Apa yang kamu ketahui tentang UNHCR?

Ada beberapa organisasi internasional, salah satunya adalah UNHCR. Apa yang kamu ketahui tentang UNHCR?

UNHCR ( United Nation High Commission for Refugees ) merupakan suatu subsidiary organ dari Majelis Umum PBB dengan tugas pokok bertanggung jawab terhadap perlindungan pengungsi serta mencari jalan keluar terhadap persoalan- persoalan penangan pengungsi di berbagai negara. Organisasi ini didirikan pada tanggal 14 Desember 1950 oleh Majelis Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mulai bekerja pada tanggal 1 Januari 1951.

Pada awal didirikan, UNHCR hanya bertugas untuk membantu memberikan perlindungan keamanan, makanan, serta bantuan medis dalam keadaan darurat.Namun dalam perkembangannya, tugas UNHCR kini mencakup bantuan pemecahan solusi bagi pengungsi untuk jangka waktu yang lama serta bantuan untuk mengembalikan pengungsi ke negara asalnya atau mencarikan negara baru untuk mereka sehingga para pengungsi dapat memulai hidup baru yang lebih baik.

UNHCR merupakan lembaga yang menggantikan lembaga penanganan pengungsi sebelumnya yaitu IRO (International Refugee Organization). UNHCR memberikan banyak fungsi perlindungan yang dijelaskan dalam Statuta UNHCR antara lain kewenangan untuk memberikan perlindungan internasional terhadap pengungsi serta mencarikan solusi atas masalah-masalah yang dihadapi oleh pengungsi. Secara berkala UNHCR memberikan laporan hasil kerjanya dihadapan siding Majelis Umum PBB.

Secara umum, tugas yang dilakukan oleh UNHCR meliputi pencegahan pemulangan kembali, bantuan dalam memproses pencarian suaka, bantuan dan nasihat hukum, pemajuan penyelenggaraan keamanan fisik bagi pengungsi, pemajuan dan membantu pemulangan kembali secara sukarela, dan membatu para pengungsi untuk bermukim kembali.

Peran nyata UNHCR di Indonesia adalah penanganan ribuan pengungsi Vietnam yang datang ke Indonesia.Kantor Regional UNHCR di Jakarta bekerjasama dengan pemerintah Indonesia memproses pencari suaka dan pemohon pengungsi di Indonesia untuk mendapat perlindungan agar tidak dikembalikan ke negara asalnya dan mengusahakan untuk mendapatkan perlindungan internasional.

Dalam melaksanakan tugasnya UNHCR bekerjasama dengan mitra kerjanya di suatu negara.Bantuan yang diberikan kepada para pengungsi tersebut berupa makanan, kesehatan, konseling serta kebutuhan lainnya yang diperlukan.