Apa yang terjadi jika seorang programmer kurang memahami algoritma?

Algoritma merupakan langkah sebelum membuat sebuah program, algoritma nantinya akan diterapkan untuk membuat sebuah program.

Apa yang akan terjadi jika seorang programmer kurang memahami tentang algoritma itu sendiri?

Seorang programmer merupakan orang yang membuat sebuah program yang didasari oleh algoritma yang ada. Jika tidak memahami atau kurang paham mengenai algoritma maka Ia akan menghadapi beberapa masalah saat membuat program yang didasari algoritma tersebut. Tapi ada beberapa programmer yang buruk di algoritma tapi dapat bekerja dengan lancar di programming. Beberapa berpendapat bahwa pengetahuan tentang algoritma itu perlu untuk programming, beberapa berpendapat bahwa terkadang algoritma dapat membuat kita kebingungan atau mempersulit kita dalam membuat program.

Sebenarnya algoritma ada untuk menjadi dasar dari program yang dibuat, algoritma bertujuan untuk memberi gambaran kasar tentang urutan atau langkah-langkah mengenai program atau produk yang akan dibuat, jika bertujuan untuk memberi gambaran terkadang orang dapat mendapat makna yang salah jika orang itu kurang paham tentang algoritma itu.

Jadi jika pengetahuan tentang algoritma kurang atau tidak ada maka hal itu akan mempersulit programmer dan memperkecil ruang lingkup hal yang bisa dikerjakan oleh programmer tersebut.

Sumber : https://www.quora.com/How-limited-will-I-be-as-a-programmer-if-Im-bad-at-algorithms-and-have-poor-math-skills

Ketika kita ingin membuat sebuah program kita seharusnya memahami betul seluruh aspek-aspek yang ada di dalam program tersebut. Kita juga harus memiliki skill matematika untuk membuat sebuah program tingkat tinggi. Skill tersebut tidak dapat kita dapati secara instan, tetapi dengan banyak berlatih. Secara umum, kemampuan untuk berpikir secara abstrak dan menggeneralisasi sebuah masalah adalah penting dalam membuat program. Dengan begitu, kita perlu berlatih berpikir secara abstrak sebelum memulai membuat program. Langkahnya adalah dengan sering-sering membuat algoritma.

Algoritma adalah sebuah abstraksi dari sebuah program yang tujuan pembuatannya adalah untuk mempermudah pembuatan program tersebut. Bentuk dari algoritma adalah flowchart dan pseudocode. Bila kita tidak mengabstraksi program yang akan kita buat dengan algoritma, akan lebih sulit untuk membuat program tersebut. Sebagai programmer awal, kita harusnya belajar dengan betul mengenai sebuah algoritma dan cara mengabstraksi sebuah program agar kedepannya dapat membuat program dengan lebih tepat dan efektif.

Sumber : https://www.quora.com/How-limited-will-I-be-as-a-programmer-if-Im-bad-at-algorithms-and-have-poor-math-skills

Algoritma merupakan dasar yang harus dimiliki dalam membuat program tentunya, dan pada praktiknya lebih mudah apabila kita memahami algoritma ketika melakukan coding. Akan tetapi anda tidak harus menguasai algoritma jika ingin bisa menulis program. Hal ini tentu tergantung dari posisi/jenjang karir yang anda pilih. Jika anda hanya ingin bekerja sebagai coder maka tidak mengetahui banyak tentang algoritma. Namun jika anda ingin menjadi seorang developer, analis sistem ataupun desainer maka anda wajib paham tentang algoritma. Dalam hal ini memahami algoritma yang dimaksud adalah mengetahui program seperti apa yang dapat bekerja secara efisien, efektif tanpa mengurangi performa dari program itu sendiri.

Hal yang paling mungkin terjadi apabila seorang programmer ‘buta’ akan algoritma adalah ia tak akan bisa membuat program dengan baik dan kemungkinan besar akan kesulitan dalam proses debugging dan bugfixing. Maka sebaiknya sekecil-kecilnya programmer memiliki pengetahuan akan algoritma dan logika.

Sumber:
https://www.quora.com/I-am-a-programmer-but-I-dont-know-algorithms-Is-that-bad-for-me