Apa yang seharusnya diraih sebelum usia 30 tahun?

Tentu saja sebelum usia 30 tahun, kita meraih usia 29 tahun. Namun bukan itu maksud kami. Disini kita akan berdiskusi mengenai pencapaian hidup yang sudah harus terwujud sebelum memasuki dasawarsa ketiga kehidupan.

Memasuki kepala tiga seringkali dianggap sebagai sesuatu yang sakral. Momen ini juga sering dianggap sebagai patokan target kesuksesan seseorang. Diharapkan pada usia ini seseorang sudah menamatkan pendidikan, memasuki dunia kerja, mengenyam berbagai pengalaman, mengasah berbagai skill dan bahkan sudah mendapat jodoh.

Usia 30-an juga dianggap sebagai masa peralihan untuk memasuki fase hidup selanjutnya, yang mapan, dewasa dan bertanggung jawab. Diharapkan juga untuk sudah memiliki kestabilan dan tujuan hidup yang jelas. Berbeda dengan usia 20-an yang dianggap sebagai masa eksplorasi dan pengembangan diri.

Menurut teman-teman, apa sajakah yang seharusnya diraih sebelum usia 30 tahun?

8 Likes

Manurut saya sih hal yang harus diraih sebelum usia 30 tahun itu berhasil lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan tetap, memiliki sebanyak-banyaknya pengalaman, mengasah kemampuan hard skill dan juga soft skill, lebih memperluas jaringan sosial, dan kalau bisa sudah mempunyai pasangan hidup.

1 Like

Menurut saya capaian keberhasilan orang berbeda - beda dan usia tidak menjadi patokan keberhasilan seseorang, namun alangkah baiknya kita mewujudkan cita - cita keberhasilan kita semuda mungkin. dan menurut saya hal terpenting yang harus dicapai sebelum usia 30 tahun adalah karier yang mapan,

1 Like

menurut saya pencapaian yang harus diraih sebelum usia 30 yang pasti mencari pengalamanan sebanyak mungkin mumpung masih usia produktif, kemudian mendapatkan pekerjaan, dan sanggup memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa bantuan orangtua

1 Like

Aku pribadi pengen banget untuk bisa financially stable sebelum 30 tahun. Tapi aku selalu yakin bahwa semua orang punya timeline masing-masing yang pastinya sangat berbeda. Jadi sebenernya kita gak bisa sih mengkotak-kotakkan orang untuk punya banyak achievement sebelum 30 tahun. Menurut aku yang terpenting itu kita harus nikmatin waktu-waktu berproses yang lagi kita jalanin untuk jadi versi terbaik dari diri kita sendiri. :blush:

1 Like

menurutku pencapaian sebelum di usia 30 itu adalah pendewasaan mental karena pada usia ini sudah banyak evaluasi kehidupan dan perubahan yang telah dilakukan. Namun,pencapaian karir setiap orang itu berbeda-beda. lihat saja J.K Rowling yang mencapai karir sebagai penulis di usia 33 tahun setelah tolak 12 penerbit, Harland David Colonel Sanders pendiri KFC di usia 65 tahun. dan lainnya.
tapi, bagaimana dengan tuntutan dari faktor eksternal seperti orang tua, lingkungan dan lainnya yang mengharuskan untuk sukses secara finansial sebelum usia 30? apakah kita harus memenuhi tuntutan tersebut meskipun bertolak belakang dengan passion?

1 Like

Menurut saya diusia tiga puluh tahun seharusnya kita sudah punya pekerjaan yang hasilnya cukup minimal untuk menghidupi diri sendiri. Bicara soal pendidikan dan pengalaman, tentu setiap orang punya alasan mengapa tidak bisa menyelesaikan atau memenuhinya. dan itu adalah bagian dari pengalaman. Tetapi untuk penghasilan, saya rasa diusia tersebut orang selayaknya memang sudah mandiri.

1 Like

Jika berbicara tentang umur, memasuki usia 30 tahun pastinya seseorang itu sudah melewati pengalaman di usia 20an sebagai masa eksplorasi diri dan mencari apa kesukaan dirinya. Dengan begitu pencapaian yang sudah ia dapat memasuki usia 30 tahun yaitu mental kuat untuk menghadapi tempaan dan siap menuju tahap kedewesaan selanjutnya.

Jika berbica tentang “materi” menurut saya tidak ada patokan atau diumur berapa orang tersebut harus memiliki sesuatu yang berhubungan dengan harta, begitupun juga dengan pekerjaan ideal dan mempunyai pasangan hidup. Menurut saya hal tersebut tergantung persepktif masing-masing individu dalam menganggap suatu umur menjadi patokan untuk menggapai sesuatu. Orang tidak dapat dikatakan gagal jika tidak dapat meraih sesuatu pada umur tertentu, balik lagi kepada orang tersebut dalam menilai kesuksesan

1 Like

Setuju banget sama pendapatnya. Target setiap orang pasti berbeda-beda dan kita tidak perlu memaksakan diri untuk bisa menyamai capaian orang lain di suatu waktu tertentu. Boleh saja menjadikan capaian tersebut sebagai motivasi kita untuk berproses, namun setiap capaian yang telah kita raih pastinya sangat layak untuk kita apresiasi dan kita syukuri.

1 Like

Terimakasih buat teman-teman yang sudah mau mengutarakan pendapatnya. Memang sih tidak seharusnya kita terlalu mematok pencapaian pada usia tertentu karena jalan hidup dan keberhasilan orang berbeda-beda. Kalau dipaksakan malah mungkin jadi insecure. Definisi berhasil pun juga beda-beda.

Sepertinya rata-rata sependapat soal karir ya

Saya setuju, karena beberapa perusahaan juga membatasi umur dari calon karyawan yang ingin mendaftar kerja, tentunya saat usia lebih dari 30 tidak bisa seenaknya mencari pekerjaan seperti saat usia kurang dari 30, sehingga sangat tepat untuk mencari sebanyak mungkin pengalaman dan atau mencari pekerjaan yang sanggup memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa bantuan orang lain

1 Like

Tolak ukur kesuksesan setiap individu tentunya berbeda beda. Sama halnya dengan apa yang mesti dicapai sebelum usia 30 tahun. Menurutku pribadi, di usia 30 itu aku harus punya tempat kerja dan penghasilan yang tetap serta arah karir yang jelas, tabungan serta kemampuan perencanaan keuangan yang sudah matang, and last but not least pasangan yang menurutmu pantas dijadikan sebagai pendamping hidup serta ibu dari anak anakmu kelak. asekk

1 Like

Setuju banget sama pendapat teman-teman diatas, sebelum memasuki umur 30 atau dalam artian usia kita rentang 20 tahun-an itu waktu kita untuk eksplorasi diri menemukan passion dan jati diri kita dengan mencoba berbagai pengalaman yang mungkin akan menjadi cerita perjalanan hidup kita dalam mencapai kesuksesan. Mencari relasi seluas-luasnya dan juga membangun karir agar bisa financially stable sebelum usia 30 tahun dan tidak lupa memantaskan diri agar bisa jauh lebih baik.

1 Like

Menurut saya, hal paling penting yang harus sudah didapatkan sebelum usia 30 adalah kestabilan emosi. Dengan bergaul dengan orang-orang yang memberi banyak insight tentang kehidupan, kenal dengan orang-orang yg berbeda latar belakangnya akan membuat pemikiran lebih terbuka dengan itu memahami banyak sudut pandang. Dan yang kedua adalah kemampuan mengatur keuangan. Dapat membedakan wants dan needs, sehingga tahu apa yang perlu di prioritas kan dan tidak menyulitkan keadaan ekonomi kedepannya.

1 Like

Kalau ngomongin tentang keinginan pribadi sih, di umur 30 tahun saya pengen punya kebebasan finansial, maksudnya sudah mendapatkan pendapatan tetap untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga. Ketika kita sudah memiliki kebebasan finansial, maka kita lebih mudah untuk mencapai hal lain. Saya tidak bilang sebelum umur 30 harus sukses, karena setiap orang memiliki maknanya masing-masing terkait “sukses”. Tentunya saya ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi sekitar sebelum atau sesudah 30 tahun. Usia 30 tahun adalah usia dimana kita harus menjadi lebih dewasa dan bijak, maka gunakanlah waktumu yang sekarang untuk belajar menjadi orang yang bijak. Seoga kita bisa menjadi orag yang kita harapkan…

1 Like

quarter life crisis istilah ini berarti harapan pada usia 20-30 tahun tentang apa yang akan dilakukan dan diperoleh pada masa depan di iringi rasa cemas. menurut saya pencapaian hidup sebelum usia 30 tahun pastinya semua kebutuhan finansial materil tercukupi dan terpenuhi agar dapat membuat planing baru untuk dimasa tua.

1 Like

Pandangan orang tentang apa saja yang harus diraih orang sebelum usia 30 tahun pastilah berbeda-beda. Tidak ada patokan pasti mengenai patokan umur tentang keberhasilan seseorang.
Menurutku sendiri apa yang harus diraih seseorang bukan hanya sebelum usia 30 tahun tapi secara umum yakni bermuara pada manfaat atas keberadaan kita bagi masyarakat (seperti dapat membuka lapangan pekerjaan, dan lain-lain), dapat menjadi inspirasi bagi orang lain, dapat membanggakan orang tua dan lain sebagainya.

Disamping itu, untuk mendukung pengembangan potensi diri kita untuk meraih semuanya dapat didukung dengan mengenyam pendidikan ke jenjang lebih tinggi, memperluas relasi dan lain sebagainya.

1 Like

Semua orang pasti ingin target yang di capai saat memasuki di umur 30 tapi kita ga perlu menjadi membuat tolak ukur pencapaian diri kita dengan orang lain karena masing-masing memiliki porsi yang berbeda :blush:

1 Like