Apa yang menyebabkan internet di Indonesia lambat?

internet merupakan salah satu kebutuhan yang bagi beberapa orang sangatlah penting. namun, seringkali kekecewaan bahkan emosi muncul akibat kecepatan internet yang lambat khususnya di indonesia. bisakah anda memberikan pendapat apa yang menyebabkan internet di indonesia lambat?

Internet bisa dibilang merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat di seluruh pelosok dunia pada saat ini, bahkan ada sebagian orang yang merasa bahwa internet merupakan kebutuhan nomer satu bagi dirinya yang tak tergantikan. Dalam hal ini, bagian dari internet yang paling berpengaruh adalah kecepatan dari internet itu sendiri karena berkemungkinan besar untuk mempengaruhi emosi dari penggunanya. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kecepatan internet yang relatif lambat. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, diantaranya adalah :

  1. Kondisi geografis
    Dengan bentuk negara kepulauan mengakibatkan Indonesia kesulitan dalam hal akses untuk memberikan layanan internet secara menyeluruh serta dengan terpisah oleh lautan membuat hal ini menjadi semakin buruk sehingga secara tidak langsung mengakibatkan rendahnya kecepatan internet.

  2. Network provider
    Dengan banyaknya penyedia layanan internet di Indonesia juga termasuk penyebab rendahnya internet di Indonesia. Semakin banyaknya provider maka bandwidthnya akan semakin terbagi bagi sehingga tiap provider akan mendapat sedikit bagian yang berimbas pada rendahnya kecepatan internet.

  3. Infrastruktur
    Infrastruktur dari sebuah network sangat berpengaruh terhadap kecepatan yang dimilikinya. Pada saat ini masih sedikit provider yang menggunakan fiber optik pada koneksinya padahal fiber optik memiliki kecepatan yang tinggi karena menggunakan cahaya sebagai media transfernya. Namun kebanyakan provider saat ini masih menggunakan koneksi wireless / tanpa kabel sehingga belum bisa menyaingi kecepatan fiber optik.

  4. Spyware dan virus
    Tidak semua penyebab rendahnya kecepatan internet berasal dari penyedianya. Perangkat yang kita gunakan bisa saja menjadi salah satu penyebabnya. Sebagai contoh mungkin kita pernah menemui pada saat browsing di internet, lalu saat kita melakukan klik pada sebuah link yang ternyata palsu bahkan hanya asal klik tiba tiba terbuka sebuah halaman baru yang tidak kita inginkan. Jika hanya terbuka satu atau dua kali mungkin tidak terlalu berpengaruh, namun jika terbuka secara terus menerus dan sangat banyak maka spyware dan virus lah yang menjadi tersangka dalam hal ini sehingga performa internet akan terpengaruh hal tersebut.

Berdasarkan ke-empat hal diatas, bisa kita simpulkan bahwa penyebab rendahnya kecepatan internet khususnya di Indonesia adalah faktor biaya. Kualitas internet berbanding lurus dengan biaya yang dihasilkan pula ditambah lagi dengan kondisi geografis Indonesia yang luas dan kepulauan sehingga untuk menyediakan layanan internet yang berkecepatan tinggi dan juga merata dibutuhkan biaya yang luar biasa banyak.

Sumber :
https://www.quora.com/Why-is-the-internet-speed-in-Indonesia-generally-quite-slow

Tidak dapat dipungkiri lagi jika jaringan internet di Indonesia tegolong lambat. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki jaringan internet yang buruk. Hal ini bukan tanpa sebab, ada beberapa hal yang membuat jaringan internet di Indonesia lambat, yaitu :

1. Faktor geografis Indonesia yang luas dan banyak pegunungan

Wilayah Indonesia yang sangat luas dan memiliki banyak pegunungan memiliki keuntungan dan kerugiannya sendiri. Salah satu kerugian yang ditimbulkan dari faktor geografis Indonesia ini adalah tidak meratanya pembangunan infrastuktur. Hal ini membuat ada beberapa daerah yang memiliki infrastuktur yang memadai seperti di daerah perkotaan dan ada juga daerah yang masih belum memiliki infrastuktur yang baik.

Kondisi geografis di Indonesia membuat provider sulit untuk membangun infrastuktur. Wilayah Indonesia yang memiliki beribu-ribu pulau serta banyaknya gunung membuat para provider harus membangun banyak infrastuktur jaringan di banyak tempat agar jaringan dapat dijangkau di seluruh pelosok negeri. Namun mahalnya biaya infrastuktur dan biaya operasional yang harus dikeluarkan membuat provider enggan untuk membangun banyak infrastuktur jaringan sehingga ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki jaringan internet lemot dan bahkan masih belum terjangkau internet.

2. Pengguna internet di Indonesia yang tinggi

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang terbanyak. Hampir setengah dari semua populasi di Indonesia adalah pengguna internet. Tingginya pengguna internet tentunya akan memperlambat jaringan itu sendiri karena server harus membagi arus ke banyak user, apalagi disaat jam-jam sibuk dimana banyak orang yang mengakses internet secara bersamaan.

3. Infrastuktur belum maksimal

Kurang maksimalnya pengelolaan dan pembangunan infrastuktur sedikit banyak berkontribusi terhadap lambatnya jaringan internet di Indonesia. Ada sejumlah infrastuktur seperti Fiber Optic (FO) yang masih belum terpakai. Hanya daerah tertentu seperti Jakarta dan beberapa kota besar yang memiliki koneksi mumpuni, namun sayangnya di sejumlah lain seperti kota-kota kecil dan di pelosok yang belum terjangkau dengan internet.

4. Provider internet yang terlalu banyak

Banyaknya provider yang ada di Indonesia tidak selalu menjadi keuntungan. Terhitung kurang lebih ada 9 provider yang ada di Indonesia. Hal ini membuat pembangunan jaringan menjadi tidak efisien karena setiap provider akan mendapatkan spektrum jaringan yang kecil karena harus saling berbagi dengan provider lain yang ada. Dampaknya kualitas internet di Indonesia menjadi menurun. Selain itu promo besar besaran yang dilakukan para provider untuk menjaring pelanggan yang dapat membuat meningkatnya pengguna internet dan membuat jaringan internet semakin lambat.

5. Mahalnya Biaya Hak Penyelenggaraan (BHP)

Provider yang akan memasang jaringan di Indonesia diwajibkan untuk membayar Biaya Hak Penyelenggara dengan nominal yang sangat tinggi. Hal ini membuat perusahaan- perusahaan tersebut melakukan segala cara agar modal mereka bisa kembali. Hal ini berdampak pada kualitas jaringan internet yang mereka tawarkan, misalkan jika teknologi 3G yang belum kembali modal, otomatis investasi operator pada jaringan berikutnya seperti jaringan 4D/LTE jelas tidak mungkin dilakukan.

Sumber :


sumber : https://i.ytimg.com/vi/OStPrcq52ZA/maxresdefault.jpg

1. Belum Memiliki koneksi Internasional

Indonesia tidak memiliki koneksi langsung ke jaringan internasional yang berpusat di amerika, Sehingga koneksi internet harus melalui beberapa negara terlebih dahulu seperti Singapura , Hongkong , Hawai dan berakhir di Amerika.

2. Tingginya tingkat pengguna internet di Indonesia

Indonesia tercatat sebagai Negara dengan pengguna internet terbanyak ke-8 di dunia , dan untuk wilayah Asia Pasifik, Indonesia berada di posisi ke-4 setelah Tiongkok,india dan jepang. Hampir sekitar 22,4% dari seluruh total populasi Indonesia adalah pengguna internet. Hal ini merupakan salah satu faktor yang membuat lambatnya internet di Indonesia

3. Persaingan Promo Antara Operator seluler penyedia layanan internet

Selain banyaknya jumlah operator seluler penyedia layanan internet di Indonesia , program promosinya –promosinya pun juga mempengaruhi tingkat kecepatan koneksi internet di Indonesia. Wajar apabila koneksi internet di Indonesia sangat lambat karena program program promosi tersebut bertujuan menjaring pelanggan cenderung membuat kualitas jaringan menurun.

4. Biaya hosting Server berbayar Indonesia Masih Mahal

Bila diantara anda ada yang pernah ingin ataupun sudah membangun sebuah website dengan menggunakan hosting server , tentu anda mengetahui jika biaya dengan server lokal lebih mahal dibandingkan server luar negeri. Memang benar bahwa kecepatan server hosting di luar Indonesia lambat namun dengan harga murah . inilah yang membuat kebanyakan para pengguna internet dari indonesia yang kebetulan berkunjung ke website dengan layanan hosting luar negeri akan merasakan lambatnya loading website tersebut.

Daftar Pustaka:


https://sharehovel.blogspot.co.id/2013/10/7-faktor-penyebab-koneksi-internet-di.html