Apa yang menyebabkan tanaman Aquascape mati ?

Aquascape

Aquascape adalah seni mengatur tanaman air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air. Aquascape biasanya terdiri dari ikan disamping juga tanaman. Walaupun bisa juga untuk menciptakan aquascape dengan tanaman saja, atau hanya dengan batu atau komponen lain tanpa ada tanaman.

Apa yang menyebabkan tanaman Aquascape mati ?

  1. Proses penanaman tumbuhan aquascape yang telah Anda lakukan sebelumnya mungkin kurang benar. Akibatnya tanaman tersebut menjadi tidak bisa tumbuh dengan sempurna. Biasanya orang awam main asal tancap saja dalam menanam tumbuhan aquascape sehingga mengakibatkan akarnya sulit tumbuh.

  2. Anda menggunakan filter yang bisa menciptakan buih-buih air. Filter ini memang baik untuk ikan, tetapi tidak bagi tanaman karena dapat mengurangi kadar CO2 terlarut di dalam air. Apalagi bila Anda memakai filter yang mengeluarkan air seperti air terjun yang dapat mengakibatkan substrat keruh dan berhamburan.

  3. Tanaman air biasanya membutuhkan suhu air yang cukup dingin dengan suhu berkisar antara 18-24 derajat celsius. Semakin dingin suhu air, maka tanaman akan tumbuh kian subur. Apabila suhu air berada di atas 24 derajat celsius, pertumbuhan tanaman menjadi berkurang hingga kondisinya sekarat.