Apa yang menyebabkan sebuah produk yang memiliki kualitas yang bagus tetapi kurang laku di pasaran? dan Bagaimana seorang manajer pemasaran mengatasi hal tersebut?

produk-tidak-laku-300x246

Setiap perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah produk yang sempurna. Memiliki segudang fitur berkelas dan berkualitas serta memenuhi kebutuhan penggunanya. Tetapi mengapa produk tersebut bisa kurang laku di pasaran?

Disini saya akan mengambil contoh kasus dari produsen smartphone LG. Pada tahun 2017 LG mengeluarkan produk smartphone mereka yang bernama LG G6. Mulai diperkenalkan pada bulan Februari dan dipasarkan pada akhir maret 2017. Walaupun sempat menuai kesuksesan , tetapi dari pihak LG sendiri mengaku bahwa penjualan dari LG G6 ini tidak sesuai dengan ekspektasi awal mereka. Padahal LG sudah mengubah konsep ponsel mereka dari desain yang lama menjadi desain kekinian (Bezel-less). Tetapi hal tersebut tidaklah mendongkrak penjualan LG G6 , bahkan dari data financial result yang dirilis oleh pihak LG, terlihat bahwa penjualan ponsel Android milik LG begitu stagnan.

Lalu, dimana letak kesalahan LG ?

Kabarnya ada beberapa hal yang membuat ponsel LG G6 kurang begitu laku dipasaran. Akan tetapi, sebab utama dari masalah ini terletak pada sang kompetitor yang satu wilayah dengan LG yakni Samsung. Seperti yang kita ketahui, LG tidak menggunakan prosesor Snapdragon terbaru (Snapdragon 835) pada LG G6 dikarenakan mereka harus menunggu Samsung selesai membuat Galaxy S8, maka dari itu ketika Galaxy S8 resmi dirilis ke pasaran, orang-orang lebih tertarik memiliki Galaxy S8 ketimbang LG G6.

Pada akhirnya kita bisa menarik kesimpulan bahwa LG G6 merupakan sebuah flagship Android yang begitu baik. Hanya saja cahayanya perlahan meredup oleh sang kompetitor (Galaxy S8) yang mana memiliki desain dan juga spesifikasi yang lebih segar. Seandainya LG bisa lebih bersabar, mungkin cerita nya akan berbeda.

Apa solusi yang mungkin bisa dilakukan oleh LG ?

Dari yang kita ketahui dari penjelasan diatas bahwa kurang laku nya produk LG G6 tersebut salah satunya disebabkan karena faktor eksternal yaitu persaingan pasar. Strategi pemasaran pada dasarnya sangat bergantung pada lingkungan persaingan pasar yang ada. Maka dari itu diperlukan strategi-strategi tersendiri dalam hal ini. ada strategi untuk memenuhi permitnaan dari lingkungan yang bersaing yaitu :

  1. Berorientasi pada pelanggan (customer)

  2. Mengutamakan Total Quality Management yaitu efektif, efisien, dan tepat.

  3. Kenyamanan (convenience)

  4. Inovasi (innovation)

  5. Kecepatan (Speed)

  6. Pelayanan dan kepuasaan pelanggan

Dari ke-enam strategi tersebut mungkin LG bisa menerapkan salah satu nya agar mempunyai keunikan tersendiri bagi pelanggan nya.

Sumber :