Apa yang membedakan bahasa pemograman Java dengan yang lainnya?

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal.

Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi.

Apa yang membedakannya dengan bahasa pemograman lain?

1 Like

Java dirancang untuk menjadi bahasa yang sederhana, meminimalkan kesalahan, namun tetap tangguh. Itu lah yang membedakannya dengan bahasa pemrograman yang lain. Suatu aplikasi Java ditulis dalam bahasa Java dan memanfaatkan Java API (Application Programming Interface). Java API berisi koleksi class-class siap pakai yang mempermudah dalam penulisan aplikasi.

Berikut berapa keunggulan java yang membedakannya dengan bahasa pemrograman lain:

  1. Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin /bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OSdan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikanbytecode tersebut.

  2. OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis oebjek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

  3. Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.

  4. Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.

  5. Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Sumber : Benefits of Java over Other Programming Languages
https://www.linkedin.com/pulse/20140823100549-62689525-why-java-is-better-than-other-programming-languages

Perbedaan atau keunggulan bahasa pemrograman java dengan bahasa pemrograman lain setelah dikutip dari berbagai sumber adalah :

  1. Multiplatform
    Java dapat dijalankan di beberapa platform/system operasi computer.

  2. OOP
    Pemrograman berorientasi pada objek.

  3. Class Library nya lengkap
    Class library java merupakan kumpulan program yang disertakan dalam pemrograman Java yang dapat memudahkan dalam penggunaan oleh pemrograman untuk membangun aplikasinya. Dan Java terkenal dengan kelengkapan library nya.

  4. Bergaya C++
    Memiliki syntax seperti Bahasa C++ sehingga lebih mudah untuk dipahami.

  5. Pengumpulan sampah otomatis
    Memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.

Java, bisa dibilang adalah salah satu Bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Java digunakan oleh banyak developer sebagai wadah untuk membuat aplikasi web, software, dan portal web. Termasuk solusi ecommerce dan m-commerce.

Untuk banyak developer, Bahasa pemrograman diawali dari java dan diakhiri oleh java. Tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya Karena sudah dicoba dari tahun ke tahun dan berjalan sesuai kemauan kita, Namun, ada kelebihan java dari Bahasa pemrograman yang lain, yaitu:

  1. Sederhana Bahasa pemrograman Java menggunakan Sintaks mirip dengan C++ namun sintaks pada Java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance.

  2. Java lebih berorientasi pada objek(OOP).

  3. Java adalah platform yang independen. Yang membedakan java paling signifikan adalah Java lebih mudah dipindahkan dari satu computer ke computer lainnya.

  4. Robust Java mempuyai kepercayaan yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan untuk melihat yang error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain.

Sumber: