Apa yang perlu dilakukan untuk merangsang pertumbuhan gigi pada bayi?

Mengamati pertumbuhan dan perkembangan bayi memang menjadi pengalaman tersendiri bagi orang tua. Namun tidak jarang orang tua justru panik atau cemas berlebihan ketika bayi tidak juga mampu melakukan sesuatu sesuai dengan usia normalnya. Apalagi jika anak tetangga yang sebaya sudah bisa melakukan segala macam hal. Termasuk mengenai pertumbuhan gigi bayi.

Perlu diketahui bahwa kesehatan gigi bayi dipengaruhi juga dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Jika bayi 8 bulan belum tumbuh gigi, maka ibu bisa memberikan makanan dan minuman yang tepat. Serta ada juga beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan gigi bayi. Berikut di antaranya.

  1. Berikan bayi asupan ASI dan MPASI yang seimbang, terutama dengan memperbanyak asupan kalsium pada MPASI bayi. Banyak makanan yang mengandung kalsium yang bisa diolah menjadi MPASI bayi, misalnya sayur bayam, biji wijen, kacang almond, makanan laut, dan masih banyak lagi.
  2. Berikan bayi mainan gigit yang bertujuan untuk mmebantu merangsang pertumbuhan gigi bayi. Namun selalu pastikan bahwa mainan itu terbuat dari bahan yang aman, higienis, dan selalu bersih. Pemberian mainan gigit ini bisa diberikan sejak usia bayi menginjak 5 bulan.
  3. Hindari meletakkan benda-benda berbahaya di dekat bayi, karena pada usia pertumbuhan gigi, bayi akan lebih suka menggigit.
  4. Selalu kenakan pakaian yang bersih pada bayi dengan bahan kain yang bebas dari pernak-pernik berlebihan untuk mencegah bayi tertelan benda-benda kecil yang berbahaya.
  5. Berkonsultasi dengan ahlinya juga disarankan pada ibu dan ayah agar lebih memahami informasi atau wawasan baru mengenai pertumbuhan bayi.
  6. Jika gigi bayi sudah tumbuh, cari tahu mengenai Cara Merawat Gigi Bayi yang baru tumbuh agar bisa menjadi sehat.

sumber: https://halogigi.com/