Apa yang menyebabkan kepala pusing saat bangun tidur?

poseng

  Keluhan pusing ketika baru bangun tidur bisa muncul secara perlahan atau tiba-tiba. Ada gejala pusing yang berlangsung singkat dan mereda dengan sendirinya dalam waktu beberapa menit. Namun, terkadang pusing saat baru bangun tidur bisa berlangsung hingga beberapa jam dan membuat penderitanya sulit beraktivitas. Saat sedang pusing, kita akan merasakan sensasi kepala terasa seperti melayang, berputar, sakit kepala, hilang keseimbangan, hingga merasa akan pingsan. Pusing yang dirasakan juga mungkin bisa bertambah parah saat berjalan, berdiri, duduk, berbaring, atau menggerakkan kepala.
  Menurut Youdics, Apa yang menyebabkan kepala menjadi pusing saat bangun tidur?
  • Dehidrasi
    Salah satu penyebab pusing saat bangun tidur yang sering terjadi adalah dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, tubuh akan terasa lemas, pusing, dan kehausan. Dehidrasi yang membuat kepala terasa pusing saat bangun tidur bisa disebabkan oleh tidur di tempat yang bersuhu panas (hipertermia), kurang minum air putih, atau terlalu banyak minum kopi, teh, dan minuman beralkohol sebelum tidur. Selain itu, dehidrasi juga bisa disebabkan oleh muntah-muntah dan diare.

  • Gula darah rendah
    Pusing setelah bangun tidur bisa menjadi pertanda bahwa kadar gula darah dalam tubuh rendah atau hipoglikemia. Berkurangnya kadar gula darah ini sering terjadi pada penderita diabetes yang mengonsumsi obat-obatan antidiabetes, seperti insulin. Selain pusing saat bangun tidur, orang yang mengalami hipoglikemia juga bisa merasakan beberapa keluhan lain, seperti tubuhnya terasa lemas, gemetar, berkeringat dingin, dan mengalami kebingungan.

  • Gagal jantung
    Gagal jantung adalah kondisi saat jantung tidak dapat memompa darah dengan baik, sehingga tidak mampu mengalirkan cukup darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Jika sudah parah, kondisi ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami beberapa keluhan, seperti bengkak-bengkak di tubuh, sesak napas, serta pusing saat bangun tidur atau melakukan aktivitas fisik tertentu, seperti naik tangga atau mengangkat sesuatu. Selain gagal jantung, keluhan pusing saat bangun tidur juga dapat disebabkan oleh masalah jantung lainnya, seperti gangguan irama jantung dan kardiomiopati

  • Efek samping obat-obatan
    Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat menimbulkan efek samping pusing. Obat-obatan tersebut meliputi antidepresan, antikejang, antihistamin, obat penurun tekanan darah, diuretik, obat penenang, dan antibiotik. Agar terhindar dari efek samping tersebut, pastikan untuk selalu membaca label dan petunjuk penggunaan obat yang akan kita konsumsi. Bila perlu, tanyakan kepada dokter tentang efek samping yang mungkin terjadi jika kita mengonsumsi obat tersebut.

Summary

Selain yang disebutkan diatas, masih ada beberapa sebab yaitu Sleep apnea, Vertigo, dan Hipotensi ortostatik, untuk lebih lengkapnya bisa di cek pada sumber berikut Alodokter

Selain penyebab yang disebutkan kak wildan diatas, salah penyebab kepala pusing setelah bangun tidur adalah Labirinitis. Labirinitis adalah infeksi virus atau bakteri pada telinga bagian dalam. Infeksi ini bisa membuat penderitanya merasakan pusing karena infeksi ini menyebabkan radang pada struktur halus teilnga bagian dalam. Bagian penting ini yang menjaga koordinasi tubuh atau keseimbangan.

Labirinitis ini membuat penderitanya sulit berdiri tegak, terutama saat bangun tidur. Untuk menanganinya kita bisa meminta obat dan perawatan dari dokter. Selain itu kita bisa mencegahnya dengan menjaga imun dan banyak minum air.

Summary

kompas.com. (1995). Bangun Tidur Kepala Pusing atau Berputar, Bisa Jadi ini Penyebabnya. Diakses pada 5 Agustus 2021, dari https://health.kompas.com/read/2020/06/05/060600268/bangun-tidur-kepala-pusing-sampai-berputar-bisa-jadi-ini-penyebabnya?page=all

Pada umumnya, pusing setelah bangun tidur terjadi akibat anjloknya tekanan darah atau karena mendadak mengubah posisi dari berbaring tiduran semalaman, jadi duduk atau langsung berdiri misalnya karena kaget dibangunkan suara alarm atau ketukan di pintu.
Ketika kita berdiri terlalu cepat, gaya gravitasi menarik paksa seluruh aliran darah langsung menuju kaki. Akibatnya, tekanan darah pun menurun dan otak tak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Otak yang kekurangan darah ini kemudian memerintahkan jantung untuk bekerja lebih keras dan memperketat pembuluh darah sebagai upaya ganti rugi guna mengembalikan tekanan darah seperti sedia kala.
Sayangnya, mekanisme ganti rugi ini kadang bisa tidak terjadi tepat waktu atau justru terhambat, sehingga kurangnya pasokan darah ke otak akan memicu timbulnya gejala. Selain bangun tidur pusing dan goyah, berdiri mendadak juga menyebabkan kebingungan, mual, atau penglihatan kabur. Gejala terjadi beberapa detik hingga menit setelah terburu-buru beranjak bangkit. Keluhan umumnya mereda dengan cepat jika kembali duduk atau berbaring.

Tapi, pusing saat bangun tidur mungkin saja disebabkan oleh banyak hal lain. Pusing yang dirasakan pun bisa menjadi pertanda suatu kondisi medis seperti yang di tulis diatas.

Sumber

hellosehat//sakit-kepala/penyebab-bangun-tidur-pusing

Tidur merupakan suatu kebutuhan bagi setiap orang guna memulihkan energi yang telah terpakai. Seseorang yang kurang tidur atau istirahat akan berdampak buruk bagi kesehatan dan juga dapat menurunkan kualitas kerja yang mereka hasilkan. Pernyataan tersebut sesuai menurut Roshifanni (2016) dalam The World Book Encyclopedia yang menyebutkan bahwa tidur dapat memulihkan energi tubuh, khususnya otak dan sistem saraf. Kualitas tidur yang buruk akan menimbulkan gangguan keseimbangan fisiologis dan psikologis dalam tubuh manusia. Fisiologi tersebut berupa penurunan aktivitas sehari-hari, mudah lelah, lemah, daya tahan tubuh menurun, dan ketidakseimbangan tanda-tanda vital. Sementara dampak psikologis meliputi depresi, cemas, dan tidak konsentrasi (Bukit, 2003) dalam Roshifanni (2016).

Dengan demikian, seseorang yang kurang tidur atau memiliki kualitas tidur yang buruk pun ketika bangun seringkali menyebabkan kepala menjadi pusing. Fenomena tersebut tentunya pernah aku alami. Dilansir dari Alodokter.com, sakit kepala saat bangun tidur dapat terjadi karena beberapa faktor yang diantaranya sebagai berikut.

  1. Insomnia, hal ini dapat menjadi pemicu terganggunya siklus tidur sehingga membuat sakit kepala.
  2. Migrain atau sakit kepala.
  3. Kesulitan bernafas saat tidur (sleep apnea), merupakan gangguan yang menyebabkan pernapasan penderitanya terhalang selama beberapa detik ketika tidur. Hal ini menyebabkan kadar oksigen dalam otak berkurang, sehingga memicu seseorang sakit kepala saat bangun tidur.
  4. Kebiasaan menggemeratakkan gigi (bruxism), hal ini karena kebiasaan tersebut dapat membuat kualitas tidur menjadi berkurang.
  5. Gangguan kecemasan dan depresi. Seseorang yang cemas atau depresi cenderung sulit tidur dan mengalami insomnia sehingga dapat mengalami sakit kepala saat bangun tidur.
Sumber

Roshifanni, Shofa. 2016. Risiko Hipertensi Pada Orang Dengan Pola Tidur Buruk (Studi di Puskesmas Tanah Kalikedinding Surabaya). 4(3): 408-419

Adrian, Kevin. 2021. Sering Sakit Kepala saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya, Sering Sakit Kepala saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya - Alodokter, diakses pada 18 Agustus 2021.

Penyebab lain munculnya pusing saat bangun tidur adalah:

  1. Sleep apnea
    Bagi mereka yang mengalami sleep apnea, pola bernapas saat tidur mengakibatkan munculnya pusing saat bangun tidur. Sleep apnea sebetulnya adalah kondisi pernapasan yang mengalami gangguan.

  2. Dehidrasi
    Salah satu penyebab paling umum adalah dehidrasi. Kondisi ini terjadi pada orang yang minum alkohol menjelang tidur.

  3. Gula darah rendah
    mengindikasikan kondisi gula darah rendah. Kondisi ini biasa terjadi pada orang belum makan sehingga merasa lemas dan pusing

(https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5349495/bangun-tidur-malah-pusing-berikut-penyebab-dan-cara-mengatasinya)

Merasa pusing saat bangun tidur biasa terjadi sesekali pada banyak orang. Kondisi pusing saat bangun tidur tidak terjadi dengan sendirinya. Pusing mengindikasikan ada gejala atau kondisi tertentu yang sedang terjadi dalam tubuh.

Pusing saat bangun tidur ditandai kepala yang terasa ringan, kamar seperti berputar, dan terjadi ketidakseimbangan. Ketika pusing saat bangun tidur terjadi, biasanya jalan ke kamar mandi terasa sangat sulit.