a certain amount of escapism. It really doesn’t matter what book you read, by losing yourself in a thoroughly engrossing book you can escape from the worries and stresses of the everyday world and spend a while exploring the domain of the author’s imagination.” Dr Lewis, Cognitive Neuropsychologist

Keuntungan lainnya dari membaca sebelum tidur adalah dapat meningkatkan kesehatan otak kita untuk jangka panjang. Hal itu sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Dr Wilson, bahwa dengan membaca dapat menghambat penurunan fungsi otak, kognitif, sebesar 32% di usia tua [2].

Based on this, we shouldn’t underestimate the effects of everyday activities, such as reading and writing, on our children, ourselves and our parents or grandparents. Dr Wilson, Rush University Medical Centre in Chicago

##Meditasi atau Berdoa

Sumber gambar : azquotes.com

Setelah lelah bekerja dan berpikir seharian, sebaiknya kita cooling down otak kita. Sama seperti otot, setelah olahraga, sebaiknya kita melakukan “pendinginan”. Oprah Winfrey adalah orang yang sangat sibuk mengingat jadwal kerjanya yang sangat padat. Hal tersebut membuatnya stress di penghujung hari. Hal yang biasa dia lakukan untuk mengurangi tingkat stress adalah dengan meditasi.

Berdasarkan penelitian terhadap 19.000 kasus yang dilakukan oleh Johns Hopkins University in Baltimore, yang dipublikasikan pada jurnal JAMA Internal Medicine [3], mengatakan bahwa meditasi atau berdoa dengan khusyuk sangat berguna untuk mengurangi psikological stress, seperti rasa cemas, depresi dan sakit kepala.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Elizabeth Hoge, meditasi atau berdoa dengan khusyuk sangat baik untuk mengatasi kecemasan, membantu kreatifitas dan membuat hari-hari kita lebih produktif.

“People with anxiety have a problem dealing with distracting thoughts that have too much power. They can’t distinguish between a problem-solving thought and a nagging worry that has no benefit” Dr. Elizabeth Hoge, psychiatrist at the Center for Anxiety and Traumatic Stress Disorders at Massachusetts General Hospital dan an assistant professor of psychiatry at Harvard Medical School.

##Merencanakan kegiatan esok hari

The American Express CEO, selalu melakukan perencanaan sebelum tidur terkait dengan 3 hal apa yang harus diselesaikan besok. Dengan merencanakan kegiatan apa saja yang akan dilakukan, hal-hal apa saja yang harus diselesaikan esok hari, dapat membuat kegiatan kita lebih efektif.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Bruce K Button, dipublikasikan pada jurnal American Psychological Association, mengatakan bahwa dengan perencanaan yang baik dapat meningkatkan nilai IPK pada mahasiswa [4].

Referensi :

[1] http://www.telegraph.co.uk/news/health/news/5070874/Reading-can-help-reduce-stress.html
[2] http://www.dailymail.co.uk/health/article-2355212/Reading-help-save-memory-It-slows-decline-brain-power-say-scientists.html
[3] http://archinte.jamanetwork.com/article.aspx?articleid=1809754
[4] http://psycnet.apa.org/journals/edu/83/3/405/

tentunya berdoa sesuai agama dan keyakinan masing-masing, jangan lupa untuk selalu mendoakan kedua orang tua, berdoa agar esok hari masih diberi kesempatan untuk menghirup udara, bersyukur atas apa yang sudah diberikan di hari itu.