Apa yang Sebenarnya Kita Cari Ketika Berdiskusi?

Diskusi merupakan salah satu cara untuk mendorong kebiasaan demokratis dan juga dapat meningkatkan intelektual seseorang. Diskusi bisa dilakukan dimana saja, namun pada umumnya kegiatan ini biasanya dilakukan di suatu organisasi atau komunitas maupun lembaga pendidikan.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Moh. Surya sebagai ahli:

Diskusi merupakan proses dimana orang-orang akan mendapatkan kesempatan untuk menyumbangkan pikiran masing-masing sebagai bentuk pemecahan masalah bersama dengan menanamkan rasa tanggungjawab dan percaya diri.

Pendapat lain mengatakan pengertian diskusi adalah proses pertukaran pikiran, gagasan, dan pendapat, yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, untuk mendapatkan suatu kesimpulan atau kesepakatan bersama.

Banyak dari kita mungkin sudah sangat sering melakukan diskusi. Diskusi ini memang bisa menjadi sebuah kebutuhan. Tapi untuk apa? Itu yang menurut saya, kita semua sering tidak sadari. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa diskusi penting untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, tapi beberapa juga menganggap bahwa diskusi ini sebagai sarana bertukar pikiran atau bahkan saling menceritakan pengalaman saja. Lantas, kira-kira apa ya yang sebenarnya kita butuhkan dan cari ketika kita melakukan suatu diskusi? Mana yang kira-kira lebih kita butuhkan? :smile::thinking:

Mau izin berpendapat, menurut saya diskusi dibutuhkan untuk saling bertukar pikiran dalam mencapai kesepakatan bersama dan selain itu diskusi menurut saya sering diprioritaskan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan ide atau gagasan serta saling bertukar pikiran dan pengalaman yang dilakukan dengan musyawarah sehingga dapat menemukan cara mengatasi masalah tersebut dengan kesepakatan bersama.

1 Like