Apa yang Sebenarnya Kita Cari Ketika Berdiskusi?

Diskusi merupakan salah satu cara untuk mendorong kebiasaan demokratis dan juga dapat meningkatkan intelektual seseorang. Diskusi bisa dilakukan dimana saja, namun pada umumnya kegiatan ini biasanya dilakukan di suatu organisasi atau komunitas maupun lembaga pendidikan.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Moh. Surya sebagai ahli:

Diskusi merupakan proses dimana orang-orang akan mendapatkan kesempatan untuk menyumbangkan pikiran masing-masing sebagai bentuk pemecahan masalah bersama dengan menanamkan rasa tanggungjawab dan percaya diri.

Pendapat lain mengatakan pengertian diskusi adalah proses pertukaran pikiran, gagasan, dan pendapat, yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, untuk mendapatkan suatu kesimpulan atau kesepakatan bersama.

Banyak dari kita mungkin sudah sangat sering melakukan diskusi. Diskusi ini memang bisa menjadi sebuah kebutuhan. Tapi untuk apa? Itu yang menurut saya, kita semua sering tidak sadari. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa diskusi penting untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, tapi beberapa juga menganggap bahwa diskusi ini sebagai sarana bertukar pikiran atau bahkan saling menceritakan pengalaman saja. Lantas, kira-kira apa ya yang sebenarnya kita butuhkan dan cari ketika kita melakukan suatu diskusi? Mana yang kira-kira lebih kita butuhkan? :smile::thinking:

Mau izin berpendapat, menurut saya diskusi dibutuhkan untuk saling bertukar pikiran dalam mencapai kesepakatan bersama dan selain itu diskusi menurut saya sering diprioritaskan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan ide atau gagasan serta saling bertukar pikiran dan pengalaman yang dilakukan dengan musyawarah sehingga dapat menemukan cara mengatasi masalah tersebut dengan kesepakatan bersama.

1 Like

Diskusi pada dasarnya adalah bertukar pikiran. Dalam kegiatan berdiskusi, terjadi proses komunikasi 2 arah dengan pendekatan yang berbeda. Tujuan diskusi ialah untuk menginterpretasikan dan menggambarkan poin-poin temuan berdasarkan apa yang telah diketahui tentang masalah yang tengah diselidiki demi mencari jalan keluar bersama. Dengan berdiskusi, kita mendapat pencerahan baru dari lawan bicara dan memahami latar belakang pendapatnya. Jika beberapa pendapat berbeda disatukan, akan mudah untuk menemukan kelemahan dan kelebihan dari topik yang dibahas. Pelaku diskusi hendaknya tetap memandang setiap pendapat dengan netral dan bermusyawarah terhadap apapun hasil yang disepakati.

Diskusi adalah perundingan atau pertukaran pemikiran untuk memperoleh pemahaman mengenai penyebab suatu masalah dan solusi penyelesaiannya. Jadi menurut saya, diskusi perlu dilakukan agar semua orang yang ada disitu mengungkapkan sebuah pendapatnya masing-masing. Kemudian mereka akan menyimpulkan dari pendapat masing-masing orang yang dijadikan sebagai acuan sebuah masalah yang diangkat. Artinya seperti musyawarah mufakat.

Untuk saya pribadi yang selalu saya cari dalam diskusi adalah selain ilmu pengetahuan juga pemahaman dari apa yang disampaikan. Sebab terkadang selalu ada yang mengganjal dalam hati untuk mempertanyakan sebuah pertanyaan yang memang ingin sekali kita tahu apa jawabannya dan terkadang pertanyaan-pertanyaan seperti itu selalu diluar dari konteks yang ingin didiskusikan.

Saya pribadi menggunakan diskusi sebagai sarana untuk mengetahui apa yang dipikirkan oleh orang lain terkait suatu hal. Kita semua tahu bahwa diskusi adalah bertukar pikiran. Dengan mengetahui bagaimana cara pandang seseorang tentang suatu hal, maka harapannya dalam pengambilan keputusan nantinya bisa mewakili kedua pihak dan tudak ada yang merasa kurang diuntungkan atau sebagainya.

Di sisi lain, saya sering menggunakan diskusi ini untuk menilai sebenarnya bagaimana karakter seseorang, terutama saat ia diberi suatu permasalahan, langkah apa yang ia ambil. Dari sini bisa mendapat gambaran atau mengetahui karakter problem solving, leadership, critical thinking seseorang.