Apa yang Menjadi Motivasi Kalian Untuk Kembali Bangkit Ketika Lelah dan Stress Dengan Perkuliahan?

Selama kuliah kita pasti sering merasakan kondisi naik turun yang bisa mempengaruhi kegiatan perkuliahan kita. Apalagi ketika kita sedang banyak tugas, sibuk berorganisasi, dosen yang galak, atau bahkan merasa tidak cocok dengan jurusan yang kita ambil. Saat kondisi seperti itu terjadi tidak jarang dari kita merasa ingin pindah jurusan atau berhenti kuliah. Namun, meskipun ingin berhenti terkadang kita memikirkan kembali usaha yang telah lakukan untuk sampai di titik ini.

Lalu, untuk teman-teman semua apa sih yang menjadi motivasi kalian ketika kalian merasa seperti itu dan akhirnya bisa bangkit bersemangat lagi? Yuk kita sharing disini

Wah justru aku sendiri menjadikan stres itu motivasi hehe.
Karena kesibukan yang engga hanya berkutat pada akademik, tapi juga organisasi, ukm, komunitas, aku jadi termotivasi untuk menyelesaikan semua itu dengan segera. Motivasinya kurang lebih seperti ini, “Kalau kamu engga ingin stres, ya kerjain, cepetan! semakin cepet selesai, makin cepet bisa rebahan!”

Aku juga seorang yang suka K-Pop, jadi motivasi lainnya adalah menonton video comeback atau live ata variety show. Aku selalu mendoktrin diriku sendiri, kalau aku tidak bisa menyelesaikan pekerjaan itu sesuai target yang telah aku tentukan sendiri, ya berarti aku tidak memiliki kesempatan untuk nonton bias-biasku :rofl: jadinya ketika lelah atau capek atau pusing, bisa otomatis bangkit dan tersadar untuk menyelesaikan tugas-tugas yang terus beranak pinak.

Motivasi-motivasi itu masih aku pegang sampai sekarang dan selalu berhasil.

1 Like

Terkadang ketika aku sendiri sudah merasa mulai stress dan merasa unmotivated, aku akan istirahat sejenak dan melakukan me time atau makan makanan favorit, hanya untuk sekadar menghilangkan stress dan mengembalikan mood saja dulu. setelah itu mencoba untuk mengingat lagi “Apa sih tujuan hidupmu?” dan terkadang mulai memikirkan mimpi-mimpi apa saja yang ingin aku gapai, dengan begitu aku menjadi merasa termotivasi lagi dan bersemangat lagi…

1 Like

Menjadi mahasiswa semester akhir, pastinya sudah melalui banyak naik turun kondisi yang berpengaruh pada kegiatan perkuliahan. Faktor dari dalam diri sendiri, keluarga, pertemanan, hingga lingkungan kampus pun bisa dengan mudah menjadi penyebab perubahan kondisi.Tidak jarang perubahan kondisi tersebut mengakibatkan adanya pikiran untuk pindah jurusan atau berhenti mengerjakan tugas dan menelantarkannya begitu saja.

Ketika mengalami kondisi seperti itu, kata semangat yang diucapkan oleh teman atau postingan motivasi di media sosial pun tidak bisa menjadi sesuatu yang cukup besar untuk menggerakkan diri sendiri. Saya rasa, salah satu cara untuk memotivasi diri agar bangkit adalah dengan mengingat alasan kita memulai suatu hal. Apa yang membuat kita memutuskan untuk berkuliah, apa yang menjadi alasan kita memilih jurusan tersebut, apa yang sudah kita lalui sejauh ini untuk mencapai titik tersebut, juga bagaimana usaha kita selama ini.

Selain itu, motivasi utama saya untuk bangkit ketika lelah dan stress akibat perkuliahan adalah semakin lama saya merasa terpuruk dan menunda tugas, maka akan semakin banyak waktu istirahat yang terkuras nantinya. Saya menerapkan target-target kecil serta self-reward yang mana cukup membantu saya untuk memotivasi diri.

1 Like

Memang tidak dapat dipungkiri, kita semua pasti pernah mengalami jenuh dan penat ketika bekerja ataupun di perkuliahan. Banyakanya tanggung jawab dan tugas yang harus diselesaikan, target yang harus dicapai, dan deadline yang menumpuk seringkali menjadi beban bagi saya sebagai seorang mahasiswa dalam dunia perkuliahan sehingga dari rutinitas tersebut mampu menurunkan semangat dan motivasi kita dalam belajar.

Kalau motivasi saya menurun, hal yang saya lakukan ialah dengan mengingat kembali tujuan awal saya berkuliah. Yap, setiap orang pasti punya tujuan tertentu untuk masuk ke dunia perkuliahan. Entah itu hanya untuk mendapatkan pekerjaan nantinya, menimba ilmu, membahagiakan orang tua, atau tujuan-tujuan lainnya. Ingat, jika kita terus bermalas-malasan dan kurang semangat maka tujuan kita akan sulit tercapai. Selain mengingat tujuan awal, hal yang saya lakukan untuk meningkatkan motivasi ialah selalu bersyukur karena tidak semua orang diberikan kesempatan untuk berkuliah. Sebagai seorang yang memiliki privilege tersebut, kita harus manfaatkan sebaik mungkin dengan memberikan yang terbaik. Tidak hanya itu, saya juga melakukan self-reward seperti jalan-jalan, kulineran, atau membeli sesuatu sebagai bentuk penghargaan atas diri saya sendiri karena sudah berjuang menyelesaikan semuanya sejauh ini.

1 Like

Motivasi maupun semangat saya ketika stres dalam dunia perkuliahan adalah, Cita-cita dan Orang tua. Kerap kali ketika dihadapkan dengan tugas-tugas mata kuliah yang selalu diberikan dosen setiap harinya, praktikum disetiap Minggu, kegiatan organisasi maupun mata kuliah tambahan wajib yang tidak boleh dilewatkan, menjadikan saya pada waktu itu sangat bosan. Sempat berpikir untuk bersantai sejenak dan menunda beberapa tugas untuk pergi berlibur melepas penat. Tapi saya salah, semakin saya menunda bahkan tidak peduli akan tugas-tugas tersebut. Semakin banyak tugas yang harus saya kerjakan bahkan akan menambah saya menjadi stres jika tidak mencicil ataupun menyelesaikan tugas tersebut. Suatu waktu motivasi saya tumbuh dari sebuah tontonan disosial media tentang sebuah mimpi yang ingin diraih. Dari situ saya mulai membuat deadline untuk pengerjaan tugas dengan diselingi istirahat entah itu menonton film kesukaan ataupun ngemil dengan cemilan yang membuat mood saya kembali untuk bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas yang membuat saya stres

Sebagai mahasiswa semester akhir, kadang merasa beban semakin berat dengan tugas-tugasnya. Namun, sering berpikir “kerjain aja dulu, sisanya serahin aja dengan yang di atas”. kadang mikir seperti ini jadi motivasi walau terkesan sepele.

Aku disaat benar-benar suntuk, aku tidur atau keluar rumah sekedar buang bensin. Biasanya kita lebih sering menyelesaikan semuanya dan setelah itu baru merenung atau merasa jenuh. Nah untuk mengembalikan semangat ya dengan mencari hiburan, hal kecil bisa menjadi hiburan atau bersabar untuk beli yang lebih wow.

Yang menjadi motivasi saya untuk bangkit adalah semua hal di dunia ini butuh proses dan memerlukan kerja keras untuk menggapai apa yang kita inginkan, selain itu orang tua, melihat pengorbanan orang tua yang terus bekerja demi bisa merawat, membesarkan dan memberikan pendidikan yang layak bagi saya, membuat saya terus semangat karena saya memiliki mimpi untuk dapat memberikan kehidupan yang layak bagi mereka saat di usia tua dan juga bisa membalas budi kepada orang tua.

Jika sedang mengalami masalah sebaiknya jangan dipendam sendiri, bicara dan jujur kepada orang tua karena membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih lega, Jika terkait masalah perkuliahan bisa berdiskusi dengan teman ataupun orang yang paham dengan bidang perkuliahan itu. Untuk membangkitkan mood biasanya saya suka mendengarkan lagu yang saya suka ataupun menonton film dan bermain game, hal itu membuat saya merasa lebih rileks dan tenang.