Apa yang menjadi penyebab gagalnya manajer pemasaran dalam menjalankan tugasnya?

Suatu manajemen pemasaran yang baik akan mempengaruhi berkembangnya dan majunya sebuah usaha, namun perlu diketahui bahwa banyak faktor yang membuat gagalnya suatu manajemen pemasaran. Menurut anda, apa sajakah faktor yang memiliki andil dalam gagalnya seorang manajer pemasaran?

Komunikasi merupakan salah satu kunci pentiing dalam kegiatan pemasaran, dalam segala macam produk maupun jasa. Namun sebuah produk atau jasa dapat menguntungkan atau berjalan sebagai mestinya jika seorang manajer pemasaran dapat mengatur suatu regulasi barang dengan baik dan benar, namun dalam hal ini manajer yang masih belum memiliki pengalaman lebih akan mengalami berbagai kegagalan, berikut kegagalan yang harus diwaspadai

  1. Gagal mengenai sasaran, kita harus mengenali kondisi betul pasar. Kegagalan yang sering terjadi yaitu produk barang atau jasa kurang mengenai target pasar.

  2. Hanya mengejar peningkatan penjualan, selama peluncuran peoduk seringkali hanya memikirkan pada usaha peningkatan penjualan dan sales promotion tanpa mengenali karakter konsumen. Jika suatu brand image tidak dipertahankan pencitraanya maka akan tenggelam dalam benak konsumen karena adanya bombardir ddari iklan merek lain yang bertubi-tubi, hal ini bisa terjadi karena kesalahan komunikasi dalam iklan.

  3. Manajer tidak menyesuaikan situasi yang sedang berkembang.

  4. Tingkat partisipasi yang rendah, setiap bisnis tentu memiliki jejaring atau hubungan satu orang dengan lainnya. Disinilah faktor kurangnya partisipasi dari karyawan, pemilik, kepala bagian, dan pihak-pihak lain berperan besar terhadap penurunan penjualan.

  5. Rasa pesimis, pandangan pesimis merupakan penghalang besar bagi cia-cita pribadi dan cita-cita perusahaan. selain itu sikap pesimis merupakan satu hal yang akan memberikan damppak negatif bagi penjualan.

  6. Sikap sok tahu, dalam manajemen penjualan, sikap manajer yangs sepert ini tidak membantu. Ketika seorang manajer melakukan tindakan sok tahu, maka anda akan merasa lebih dibandingkan orang lain. Hal ini manajer menganggap derajat pengetahuan orang lain dibawahnya. Hal ini akan menjadi penghalang karena tidak adanya rasa ingin tahu yang besar.

  7. Tidak ingin menyelesaikan masalah, janganlah seorang manajer melakukan sikap cuek terhadap segala masalah yang berkaitan dengan manajemen penjualan, selesaikan setiap masalah yang ada dengan cara yang efektif dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Referensi