Apa yang tidak boleh dilakukan dalam Root Cause Analysis?

manajemen_risiko

(nana namora) #1

Root Cause Analysis (RCA) merupakan pendekatan terstruktur untuk mengidentifikasi faktor-faktorberpengaruh pada satu atau lebih kejadian-kejadian yang lalu agar dapat digunakan untukmeningkatkan kinerja (Corcoran 2004)


(Nazva Abiya) #2

Melakukannya Sendirian
Ada kalanya root cause analisis bisa menjadi proses kreatif berasal dari sumber yang tidak terduga. Meskipun sebagian besar metode root cause analysis dapat dilakukan oleh satu orang, namun dapat menerima masukan dari anggota tim di seluruh organisasi Anda. Organisasi Anda kemungkinan sudah menggunakan pendekatan tim, setidaknya untuk penyelidikan besar. Jadi luangkan waktu sejenak untuk menganalisa susunan tim . Apakah itu lintas fungsional? Apakah tim Anda memiliki keahlian teknis yang dibutuhkan untuk menganalisis masalahnya? Memahami masing-masing faktor ini dapat membantu Anda mendatangkan orang-orang yang akan membantu Anda mencapai tujuan akhir.

Kehilangan pandangan yang positif
Anda bisa menggunakan teknik yang sama dengan yang Anda gunakan untuk menemukan sumber masalah untuk menggali mengapa proses tertentu terlihat sangat baik.

sumber: