Apa yang Menyebabkan Kucing Malu atau Takut dan Bagaimana Mengatasinya?

image

Terkadang kucing lari dan menghindar saat ada orang asing masuk dirumah kita atau ketika kita ajak jalan keluar. Sebenarnya apa yang menyebabkannya? dan Bagaimana mengatasinya?

Kucing dapat mengembangkan rasa takut pada orang yang tidak mereka kenal karena berbagai alasan. Kucing rumah memiliki kepribadian unik dan beberapa hanya lebih ramah daripada yang lain. Namun, jika kucing tenang dan ramah dengan keluarganya tetapi takut pada pengunjung, itu sering kali terjadi karena ia tidak memiliki cukup pengalaman bertemu orang baru ketika ia masih sangat muda.

Agar kucing nyaman dengan semua orang, kucing harus sering memiliki kesempatan untuk bertemu banyak orang baru dan ramah. Hal tersebut bisa dilakukan saat kucing anda masih kecil, terutama antara usia dua dan tujuh minggu.

Kucing yang tidak menghabiskan banyak waktu dengan orang-orang seperti anak kucing liar mungkin tetap gelisah di sekitar orang seumur hidup mereka. Bahkan kucing yang memang bertemu banyak orang ketika kecil bisa takut pada jenis orang tertentu yang tidak sering mereka temui, seperti anak-anak, orang tinggi atau laki-laki. Memiliki pengalaman buruk dengan seseorang juga bisa membuat kucing ketakutan di sekitar orang.

Namun ketika terdapa perubahan perilaku kucing Anda secara mendadak mungkin dapat mengidentifikasi kondisi medisnya. Ketika adanya perubahan fisik atau perilaku yang tidak biasa, atau jika kucing Anda berhenti makan, temui dokter hewan Anda segera.

Berikut adalah cara mengatasi masalah kucing Anda yang pemalu atau takut, yakni :

  1. Melalukan pencegahan merupakan tindakan terbaik. Jika Anda memiliki anak kucing, beri dia banyak kesempatan untuk bertemu orang baru dari berbagai usia, ukuran, bentuk, ras dan jenis kelamin. Pastikan dia juga berinteraksi dengan orang-orang yang terlihat unik karena beberapa alasan, seperti orang-orang di kursi roda, orang-orang yang memakai topi dan kacamata, dan orang-orang berjanggut. Setiap kali anak kucing Anda mendekati orang baru, beri dia pujian, perhatian, sesi bermain atau camilan.

  2. Jika Anda memiliki kucing dewasa yang takut pada orang, cara utama untuk membantunya bersantai di sekitar tamu adalah mendorongnya untuk mendekati mereka secara bertahap dan memberinya banyak hadiah.

    Ketika anda di rumah dan ada tamu, coba hal berikut ini:

    • Minta tamu untuk membiarkan kucing mendekati mereka alih-alih mendekatinya.

    • Minta tamu Anda untuk berjongkok atau duduk sehingga mereka tampak lebih kecil dan tidak mengintimidasi kucing Anda. Tetap tenang dan menghindari kontak mata langsung juga akan membuat tamu tampak kurang menakutkan.

    • Anda atau seseorang yang menyayangi kucing dan dapat dipercayai oleh kucing Anda. Coba tawarkan camilan atau mendorongnya untuk bermain, sejauh mungkin dari tamu untuk membuatnya nyaman.

    • Jika kucing Anda tidak ingin keluar dari persembunyiannya, cobalah mengecohkannya alih-alih memberikan makanan kepadanya atau membuka kaleng makanannya, yang dapat mungkin membujuknya keluar. Anda juga dapat mencoba menutup pintu sebelum pengunjung datang sehingga kucing Anda tidak dapat bersembunyi di ruangan lain.

    • Jika kucing Anda bisa tetap cukup tenang untuk makan atau bermain pada jarak yang jauh dari pengunjung, secara bertahap membujuknya untuk mendekat dengan hadiah atau mainan.

    • Jika kucing Anda akan berada dalam jarak beberapa kaki dari pengunjung, mintalah tamu Anda untuk dengan lembut melemparkan hadiah atau mainan untuknya.

    • Kucing memiliki rentang perhatian yang pendek. Kucing Anda mungkin lebih suka pergi atau bersembunyi setelah beberapa menit. Biarkan dia pergi dan jangan merasa kecil hati. Coba saja sesi singkat lainnya nanti.

    • Obat anti-kecemasan dapat membantu meringankan rasa takut kucing Anda, terutama jika Anda sering berkunjung atau jika kucing Anda sangat ketakutan. Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang obat-obatan, hubungi ahli perilaku veteriner bersertifikasi papan atau Certified Applied Animal Behavioristist (CAAB).

  3. Berikan banyak tempat bertengger untuk kucing Anda, seperti furnitur kucing atau pohon kucing, rak, atau tempat tidur kucing di atas furnitur. Kucing Anda mungkin merasa lebih nyaman mengamati pengunjung dari tempat yang tinggi.

  4. Jika Anda tidak bisa memberi makan atau bermain dengan kucing Anda ketika pengunjung datang, jika Anda mengadakan acara besar atau keras, atau jika kucing Anda terlalu takut untuk mendekati pengunjung, buatlah tempat peristirahatan yang nyaman untuknya di ruangan yang tenang dengan pintu tertutup. Sediakan makanan, air, tempat tidur, dan kotak sampah.

    Biarkan kucing Anda tinggal di retret yang tenang sampai para tamu pergi. Selama kunjungan, sesekali pergi ke ruangan yang tenang untuk memeriksa kucing Anda dan menawarkan dia hadiah atau permainan - tetapi tutup pintu dan minta tamu Anda untuk tidak masuk.

Selain itu, terdapat hal yang tidak boleh dilakukan yaitu JANGAN memaksakan kucing Anda untuk mendekati seseorang yang ia takuti. Melakukan itu hanya akan meningkatkan rasa takutnya, dan Anda atau pengunjung Anda bisa tergores atau digigit.

Sumber:

https://pets.webmd.com/cats/guide/shy-fearful-cats#1