Apa yang perlu dilakukan oleh diri kita agar dapat mengerti logika pemrograman sehingga dapat menjadi seorang pemrogrammer yang handal?

Seperti yang kita ketahui bahwa pemrograman merupakan hal yang sangat sering dijumpai di jaman sekarang ini. Namun, apa pemrograman membutuhkan logika yang kuat sehingga dapat menjadi seorang pemrograman yang handal? atau kita dapat melakukan hal lain agar dapat handal dalam pemrograman?

Programmer adalah sebuah pekerjaan yang paling favorit di dalam bidang IT. Tetapi untuk menjadi seorang programmer, terlebih programmer yang handal, dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan yang besar.

Yang dimaksud dengan program adalah kumpulan intruksi yang digunakan untuk mengatur computer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Suatu program ditulis mengikuti kaidah bahasa pemograman tertentu.

Jika kamu tertarik membuat program komputer, aplikasi ponsel, situs web, permainan, atau perangkat lunak apapun, kamu harus mengetahui cara memprogramnya. Program dibuat dengan bahasa pemrograman. Bahasa ini memungkinkan program berfungsi di mesin yang menjalankannya, seperti komputer, ponsel, atau perangkat keras lain.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai belajar pemrograman:

  1. Mengerti dulu apa itu “programming”
    image
    Sebelum melakukan sesuatu, kamu harus tau dulu apa yang ingin kamu lakukan. Kamu harus tau dulu apa itu programming. Semakin banyak informasi yang kamu tau, maka akan semakin baik. Sebagian dari kita tidak mencoba mendalami pemrograman, karena mungkin hanya tau sebagian saja. Bayangkan jika kita tau bahwa dengan pemrograman kita bisa membuat sebuah program yang bermanfaat bagi orang banyak, semua dunia akan senang menggunakan program kita, bahkan dengan program itu kita bisa menjadi kaya raya, kita bisa membuat perusahaan sendiri, kita bisa membuka lapangan pekerjaan baru, dan bisa membuat orang lain bahagia dan sejahtera. Itu akan terdengar lebih menarik. kalau kamu ingin memulai belajar pemrograman, maka mengertilah terlebih dahulu apa itu pemrograman dan pengetahuan dasar yang mendukungnya, agar tidak tersesat.

  2. Pilihlan sebuah bahasa pemrograman
    image
    Banyak sekali macam macam bahasa pemrograman, dan setiap bahasa pemrograman memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing. Kamu mungkin bisa saja mempelajari semuanya, tapi saya sarankan pilihlah satu terlebih dahulu. Kuasailah satu terlebih dahulu dan dalamilah. Yang harus kita ingat adalah, bahasa pemrograman bukanlah sebuah agama yang kita hanya boleh memilih satu dan tidak bisa seenaknya kita ganti. Kamu bebas berganti-ganti bahasa pemrograman yang Kamu ingin kuasai nanti, jika Kamu mau. Tapi, pelajarilah dulu satu dan kuasailah secara mendalam. Jika kamu ingin menjadi pengembang web, kamu perlu menguasai bahasa yang berbeda dari bahasa yang digunakan pengembang program desktop.

  3. Mulailah belajar
    image
    Sekarang kamu sudah tau apa itu pemrograman dan kamu sudah punya bahasa pemrograman yang ingin kamu kuasai, selanjutnya pelajarilah. Belajarlah algoritma dasar dengan bahasa pemrograman yang kamu pilih. Caranya banyak sekali, bisa melalui buku, bisa juga melalui artikel – artikel di internet, tutorial – tutorial pemrograman di internet atau kamu juga bisa coba belajar pemrograman dari majalah/ebook pemrograman atau buat kamu yang ingin belajar lebih cepat dan intensif, kamu bisa mengikuti kursus belajar pemrograman. Ya, banyak sekali caranya. Silahkan kamu pilih sendiri yang paling sesuai dengan metode belajarmu.

  4. Buatlah program - program sederhana
    image
    Belajar saja tidak cukup, harus dipraktekan. Cobalah buat program-program sederhana. Jika kamu masih sekolah, kamu bisa mencoba membuat program sederhana. Pada intinya, cobalah untuk membuat sesuatu, mulai dari yang sederhana dari apa yang Kamu sudah kuasai.

  5. Updatelah selalu informasi
    image
    Informasi sangat penting. Boleh jadi apa yang kamu sedang pelajari sudah tidak lagi dipelajari oleh orang lain karena sudah ada yang lebih menarik atau lebih baik. Kamu tidak akan tau itu kecuali Kamu update informasi. Salah satu cara update informasi adalah, kamu bisa mengunjungi web-web yang senantiasa memberikan informasi, kamu juga bisa like fan page dan follow twitter, pihak-pihak yang senantiasa memberikan informasi tentang programming atau teknologi secara umum.

  6. Bergabunglah di grup-grup atau forum-forum pemrograman
    image
    Ketika kamu bergabung di forum atau grup pemrograman, kamu akan melihat ada banyak orang hebat yang bisa kamu tiru dan teladani dari segi programmingnya. Bahkan tidak jarang, mereka pun sering memberikan informasi-informasi penting yang mungkin bermanfaat buat kamu. Dan ketika kamu terlibat dalam sebuah forum, Kamu pun bisa membantu rekan-rekan yang lain yang mungkin bisa kamu bantu.

Sumber :

Banyak sekali pertanyaan jika sudah dikatikan dengan bagaimana menjadi seorang programmer yang ahli atau handal. Tentu untuk mendapatkan hal tersebut kita harus mengetahui dasar pemrograman terlebih dahulu. Jika anda mempelajari suatu hal yang sifatnya tidak mendasar, maka anda tidak mendapatkan pola pikir mendasar dari sesuatu yang anda pelajari tersebut. Maka kita harus mengetahui, dasar dari sebuah pemrograman itu apa. Tentu jika sudah membahas pemrograman pastinya anda tidak akan jauh-jauh dari pokok bahasannya berupa pemikiran secara kritis yang didasari dengan logika. Mungkin matematika sebagai faktor kontrol dari suatu kegiatan pemrograman. Namun, bahasan yang akan dititik beratkan adalah logika pemrograman yang dimana secara garis besar merupakan dasar dari berkembangnya suatu pemrograman.

Pertama, anda harus mengetahui bagaimana berpikir secara logis. Pernahkah anda berharap memiliki kemampuan dalam menyelesaikan suatu permasalahan secara efisien dan mudah? Jika iya, anda disarankan untuk mengembangkan cara berfikir dengan menggunakan pola, dengan tujuan agar lebih berfikir secara logika. Ada bergitu banyak cara agar dapat berfikir lebih logis :

  1. Melatih Pikiran Anda
    Menguji pikiran anda perlu dilakukan untuk mempertajam pemikiran anda dalam berfikir secara logis. Cara yang baik untuk memberi pelatihan pada otak anda adalah dengan mengujinya sama hal nya seperti berlatih untuk menjadi seseorang yang handal dalam suatu hal/bidang yang ditekuni. Selain itu agar pikiran anda terus terlatih dengan baik, anda mulailah berlatih bakat baru yang sebelumnya anda tidak ketahui. Seperti contoh mempelajari bahasa lain atau belajar musik dan melukis. Otak anda akan memproses memori-memori yang ada didalamnya dan dikaitkan dengan daya ingat otak anda sehingga membentuk ingatan yang kuat. Dengan ingatan dan pemikiran yang kuat, tentunya anda dapat berfikir lebih baik dan logia dalam menghadapi suatu permasalahan.

  2. Mengakui Irasionalitas
    Dalam menghadapi sesuatu yang tidak sesuai keinginan tentunya itu merupakan suatu permasalahan untuk diri anda, untuk menghadapi hal tersebut anda harus mengenali bagaimana anda memprotes terhadap masalah yang anda hadapi. Anda akan mengetahui respond diri anda bagaimana, dengan mengendalikan emosi anda, tentunya anda dapat membentuk pemikiran lebih logis dalam menghadapi suatu masalah dengan tenang atau dapat dikatakan “Work underpressure but stay stabilize”. Hindari menghayal dalam menyelesaikan suatu masalah yang anda hadapi, hal tersebut berbeda dengan memikirkan sebuah ide, tentunya jangan terlalu menenggelamkan pikiran anda dalam bayangan khayalan dan coba untuk berfikir secara rasional agar terbentuknya pemecahan masalah yang didasari pemikiran yang logis.

  3. Ubah Gaya Hidup Anda
    Untuk memaksimalkan kinerja otak dalam berfikir, tentunya anda memerlukan pola hidup yang baik, seperti contoh dimana anda mendapatkan jam tidur yang baik. Dengan tidur lebih teratur tentunya itu menjadi kegiatan dimana otak anda pun melakukan istirahat, sehingga meningkatkan daya otak dalam berfikir secara logis. Olahraga pun dapat menjadi faktor untuk meningkatkan daya ingat otak anda dikarenakan olahraga dapat menetralisir peredaran darah sehingga membantu kinerja otak menjadi lebih baik dalam melakukan kerjanya.

Contoh diatas merupakan cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemikiran anda dalam berfikir secara logis. Dari kemampuan anda berfikir tersebut, anda dapat mengasah kemampuan anda menjadi seorang programmer yang handal. Karena, dasar dari anda belajar menjadi seorang programmer adalah dimana anda memiliki logika yang kuat dalam menghadapi sebuah permasalahan dalam melakukan pemrograman.

Lalu setelah menjadi seorang yang dapat berfikir secara logis dengan baik. Maka, anda harus mengetahui bagaiman agar kemampuan programming anda pun dapat berkembang dengan baik. Dengan kematangan logika yang telah anda miliki, tentunya anda akan lebih mudah menyesuaikan diri anda dalam mempelajari hal-hal pemrograman. Berikut adalah 12 karakteristik dari seorang programmer yang handal.

1. Keterampilan Teknis yang Mengesankan
Satu kesalahan yang dilakukan banyak pihak dalam mempelajari pemrograman adalah, mengawali pembelajaran hal-hal yang sudah bersifat advance ( Sulit ). Namun, kehilangan skill mendasar yang merupakan kunci untuk belajar materi-materi yang akan dihadapi dikedepan harinya. Maka, dimulailah dengan suatu hal yang mendasar agar memahami konsep awal dari sebuah programming.

2. Kesediaan Untuk Belajar
Teknologi selalu berkembang dan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki pemrogram saat ini kemungkinan akan ketinggalan jaman dalam beberapa tahun. Sangat penting untuk menemukan seorang programmer yang memiliki ketertarikan untuk mengikuti tren terbaru dan sangat ingin berpartisipasi dalam kesempatan melanjutkan pendidikan yang tersedia.

3. Keterampilan Debugging
Membuat kode hanyalah bagian dari pekerjaan pemrogram. Bila perangkat lunak tidak bekerja seperti yang diharapkan, programmer diharapkan bisa sampai ke akar masalahnya dengan cepat dan efektif. Alih-alih menghabiskan berjam-jam membabi buta membuat perubahan, cari programmer yang lebih suka menyelidiki dengan teliti kode dan kemungkinan penelitian sampai ada jawaban.

4. Pencocokan Lingkungan Kerja
Beberapa pemrogram membutuhkan keheningan untuk berkonsentrasi, sementara yang lain berkembang dalam kekacauan. Preferensi pribadi pekerja merupakan bagian penting dari produktivitasnya, jadi sebaiknya jelaskan lingkungan kantor Anda di awal sebelum bekerja untuk menghindari masalah setelah anda dipekerjakan.

5. Kemampuan Pemecahan Masalah
Bagi mereka yang belum pernah mencoba membuat aplikasi dari nol, programmer bisa lebih baik dibandingkan dengan pekerja lain dalam memecahkan persamaan matematika yang sangat sulit.Dikarenakan kemampuan mereka dalam mengahadapi dan menalar suatu masalah terlihat lebih luas. Seorang programmer yang baik, tumbuh subur dalam menemukan cara untuk membuat sesuatu yang berguna dan bermanfaat dalam pekerjaannya.

6. Gairah Kerja Menjadi Seorang Programmer
Banyak manajer perekrutan kerja tertarik untuk menemukan seseorang yang dengan senang hati akan menghabiskan waktu berjam-jam bersama pekerjaannya. Seringkali karyawan ini dapat ditemukan selama proses wawancara dengan kepentingan luar mereka dimana mereka memiliki gairah dan menekuni bidang yang digemari. Pemrogram sejati memproklamirkan diri sebagai “ahli komputer,” menghabiskan waktu bermain game, membangun server, atau membuat aplikasi untuk teman. Namun, tidak semua programmer ahli seperti itu, banyak juga yang menjadi ahli program dengan kemampuan lain yang mereka miliki, dimana mereka memiliki gairah sendiri terhadap dunia programming dan juga dunianya sendiri.

7. Kemalasan
Larry Wall, penulis asli, Perl Programming Languages, menjelaskan tiga kualitas bagus pada programmer yang baik: kemalasan, ketidaksabaran dan keangkuhan. Kemalasan mungkin terdengar seperti sifat buruk bagi karyawan mana pun, tapi manajer TI mengatakan bahwa jika Anda ingin menemukan cara terbaik untuk melakukan sesuatu, mintalah orang yang malas. Kemungkinannya adalah, orang itu akan menemukan cara tercepat dan paling efisien untuk melakukannya. Staf pemrograman perusahaan seringkali dapat menemukan cara untuk mengotomatisasi proses, menghemat waktu dan uang. Namun, bukan berarti kita memilih menjadi orang yang pemalas dan tidak menghasilkan apa-apa, melainkan kemalasan yang memberikan sebuah ide pemrograman untuk menjadi suatu karya yang hebat. Jadilah kemalasan anda sebagai jalan menemukan ide yang terbaik.

8. Pandangan Berbisnis
Sangat mudah melupakan gambaran besarnya sambil memusatkan perhatian pada pembuatan satu perangkat lunak. Pemrogram yang ideal memiliki fokus bisnis yang memungkinkannya bergerak melampaui aplikasi saat ini. Pemrogram yang berfokus pada bisnis akan menyarankan gagasan untuk aplikasi baru yang dapat memperbaiki operasi. Maka akan banyak ditemui jika ingin menjadi programmer yang handal diperlukan pemikiran yang kritis serta aksi multitasking untuk dapat mengatur waktu dan tindakannya sebaik mungkin.

9. Kemampuan Merencanakan Sesuatu
Daripada terjun ke tugas baru, tambahan yang bagus untuk staf pemrograman Anda akan terlebih dahulu belajar sebanyak mungkin tentang produk akhir yang diinginkan. Begitu dia menyelesaikan analisis itu, pemrogram akan merancang struktur program terlebih dahulu sebelum mengetik baris kode pertama. Maka dibutuhkan logika pemrograman yang kuat sehingga hasil yang diberikan pun maksimal.

10. Kemampuan Menghadapi Kegagalan
Pemrogram jarang mendapatkan semuanya dengan benar pada percobaan pertama. Padahal, kegagalannya hampir bisa dipastikan. Penting untuk menemukan staf pemrograman yang melihat kesalahan dan bug sebagai tantangan dan bukan tanda kekalahan. Ketekunan itu penting, sekaligus kemampuan untuk memulai kembali jika perlu, bahkan setelah berjam-jam kerja. Maka gairah dalam bidangnya ini sangat diperlukan oleh orang-orang yang menggemari komputer.

11. Dapat Bekerjasama dengan Tim
Seorang programmer jarang bekerja sendiri, biarpun dia satu-satunya pengembang di sebuah perusahaan. Kemampuan untuk bekerja dengan pemrogram, pengguna bisnis, staf pemasaran dan penjualan, dan sesama programmer sangat penting. Diperlukan softskill dan kemampuan berinteraksi antar sesama rekan agar menghasilkan kinerja yang maksimal.

12. Kesediaan untuk Melakukan Penelitian
Bahasa pemrogram hanya bagian dari gambar. Pengembang yang baik harus belajar tentang industri tertentu untuk merancang program yang sesuai bagi karyawan atau pelanggannya. Analisis terhadap suatu permasalahan dan pemikiran yang kritis sangat diperlukan agar klien dapat menerima solusi yang diberikan oleh para ahli program.

Tidaklah mudah untuk menjadi seorang pemrograman yang handal. Maka, dibutuhkan skill dan usaha yang berat untuk meraih hal tersebut. Tidak serta merta kita handal dengan tidak memahami sebuah dasar dalam melakukan suatu hal, semua itu berawal dari cara berfikir anda yang semakin lama akan terus berkembang sesuai gairah yang anda tunjukan. Logika Pemrograman menjadi dasar utama untuk menjadi seorang pemrograman yang handal.

Source:



https://www.quora.com/How-can-I-become-a-very-good-programmer-with-a-B-S-in-computer-science-and-one-year-experience-working-with-python-and-some-java-and-scala
https://www.quora.com/How-do-I-improve-my-logical-thinking-and-problem-solving-skills

Apa yang perlu kita lakukan untuk menjadi programer handal?

dimasa ini pekerjaan sebagai seorang programer sangat banyak diminati banyak perusahaan,karena memiliki jaminan gaji yang cukup besar juga.

Tetapi untuk mendapatkanya tidak lah mudah,harus menjadi seorang programer yang handal agar di hired oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Google,valve corp,Apple,Microsoft,Ubisoft.dsb

hal hal penting agar menjadi seorang programer handal.
1. SEORANG PROGRAMMER HARUS MEMILIKI
Bagi saya, ini adalah sifat yang paling penting.
programer harus memiliki kesabaran, Anda harus memiliki keinginan untuk belajar atau termotivasi secara finansial. Tapi jika Anda tidak cukup sabar untuk menghadapi masalah yang datang saat belajar coding, keinginan Anda akan memudar.Saya membandingkan ini seperti belajar bermain piano dan belajar desain grafis. Saya memiliki gairah untuk belajar bermain piano, dan saya sukses karena saya sabar. Saya tidak gentar untuk belajar desain grafis, tapi saya tetap bertahan dan akhirnya cukup belajar untuk melakukan apa yang saya butuhkan.

Anda harus belajar menerima frustrasi sebagai alat untuk mencapai tujuan.

2.SELAIN ITU, MEREKA HARUS MEMILIKI KEBERANIAN
Pepatah lama yang menurut para mentor saya katakan adalah, “Sangat mudah jika Anda tahu caranya”. Ini menyenangkan bagi mereka, tapi membuatku frustrasi saat itu. Namun, apa yang diajarkannya kepada saya adalah segalanya akan menjadi lebih baik jika saya bertahan dengannya.karena rasa takut berasal dari kurangnya pemahaman.

3.SEPERTI PROFESI APAPUN, PASSION ADALAH SUATU KEHARUSAN

Mengapa Anda ingin belajar pemrograman ? Menjadi keren Untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik? Atau karena Anda ingin memecahkan masalah dan membangun sesuatu?

Gairah bisa datang dari semua itu, tapi jika itu yang terakhir, Anda mungkin berada di jalur yang benar. Kebanyakan programmer adalah insinyur dan memiliki keinginan yang melekat untuk membangun, membongkar, mempertanyakan, memecahkan masalah dan mengatasi tantangan yang tidak dapat dilakukan orang lain. Mereka melakukan ini karena mereka suka, bukan karena gaji diperhatikan.

Passion adalah apa yang akan membuat Anda terjaga sepanjang malam sampai Anda memecahkan masalah. Passion akan membuat Anda bekerja malam dan akhir pekan untuk belajar

4.KREATIVITAS ADALAH KOMPONEN KUNCI PEMROGRAMAN.
membuat sebuah program akan sangat sulit tanpa ada nya imajinasi yang tinggi,sangat dibutuhkan saat menerapkan sebuah flowchart ke dalam sebuah program

5.DAN, TENTU SAJA, SEORANG PROGRAMMER HARUS MEMILIKI LOGIKA

Menjadi pemikir logis adalah kunci di jalan Anda untuk menjadi programmer mapan. Setelah semua, setelah Anda memahami komputer mengikuti aturan dasar logika untuk melakukan pekerjaan mereka, Anda akan melihat selalu ada jawaban untuk sebuah masalah. Anda hanya perlu menggunakan logika untuk mengetahuinya.
programmer harus menunjukkan logika
Tidak ada gangguan sihir atau gangguan luar selain variabel yang ada. Memecah masalah menjadi beberapa bagian kecil dan mengikuti serangkaian peraturan, seperti komputer, akan membantu Anda mempelajari sintaks pemrograman, debugging, tuning (membuat kode yang efisien), desain dan banyak lagi. Jangan membebani diri Anda dengan kebisingan, tetap sederhana dan pikirkan secara logis.

6.Kemampuan Menghadapi Kegagalan
Pemrogram jarang mendapatkan semuanya dengan benar pada percobaan pertama. Padahal, kegagalannya hampir bisa dipastikan. Penting untuk menemukan staf pemrograman yang melihat kesalahan dan bug sebagai tantangan dan bukan tanda kekalahan. Ketekunan itu penting, sekaligus kemampuan untuk memulai kembali jika perlu, bahkan setelah berjam-jam kerja. Maka gairah dalam bidangnya ini sangat diperlukan oleh orang-orang yang menggemari komputer.

7. Dapat Bekerjasama dengan Tim
Seorang programmer jarang bekerja sendiri, biarpun dia satu-satunya pengembang di sebuah perusahaan. Kemampuan untuk bekerja dengan pemrogram, pengguna bisnis, staf pemasaran dan penjualan, dan sesama programmer sangat penting. Diperlukan softskill dan kemampuan berinteraksi antar sesama rekan agar menghasilkan kinerja yang maksimal.

8.Anda belajar lebih banyak dengan membantu orang lain
Sebagian besar dari kita memiliki kecenderungan umum untuk mengubah kepala kita menuju forum atau kelompok hanya jika kita membutuhkan pertolongan. Dan lagi pemisahan yang jelas antara programmer yang baik dan istirahat bahwa pembentuk mengunjungi tempat-tempat ini lebih sering untuk membantu orang lain. Hal ini membuat mereka belajar lebih banyak kemudian mereka belajar menyelesaikan masalah mereka dengan orang lain.

9.sisihkan lebih banyak waktu dalam menganalisis masalah, Anda memerlukan sedikit waktu untuk memperbaikinya
Luangkan lebih banyak waktu untuk memahami dan menganalisis masalah dan merancang solusi untuk itu. Anda akan menemukan sisa hal-hal yang cukup mudah dilakukan. Merancang tidak selalu berarti menggunakan bahasa pemodelan dan alat, bisa jadi sesederhana melihat langit dan solusi pemikiran di dalam pikiran Anda. Mereka yang memiliki kebiasaan menekan keyboard (untuk coding) saat mendapatkan masalah, biasanya kita mengakhiri sesuatu yang berbeda dari kebutuhan.

Jika Anda tidak bisa menggabungkan keseluruhan struktur program saat mandi, Anda belum siap untuk mengkodenya. ~ Richard Pattis

10.Anda bisa belajar dari kode orang lain juga
Saya berinteraksi dengan beberapa programmer hebat yang sebenarnya memiliki proyek sumber java di dalam IDE mereka setiap saat dan membaca / merujuknya dalam pekerjaan sehari-hari. Mereka melakukannya tidak hanya untuk memenuhi selera mereka untuk mengetahui dasar-dasar tetapi juga untuk belajar cara menulis program yang bagus. Membaca dan merujuk kode sumber terbuka yang andal dan diketahui atau kode senior Anda, juga dapat membantu Anda membuat pemrograman Anda menjadi lebih baik.

Dan yang terakhir,walau tidak tercantum di atas: Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain
Perbandingan diri Anda dengan orang lain hanya akan menghasilkan evolusi perasaan negatif dan persaingan yang tidak sehat. Semua orang telah mendapatkan kekuatan dan kelemahannya.

tidak lah mudah untuk menjadi seorang programer yang handal.harus memiliki ketekunan,kerja keras dan keininginan untuk mencapai nya.

sumber :