Apa yang spesial dari batik Trusmi Cirebon?

batik Trusmi Cirebon

Ketika mendengar Trusmi, tentu sudah melekat dengan Cirebon. Selain terkenal akan makanan khasnya yang berupa empal gentong dan nasi jamblang. Kini Cirebon juga memiliki daya tarik sendiri dengan adanya pusat grosir Batik Trusmi terbesar di Jawa Barat. Tidak heran sekarang para wisatawan yang sedang berada di wilayah Cirebon untuk singgah mencari oleh-oleh berupa batik. Apa yang spesial dari batik Trusmi Cirebon?

Lokasi Kawasan Wisata Sentra Batik Trusmi cukup mudah ditemui. Terlebih lagi sejak ada pembangunan tol Cipali (Cikampek-Palimanan). Kamu hanya perlu keluar gerbang tol Plumbon kemudian sekitar 500 meter sampai 1 km di perempatan Plered, akan terlihat gapura batik trusmi tersebut. Di kampung itulah berjejer kuliner khas Cirebon hingga butik-butik batik sampai ke pusat toko batik terbesar dan terlengkap. Singkat cerita, adanya Desa Trusmi ini berawal dari Ki Gede Trusmi sebagai pengikut Sunan Gunung Jati mengajarkan seni membatik sembari menyebarkan agama Islam. Begitulah warisan leluhur yang dijaga sampai sekarang.

Perlu diingat, kalau setiap daerah memiliki motif sendiri. Sama halnya dengan Jawa Barat. Di Batik Trusmi sendiri motif andalan khasnya, yaitu motif yang bernama Megamendung. Motif menyerupai awan dan memiliki warna yang tegas ini terus konsisten ada sebagai corak khas. Bahkan sudah dikenal hingga manca negara. Selain itu, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata akan mendaftarkan motif megamendung ke UNESCO sebagai warisan dunia. Menariknya, industri batik trusmi semakin berinovasi dalam memodifikasi untuk menghasilkan fashion batik yang modern. Mega mendung merupakan percampuran budaya Tiongkok dengan Islam di era Wali Songo. Karena itu motifnya perlu dijaga sebagai nilai warisan leluhur.

Adapun motif yang paling mahal ialah batik tulis motif Paksinaga Liman. Itu adalah nama dari kereta kencana milik Keraton Kasepuhan. Paksi berarti garuda, naga berarti ular, dan liman berarti gajah. Dengan demikian, Paksinaga Liman adalah perwujudan gabungan dari tiga hewan. Motif Paksinaga Liman ini merupakan perlambangan simbol kekuatan dari Kerajaan Cirebon. Sebagai pusat kawasan batik yang mulai tersohor, Batik Trusmi menawarkan harga mulai rentang Rp25.000 – Rp999.000. Di sana nanti akan ada juga batik kelas premium untuk kamu yang ingin bergaya high class atau mengoleksi batik. Kamu juga sudah paham bahwa kocek yang dikeluarkan harus agak dalam karena sebanding dengan kualitas yang diperoleh. Intinya di Batik Trusmi semua kalangan bisa memperoleh barang yang diinginkan sesuai budget yang dimiliki kok.

Jangan khawatir soal harga. Kalau memang sedang ada perjalanan dinas atau sekadar jalan-jalan ke Cirebon, sempatkanlah mampir kesini. Saya sudah bandingkan harga beli batik dengan motif sama ternyata harga di daerah lain bisa 2x lipatnya. Jadi kalau memang penasaran segera cek langsung dan kunjungi tempat ini.

Kain batik atau pakaiannya sudah menjadi barang yang wajib kamu beli di Batik Trusmi. Selain kain batik di sini kamu juga bisa berbelanja beragam oleh-oleh khas Cirebon lainnya. Bisa dibilang Sentra Batik Trusmi ini seperti pusat oleh-oleh yang besar jadi sudah pasti bisa ditemukan berbagai barang favorit. Pajangan-pajangan yang bisa mempercantik rumahmu bisa ditemui di Batik Trusmi. Misalnya saja patung kecil Lara Blanya atau patung sepasang pengantin bisa kamu temui di sini. Pernak-pernik lain seperti miniatur andong dan sepeda jaman dahulu juga bisa kamu beli di sini.

Selain itu kamu juga bisa memilih kain-kain batik dengan motif dan warna kekinian. Seperti yang sudah diketahui saat ini batik juga sudah menjadi tren tersendiri. Jadi kamu bisa menemukan berbagai batik dengan gaya modern di sentra batik ini. Kain-kain batik dengan warna pastel dengan motif lawasan bisa juga kamu manfaatkan untuk menghias rumah.

Kalau ingin mencari oleh-oleh seperti makanan khas Cirebon, kamu juga bisa dengan mudah menemukannya di sini. Mulai dari kerupuk sampai sirup bisa langsung kamu temui di Sentra Batik Trusmi. Kamu yang terbiasa membeli oleh-oleh setelah liburan akan sangat dimanjakan selama berada di Sentra Batik Trusmi. Selain menjadi pusat perbelanjaan oleh-oleh yang lengkap di sini juga tersedia restoran yang menyajikan menu-menu khas Cirebon.

Sumber: