Apa yang menyebabkan penyakit Sembelit pada Kambing?

penyakit-sembelit-pada-kambingjpg

Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) merupakan salah satu subspesies kambing yang dipelihara atau dijinakkan dari kambing liar Asia Barat Daya dan Eropa Timur. Kambing merupakan anggota dari keluarga Bovidae dan bersaudara dengan dengan biri-biri karena keduanya tergolong dalam sub famili Caprinae. Terdapat lebih 300 jenis kambing yang berbeda-beda. Tetapi kambing rentan terkena penyakit. salah satunya Anak kambing rentan dengan penyakit diantaranya terkena gangguan pencernaan atau biasa disebut sembelit.

Penyakit Sembelit pada kambing merupakan ganguan pencernaan dimana feses kambing mengalami pengerasan feses sehingga tidak mudah untuk dibuang melalui anus yang membuat kambing akan merasa sangat kesakitan, dan jika dibiarkan dapat mengakibatkan hal yang tidak diinginkan. Fases atau kotorang tidak bisa keluar terjadi akumulasi feses dekat lubang anus yang diakibatkan oleh feses kambing yang keras.
Penyebab utama sembelit pada kambing adalah kekurangan cairan atau dehidrasi, pengaruh hormone dalam tubuh, kalainan anatomis pada system pencernaan, kekurangan asupan vitamin c, Biasanya anak kambing akan kembung karena sumbatan feses, Mengambik karena sakit, Berguling-guling seperti kambing kejang, tapi badannya tidak kaku.
Pengobatan Penyakit Sembelit Pada Kambing :

  • Siapkan minyak goring berseih dalam wadah kecil, celupkan jari kelingking dala minyak, kemudian masukkan perlahan lahan daalam anus, pastikan akumulasi feses deket lubang anus.
  • Sebagai percobaan, ambil satu persatu dengan jari kelingking, Jika bercak darah pada feses yang diambi atau jari kelingking, segera hentikan.
  • Siapkan spet atau suntikan 1 ml singkirkan jarumnya. ½ gelas air, dan sabun cair untuk bayi (missal: Johnson’s baby top to toe wash). Campurkan sabun tersebut kira-kira ¼ dari ½ air yang tersedia.