Apa yang Kamu Lakukan Saat Waktu Senggang?

Beberapa orang melakukan hobi yang dimilikinya saat ada waktu senggang seperti bermain futsal, badminton, berenang, dll. Ada juga orang yang mengambil kursus tambahan dan memilih belajar diwaktu senggangnya. Kalau aku pribadi, karena tidak memiliki hobi yang ditekuni biasanya hanya menonton film atau series yang ada di Netflix, tetapi belakangan ini aku juga mengikuti beberapa kursus online untuk menambah pengalaman dan mengisi CV.

Kalau Youdics, biasanya melakukan apa saat waktu senggang?

2 Likes

Kalau aku sendiri akan mengisi waktu luang dengan membaca. Baik itu membaca artikel, novel, berita, atau thread(s) apa saja yang ada di twitter. Selain itu aku juga mengisi waktu luang dengan membuat fanart, mencoba resep makanan yang kutemukan di tiktok, dan kalau lagi rajin-rajinnya aku akan mengikuti webinar serta course gratis di internet. Namun jika memang sedang lelah dan butuh mengistirahatkan badan serta pikiran, aku akan memilih untuk rebahan seraya mendengarkan musik hingga tertidur. hehehe :face_with_hand_over_mouth:

Saya lebih suka membaca artikel dan berita di web, kadang-kadang juga suka membaca cerita horror (yang real story). Selain itu juga mendaftar berbagai kegiatan yang mengasah skill, contohnya ya seperti ini, menulis di dictio untuk mengasah skill menulis dan memberikan pendapat. Pada intinya kita gunakan waktu luang kita untuk hal yang positif pada diri kita sendiri, secara fisik ataupun mental.

Saat senggang saya biasanya melakukan hal-hal yang bisa membuat saya kembali bersemangat dan senang. Biasanya saya akan membaca webtoon, menonton youtube, mencoba resep makanan, dan merawat tanaman yang ada di rumah. Saya paling suka berkebun bila ada waktu luang, karena rasnya menyenangkan dan bisa membuat mood menjadi baik

Yang saya lakukan ketika free time, biasanya menghabiskan waktu dengan tsahabat-sahabat saya. Entah hanya mengobrol ringan sambil makan, atau main ke rumahnya lalu menginap. Karena covid kita jadi jarang ketemu sih. Tapi biasanya sebelum pandemi kami juga travelling ke beberapa kota.

Kalau sedang tidak bersama teman-teman biasanya saya hanya nonton drama korea atau nonton film. Hehehehehe. Baru-baru ini saya lagi senang mendengarkan podcast di spotify sih.

Hmm…Kalau gw sendiri dalam mengisi waktu senggang dengan kegiatan - kegiatan yang relaxing dan juga bermanfaat seperti misalnya membaca buku, novel, dan update berita - berita terkini terutama yang berbau sepakbola, menulis fan fiction dan cerpen, menonton film dan video - video di youtube dan lain sebagainya. Kadang - kadang saya juga suka mengikuti seminar - seminar gratis, sekedar untuk mencari ilmu dan menambah daftar sertifikat.

Lalu saya juga suka bersih - bersih rumah di waktu senggang dan juga pergi bermain futsal bersama teman - teman saya di akhir minggu.

selama liburan dirumah ini waktu senggang ku sangat banyak dan aku sampe lelah rebahan seharian penuh dan tidak menghasilkan apa apa. jadi, aku memutuskan untuk mengikuti training, volunteer, organisasi, hingga aku merasakan toxic productivity dan sakit :sleepy: ya gimana ga sakit, naik kasur jam 1 lewat. tru juga jam makan sering kelewat karena fokus ke laptop. jadi semenjak sakit, aku lebih berhati-hati dalam memilih kegiatan untuk mengisi waktu luang ku.

Saya tipikal orang yang selalu mencari hiburan ketika waktu senggang, mulai dari bermain game, menonton film atau series terbaru di Netflix, membaca di Webtoon, ataupun mencari info menarik di Dictio atau Quora, namun terkadang jika memang sedang rajin-rajinnya saya menyempatkan untuk mengikuti webinar atau course gratis. Dengan hal-hal semacam itu bisa membuat mood saya kembali baik dan semangat untuk melakukan kegiatan yang lebih produktif nantinya.

Kegiatanku untuk mengisi waktu senggang tidaklah sama dari waktu ke waktu, bergantung pada seberapa banyak aku punya waktu senggang. Kalau waktu senggangnya dibilang sebentar sekitar 5-30 menit, aku biasa membaca buku, e-book, ataupun au au di twitter; selain membaca biasanya menonton konten yang diminati di youtube; kalau dapat inspirasi dan waktu senggang sekitar 20-30 menit, maka aku coba buat puisi atau tulisan singkat; di setiap kegiatanpun biasanya aku sambil meneytel musik. Intinya, kalau waktu senggang tidak sampai berjam-jam aku lakukan hobi hobi ringan dengan tujuan mengingkatkan suasana hati.

Kalau waktu senggan 1 jam bahkan seharian, selain melaksanakan kewajiban sebagai anak dan mahasiswa, aku biasa mencari webinar dengan topik yang aku minati, scroll linkedin sambil belajar dan memperbarui data-data yang sekiranya penting, mencari artikel untuk bahan belajar maupun mengerjakan tugas ppl. Intinya, kalau waktu senggangku banyak, maka aku lebih mengisi dengan kegiatan produktif dengan tujuan meningkatkan pemahaman kognitif.

Aku baca-baca reply-an temen-temen berbobot sekali ya kegiatan di waktu senggangnya :sob:. Kalo aku biasanya setelah menyelesaikan kegiatan magang, ambil posisi rebahan alias tidur :sob: :sob: , kalo lagi rajin, ya mencicil mengerjakan laporan akhir magang, mengerjakan skripsi atau menuntaskan membaca buku, kalo lagi rajin ya tapi. Masalahnya banyak nggak rajinnya nih :rofl: Kalo lagi pengin males-malesan, cuma tidur kadang baca wattpad. Bc, i think i need more sleep than before :rofl:

Saat waktu senggang, biasanya saya mengisinya dengan aktivitas-aktivitas yang membuat saya tetap produktif seperti olahraga, menonton film barat sekaligus menambah kemampuan bahasa inggris saya, dan jika untuk refreshing saya sering bermain dengan keponakan saya yang masih umur 4 tahun. Kebetulan saya mahasiswa pendidikan, jadi permainan yang diberikan untuk melatih kemampuan psikomotornya. Menurut saya, meskipun waktu senggang identik dengan makna bersantai-santai namun saya menggunakannya dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat agar setiap waktu yang saya jalani mampu memberikan dampak yang positif untuk diri saya.

Kalau aku sih ketika di waktu senggang seringnya me time, sama juga menonton film atau series yang ada di netflix. Terkadang mengikuti kegiatan-kegiatan atau kursus yang gratis untuk menambah wawasan dan ilmu, terdakang mencoba memasak menu makanan yang sedang trending atau hanya sekedar istirahat dan bermain gadget.

Pada saat waktu senggang biasanya dengan menonton film secara random, menonton television, melihat youtube, mendegarkan lagu, melihat sosial media (Instagram), dan pastinya rebahan saja :rofl:. Kalau keluar untuk pergi main jarang sekali. yap, emang sesimpel itu kalau aku diwaktu senggang.

Kalau versi aku, yang dilakukan saat waktu senggang adalah melakukan hal-hal yang menyenangkan, saat sudah banyak melakukan berbagai macam kegiatan, perkuliahan, atau dalam kegiatan organisasi. Contohnya seperti menonton film atau drama di Netflix, bermain media sosial (instagram, tiktok), dll. Karena dengan melakukan hal yang menyenangkan, terkadang secara tidak langsung juga bisa membantu kita untuk meningkatkan semangat dan menambah ide-ide entah dari menonton film, dsb

Kalau aku biasanya suka dengerin musik sama nonton film, terkadang juga ikut kursus online bahasa asing buat nambah ilmu di waktu senggang. Sekarang banyak banget kursus online yang tersebar di internet jadi gampang buat nyarinya. Terus harganya juga lebih murah dibandingkan dengan les bahasa asing di suatu tempat gitu. Apalagi kalau mau yang gratis, bisa cari situs-situs bahasa asing di google, nonton video di youtube, dan belajar lewat aplikasi. Selain itu, kadang aku suka main game bareng temen. Semenjak pandemi susah banget buat ketemuan dan jalan bareng-bareng jadi mending di rumah aja sambil main game :grinning_face_with_smiling_eyes: