Apa yang membuat seseorang memiliki gengsi tinggi?

Gengsi membuat orang tak mau menerima kesalahan, enggan minta maaf, menolak bantuan orang lain, dan lebih suka melakukan segala sesuatunya sendiri. Sikap ini bisa dihilangkan dengan mengakui kelemahan dan terbuka menerima kritikan. Saat berada di depan orang lain, berbagai cara seringkali dilakukan untuk menjaga kehormatan dan harga diri Bahkan, beberapa orang memilih untuk berbohong supaya mereka tidak terlihat buruk atau lemah di mata orang lain. Nahh, youdics menurutmu apa sih yang membuat seseorang memiliki gengsi tinggi?

https://www.sehatq.com/artikel/cara-menghilangkan-gengsi

2 Faktor yang mempengaruhi gengsi

  1. Tuntutan Lingkungan
    maksudnya adalah, situasi lingkungan yang tidak baik dan terdapat kesenjangan sosial. Hal ini yang menyebabkan masyarakat untuk mencoba agar terhindar dari kesenjangan tersebut, maka dari itu, mereka mencoba menaikkan ego mereka dan timbulah gengsi tersebut

  2. Memiliki sifat keras kepala
    Gengsi tidak selamanya selalu berkaitan dengan harta dan benda. Ada kalanya juga orang sulit mengaku kalah lantaran gengsi. Parahnya lagi bila ia keras kepala karena harga diri sehingga tidak akan melakukannya.

Menurut para psikolog, gengsi pada seseorang umumnya timbul akibat rasa tidak percaya diri dan rasa malu untuk mengakui kelemahan diri sendiri. Nah, kalau gengsi ini dibiarkan begitu saja, rasa tersebut bisa semakin parah dan memengaruhi gaya hidupmu. Itulah kenapa gengsi disebut-sebut bisa membuatmu mengalami masalah finansial. Sebab gaya hidupmu nanti akan dipenuhi rasa gengsi bila tidak membeli barang mewah.

Orang-orang yang memiliki rasa gengsi yang tinggi, biasanya akan melakukan berbagai macam cara untuk bisa terlihat sejajar atau bahkan lebih tinggi daripada orang lain. Sejatinya, mereka tidak ingin dipandang rendah, dan tidak ingin menunjukkan kelemahannya pada orang lain. Lebih parahnya lagi, mereka yang gengsinya sudah akut bisa-bisa kerap berbohong demi menjaga harga dirinya di hadapan orang lain. Ia akan berpura-pura memiliki segalanya, padahal aslinya tidak memiliki apa-apa. Ia akan memaksakan terpenuhinya keinginan padahal sebenarnya tidak mampu untuk membelinya. Kadang kita membencinya, tapi kadang bisa terjadi tanpa disadari.

Maka dari itu, yuk kita buang rasa gengsi. Pakar Perilaku Konsumen dari MB-IPB dan penulis buku Consumer Behavior , Ujang Sumarwan, mengatakan bahwa kalau gengsi bisa makin melekat pada diri seseorang jika dibiarkan.

Referensi

Smart Money. (2019). https://smart-money.co/lifestyle/tanpa-disadari-ternyata-ini-penyebab-manusia-punya-rasa-gengsi Diakses pada tanggal 1 September 2021

Ya,memang Sadar atau tidak, terkadang kita sulit menahan rasa gengsi. Padahal kita tahu kalau gengsi itu bisa mengakibatkan keuangan terganggu. saya setuju dengan pendapat @Navyani Menurut para psikolog, gengsi pada seseorang umumnya timbul akibat rasa tidak percaya diri dan rasa malu untuk mengakui kelemahan diri sendiri. Nah, kalau gengsi ini dibiarkan begitu saja, rasa tersebut bisa semakin parah dan memengaruhi gaya hidupmu.Itulah kenapa gengsi disebut-sebut bisa membuatmu mengalami masalah finansial. Sebab gaya hidupmu nanti akan dipenuhi rasa gengsi bila tidak membeli barang mewah.

Tak percaya? Begini. Orang-orang yang memiliki rasa gengsi yang tinggi, biasanya akan melakukan berbagai macam cara untuk bisa terlihat sejajar atau bahkan lebih tinggi daripada orang lain. Sejatinya, mereka tidak ingin dipandang rendah, dan tidak ingin menunjukkan kelemahannya pada orang lain.

Lebih parahnya lagi, mereka yang gengsinya sudah akut bisa-bisa kerap berbohong demi menjaga harga dirinya di hadapan orang lain. Ia akan berpura-pura memiliki segalanya, padahal aslinya tidak memiliki apa-apa. Ia akan memaksakan terpenuhinya keinginan padahal sebenarnya tidak mampu untuk membelinya.