Apa yang kamu ketahui tentang wisata Danau Cipule?

Danau Cipule

Apa yang kamu ketahui tentang wisata Danau Cipule ?

Danau Cipule merupakan danau yang terbentuk akibat kegiatan penambangan di tepi Sungai Citarum, Karawang, Jawa Barat. Luas danau ini sekitar 90 hektar dengan kedalaman sekitar 2 meter saja. Cukup dangkal bukan? Meskipun begitu, panorama dan keindahan alam di sekitar danau tidak boleh kita lewatkan begitu saja.

Di tengah danau juga terdapat sebuah pulau seluas 2 km yang disebut Pulau Cinta. Di pulau mungil ini terdapat beberapa fasilitas menarik termasuk warung makanan dan jajanan. Bayangkan, sambil menikmati minuman hangat kita bisa melihat keindahan danau yang memesona.

Jika air sedang surut, Danau Cipule berubah menjadi rawa-rawa dengan tumbuhan eceng gondok di permukaannya. Meskipun dangkal, pada tahun 2011, danau ini sempat menjadi arena lomba dayung ajang olahraga bergengsi Sea Games. Danau Cipule berlokasi di Desa Walahar, tepatnya 3 km di selatan Bendungan Walahar.

Dari pusat kota, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 20 km untuk sampai ke danau cantik ini. Bagi yang bekerja di Karawang, danau ini bisa menjadi alternatif tempat wisata untuk sekadar menghilangkan penat setelah seminggu bekerja. Sedangkan bagi wisatawan dari luar Karawang, berkunjung ke Danau Cipule bisa menjadi pengalaman menarik yang sulit untuk dilupakan.