Apa yang menjadi indikator atau metrik untuk mengukur kesuksesan sebuah pertumbuhan Startup?

manajemen_produk

(Adnanda) #1

Di era serba teknologi saat ini, persaingan dalam mempertahankan nilai kompetitif sebuah Startup sangat diperhatikan. Sudah banyak produk Startup yang akhirnya tenggelam karena kurang memperhitungkan sejauh mana produk tersebut berkembang untuk dapat terus bersaing. Bahkan Startup kecil pun masih bingung dalam menilai apakah produknya sudah sukses diterima di dalam masyarakat atau belum.

Untuk itu, faktor pertumbuhan sebuah Startup merupakan hal yang penting untuk diperhatikan apabila produk tersebut masih ingin bersaing dan mempunyai nilai jual. Selain itu, dalam mengukur kesuksesan sebuah Startup harus benar-benar melihat dari segi yang memang sesuai sebagai bahan acuannya agar tidak salah dalam menilai.


Apakah yang dimaksud dengan aliran kas atau cashflow ?
(Royan) #2

Menurut saya untuk mengukur sebuah produk Startup yang sudah berkembang, beberapa poin ini bisa diperhatikan dalam menilai kesuksesan sebuah produk Startup :

  1. Revenue Run Rate, membantu Anda melihat seberapa besar kemungkinan Anda mencapai perkiraan, menangkap tren yang terarah, pola, dan masalah potensial dengan strategi penetapan harga yang telah ditentukan.

  2. Customer Acquisition Cost (CAC), mengukur berapa biaya Anda untuk menarik setiap pelanggan dan Rata-rata Pendapatan Per Pengguna atau bisa disebut Average Revenue Per User (ARPU) untuk mengukur kontribusi rata-rata pelanggan terhadap pendapatan.

  3. Churn Rate, menunjukkan seberapa baik Anda berpegang dan menyikapi dengan pelanggan. Nilai absolut penting dalam hal ini seperti halnya trennya.

  4. Burn Rate, mengetahui seberapa cepat Anda kehabisan uang, seberapa dekat Anda untuk merusak aktivitas yang ada, dan kapan Anda akan mulai menghasilkan keuntungan.

  5. Operational Efficiency, mengetahu ukuran dengan rasio penjualan, administrasi dan umum atau bisa disebut Selling, General and Administrative (SGA) terhadap penjualan dan memberikan gambaran laba atas belanja Anda.

  6. Gross margins, menunjukkan seberapa efektif tim Anda, penunjang yang beroperasi mendorong pertumbuhan, dan seberapa dekat Anda dengan titik-titik infleksi.


(Nabila Aulia Anwar) #3

Berikut ini adalah alasan yang dapat mengukur kesuksesan sebuah bisnis startup, yaitu :

  1. Visi
    Sebuah perusahaan akan mampu tumbuh dan berkembang jika mereka memiliki visi yang kuat. Sebuah visi terkadang diciptakan dengan tujuan untuk memacu semangat bagi sebuah perusahaan. Ketika Anda membuat atau menentukan visi dari perusahaan Anda, jangan takut untuk memiliki sebuah visi yang besar. Hal ini secara otomatis akan memacu semangat dan tentu saja kinerja dari perusahaan Anda. Bagi sebuah bisnis startup, visi adalah hal pertama yang perlu diperhatikan, agar perusahaan mampu tumbuh dan berkembang dengan besar.

  2. Kecepatan
    Kecepatan merupakan salah satu hal yang harus menjadi perhatian besar bagi sebuah bisnis startup. Menyelesaikan sesuatu dengan cara yang cepat adalah salah satu dari banyak alasan mengapa startup mampu mencapai tujuan dan visi mereka. Itu yang menjadi perbedaan ketika startup mampu untuk bergerak jauh dan lebih cepat dari para pesaing mereka. Sebuah bisnis startup yang sukses, tidak akan pernah menunda proses untuk mendapatkan dan mengerjakan sesuatu.

  3. Anggaran
    Sebuah bisnis tidak akan bisa dipisahkan dari anggaran yang akan dibutuhkan dan digunakan. Sebuah startup yang suskes adalah startup yang efisien dalam mengelola keuangan dan mampu menjaga kestabilan keuangan mereka. Anda harus mampu memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apa yang dibutuhkan perusahaan, dalam rangka untuk mencapai tujuan dengan anggaran yang sesuai. Ketika sumber daya terbatas, dan waktu menjadi sebuah esensi, perusahaan perlu menguasai keterampilan mengelola keuangan dengan baik.

  4. Keterampilan Sosial
    Koneksi adalah alasan lain mengapa sebuah bisnis startup bisa mencapai kesuksesannya. Bagaimana bisa sebuah bisnis baru mampu tampil dan dikenal banyak orang tanpa sebuah relasi? . Sebuah startup yang besar akan memiliki pemimpin yang luar biasa. Bukan hanya mampu bekerja dan memimpin dengan baik perusahaannya, namun juga mampu membagi waktu dengan berorganisasi. Salah satu alasan untuk berorganisasi adalah mencari dan memiliki koneksi yang luas dan beragam. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan startup. Di sisi lain, para pemimpin startup perlu menginspirasi orang dan memberi mereka alasan untuk mengikutinya melalui jalan tertentu.

  5. Kemampuan beradaptasi terhadap perubahan
    Perubahan dalam segala hal akan terus bermunculan, salah satunya dibidang teknologi. Startup yang baik akan selalu sedia untuk beradaptasi dengan teknologi baru. Mampu Beradaptasi dengan perubahan, akan membawa kita menemukan terobosan – terobosan baru untuk bisnis kita. Untuk tahun – tahun pertama, sebuah bisnis startup akan mengalami banyak perubahan untuk bisa beradaptasi dengan situasi saat ini. Hingga mampu menemukan rahasia yang membuatnya mampu bertahan dan mengembangkan prestasi yang dimiliki.

  6. Manajemen waktu
    Bagi sebuah bisnis startup waktu adalah hal yang sangat diperhatikan. Keberhasilan perusahaan bergantung pada produktivitas dan efektivitas tim untuk melakukan lebih banyak hal dalam waktu yang minim. Anda bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu, namun alangkah baiknya jika Anda juga memperhatikan prioritas apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis startup tersebut.

  7. Eksekusi
    Dan yang terkahir adalah eksekusi. Sebuah bisnis startup tentunya memiliki banyak ide – ide yang kreatif. Sekitar 98% dari kesuksesan sebuah bisnis startup adalah dari eksekusi ide yang ada. Pengalaman dari tim sangat penting sebagai latar belakang mereka mengeksekusi ide – ide yang bermunculan. Startup yang sukses selalu mencari kesempatan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dengan ide – ide yang muncul, sekalipun itu ide yang terbilang tidak mungkin untuk dilakukan. Mereka akan belajar dari setiap kesalahan yang mereka lakukan dan memperbaikinya secepat mereka belajar untuk mencapai kesuksesan.

Referensi

http://mebiso.com/11-alasan-mengapa-sebuah-bisnis-startup-bisa-sukses/