Apakah 10 tahun depan semua orang wajib memahami dan membiasakan diri untuk menggunakan algoritma secara tidak langsung?

Saat ini, dunia berkembang sangat pesat sekali, khususnya dibidang teknologi dan informasi. dalam menanggapi hal itu, Manusia secara terpaksa dan tidak langsung harus melakukan “upgrade” untuk dirinya, kita tidak boleh lebih bodoh dari pada mesin. hal ini lah yang membuat kita sebagai manusia positif 10 tahun kedepan harus menggunakan algoritma untuk menjalankan keseharian kita, untuk melakukan aktivitas - aktivitas lainnya. tapi, apakah itu benar?

1 Like

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis pada penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Masalah dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah ada syarat kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. jadi, algoritma sangatlah penting, semua orang akan menggunakan pemikiran secara algoritmik untuk memecahkan segala sesuatu.

Konsep algoritma sering kali disetarakan dengan sebuah resep. Sebuah resep biasanya memiliki daftar bahan atau bumbu yang akan digunakan, urutan pengerjaan, dan bagaimana hasil dari urutan pengerjaan tersebut. Apabila bahan yang digunakan tidak tertera (tidak tersedia), maka resep tersebut tidak akan dapat dikerjakan. Demikian juga jika urutan pengerjaannya tidak beraturan, maka hasil yang diharapkan tidak akan dapat diperoleh.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan algoritma adalah waktu proses. Untuk menentukan waktu proses secara tepat merupakan pekerjaan yang sulit. Analisa yang diinginkan untuk menyatakan efisiensi algoritma haruslah dibuat seumum mungkin sehingga bisa dipakai pada semua algoritma, terlepas dari implementasinya. Dalam melakukan analisa suatu algoritma kita harus mengfokuskan diri pada operasi aktif yang merupakan pusat program, yaitu bagian program yang paling sering dieksekusi. Bagian-bagian lain seperti pemasukan data, penugasan dan lain sebagainya dapat diabaikan, karena bagian ini tidak dieksekusi sesering operasi aktif. Jumlah keksekusi operasi aktif inilah yang selanjutnya dihitung.

algoritma sangatlah penting dalam menyelesaikan masalah apapun. algoritma sangat berguna dalam kegiatan sehari-hari bahkan kegiatan pemrograman, dan juga pekerjaan. oleh karena itu, semua orang harus memahami dan membiasakan diri mereka untuk menggunakan algoritma jika ingin berhasil mencapai tujuan.

sumber :
http://technopark.surakarta.go.id/id/media-publik/komputer-teknologi-informasi/190-algoritma-pemrograman

Dalam keseharian kita, kita pasti selalu mendapat masalah yang harus kita selesaikan. Dalam masalah - masalah itu terdapat banyak sekali cara untuk menyelesaikannya. kita sebagai pemecah atau yang dituntut untuk menyelesaikan masalah - masalah tersebut juga secara tidak langsung dituntut untuk menyelesaikan masalah - masalah tersebut dengan efektif dan efisien. Bagaimana kita dapat menyelesaikan masalah - masalah tersebut dengan efektif dan efisien? Algoritma.

Algoritma adalah susunan langkah - langkah untuk mencapai atau menyelesaikan sebuah masalah tertentu dengan hasil yang pasti dan waktu yang lebih teratur dan singkat.

Jika kita melihat dan memahami bagaimana kondisi kita dan masyarakat pada zaman sekarang dan bahkan nanti, kita seharusnya mulai menyadari betapa pentingnya Algoritma. bagaimana tidak? kita dituntut untuk menyelesaikan banyak tugas yang cukup rumit dalam waktu yang singkat. Algoritma lah kunci dari penyelesaian masalah yang rumit dan membutuhkan waktu yang maksimal.

Tanpa kita sadari, Kehidupan modern telah terambil alih. Algoritma menjalankan semuanya dari mesin pencari di internet, keamanan data kartu kredit, hingga membantu kita berkeliling dunia,sampai menemukan cinta pun algoritma membantu kita.

Ahli matematika profesor Marcus du Sautoy mendemistifikasikan dunia tersembunyi dari algoritma. dengan menunjukan beberapa algoritma yang paling dipakai pada kehidupan kita, dia memberitahu bahwa algoritma ini datang dari bagaimana kita bekerja, bagaimana kita berhasil, bagaimana kita menjadi diri kita masing - masing.


http://www.bbc.co.uk/education/guides/zpp49j6/revision

Pentingnya Menggunakan ALGORITMA

Pada dasarnya algoritma adalah langkah-langkah logis yang dibutuhkan untuk menyelasaikan masalah yang disusun secara sistematis. Dalam pembuatan algoritma hasruslah logis dan dapat dinilai secara benar atau salah.

Proses semacam algoritma sebenarnya dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja jika Anda membaca resep masakan, selain bahan-bahan yang digunakan, Anda juga akan melihat prosedur untuk membuat masakan. Prosedur dalam resep seperti itu sebenarnya menyatakan semacam algoritma.

Penggunaan algoritma memang tanpa disadari sudah kita lakukan sehari-hari. Namun kita belum menyadarinya. Apabila kita secara sadar mampu menggunakan algoritma dalam menyelsaikan masalah sehari-hari maka dampak postif yang kita dapatkan adalah hidup kita terasa akan lebih tertata. Penggunaan algoritma dalam menyelsaikan sebuah permasalahan sangat penting untuk digunakan, apalagi menilik banyaknya tugas yang harus dikerjakan oleh seseorang di masa depan. Dengan menggunakan algoritma tentunya kita mampu menata tugas-tugas yang diberikan agar lebih cepat diselesaikan.
Source :



Logika dan Algoritma adalah ilmu atau seni untuk mengurutkan suatu pekerjaan seurut-urutnya. Dalam belajar Logikan dan Algoritma, Anda dituntut untuk menghayalkan atau mengerjakan suatu pekerjaan dengan mengurut secara detail pekerjaan-pekerjaan kecil yang sangat sederhana.

Algoritma itu sendiri direpresentasikan bisa dengan Pseudocode (teks) atau dengan Flow Chart (gambar). Pada perkembangannya, salah satu penyedia simulasi proses industri dari Jerman, telah memudahkan programmer dengan membuat program micro controller nya mengggunakan teknik flow chart. Tidak lagi dibutuhkan penggunaan script yang panjang. Salah seorang pengajar nya berkata bahwa tren kedepanya bahasa pemrograman akan beralih menggunakan flow chart.

Untuk membuat sebuah produk dengan bahasa pemrograman, termasuk di dalamnya aplikasi, game, perangkat mikrokontroler, atau perangkat IoT, kita tidak akan bisa lepas dari logika-logika pemrograman yang akan digunakan untuk membuat produk tersebut agar produk tersebut bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Logika dan algoritma pemrograman menjadi suatu hal yang sangat penting dalam membuat atau mengembangkan sebuah produk.

Kesalahan logika yang digunakan, tentu akan berakibat fatal terhadap produk yang akan dikembangkan. Selain eror, tentu produk yang dikembangkan tidak akan sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Oleh karena itu, belajar logika pemrograman merupakan hal yang wajib, agar produk yang dikembangkan tidak mengalami permasalahan dalam pengembangannya. Logika pemrograman menjadi bagian penting yang harus dipelajari oleh orang yang belajar bahasa pemrograman, tanpa melihat pilihan bahasa yang dipelajarinya.

Source :


https://cakshon.com/tag/algoritma-dan-pemrograman-untuk-pemula/