Apa yang menjadi landasan dibentuknya Asian Development Bank (ADB)?

Asian Development Bank (ADB) merupakan salah satu organisasi perdagangan dunia yang ada di Asia. Apa yang menjadi landasan dibentuknya ADB?

image

Asian Development Bank (ADB) didirikan pada tanggal 19 Desember 1966 di Manila dan ditandatangani oleh 31 negara. Lembaga ini dibentuk sebagai tindak lanjut atas prakarsa yang dicetuskan pada konfrensi tingkat menteri negaranegara ECAFE (Economic Commission for Asia and the Far East) bulan Desember 1963 di kota yang sama.96 Sebagai salah satu lembaga keuangan internasional, ADB menunjukkan perhatian yang cukup besar dalam membantu pembangunan negara-negara berkembang di Asia. Pemberian bantuan ADB tersebut dilatar belakangi oleh pertimbangan adanya himbauan dan permintaan dari badan-badan internasional kepada negaranegara maju untuk ikut serta di dalam membantu negara-negara yang sedang berkembang di Asia (Development Member Countries/DMCS).

Keanggotaan ADB terbuka bagi negaranegara anggota Economic and Social for Asia and the Pacific (ESCAP), negara-negara dari kawasan regional lainnya dan negara-negara maju (bukan di wilayah Asia) yang menjadi anggota PBB (United Nations), serta lembaga khusus (Special Agencies) PBB. Sampai dengan 31 Desember 2001 anggota ADB berjumlah 59 negara yang terdiri atas 43 negara regional (Asia) dan 16 negara non regional (di luar Asia). Komposisi dari negara anggota tersebut adalah sebagai berikut, 41 merupakan tergolong negara berkembang dan 18 negara merupakan negara maju.

Referensi

Apridar. 2007. Ekonomi Internasional. Universitas Malikussaleh Press .