Apa yang kamu ketahui tentang Terbentuknya Partai United Russia?

Terbentuknya Partai United Russia

Hadirnya United Russia sebagai sebuah struktur utama nasional pada periode pertama Putin, seringkali diasumsikan bahwa hal ini merupakan rencana Kremlin untuk membentuk suatu Bloc Persatuan ( Unity Bloc ) pada musim gugur tahun 1999 untuk menandingi Pemilihan Umum (Pemilu) Duma yang akan berlangsung pada tahun tersebut.

Apa yang kamu ketahui tentang Terbentuknya Partai United Russia ?

Terbentuknya Partai United Russia


Hadirnya United Russia sebagai sebuah struktur utama nasional pada periode pertama Putin, seringkali diasumsikan bahwa hal ini merupakan rencana Kremlin untuk membentuk suatu Bloc Persatuan ( Unity Bloc ) pada musim gugur tahun 1999 untuk menandingi Pemilihan Umum (Pemilu) Duma yang akan berlangsung pada tahun tersebut. Bagi sebagian besar pihak, Unity merupakan kelanjutan partai yang didukung oleh Kremlin seperti Partai Pilihan Rusia ( Russia’s Choice ), Rusia adalah Rumah Kami ( Our Home is Russia ) dan upaya pendukung Kremlin lainnya untuk mempromosikan partai sebagai institusi pemberi dukungan kepada presiden.

Partai United Russia merupakan partai yang mendapat dukungan dari Kremlin. Didirikan sebagai kombinasi dari Unity dan blok partai Fatherland-All Russia . United Russia didirikan setelah terpilihnya Vladimir Putin sebagai presiden di tahun 2000. Partai United Russia dipandang oleh beberapa pengamat sebagai bukan partai politik yang sebenarnya atau gerakan massa tetapi tidak lebih dari partai yang berisi birokrat dan pembuat kebijakan dengan platform yang tidak jelas serta mempunyai kontrol yang besar dalam media massa. Dengan ambiguitas ideologi politik United Russia telah membawa posisi yang tidak jelas partai ini mendukung pasar bebas dan kontrol ketat negara. Karena kontradiksi tersebut dan ambiguitas posisi di berbagai isu, Seth R. Marshall menganggap partai ini berposisi centrist.

United Russia menjadi partai dominan semenjak tahun 2000, tidak terlalu jelas mengapa Kremlin memutuskan untuk menginvestasikan sumber daya yang dimiliki untuk mengubah partai kecil, tersentralisasi menjadi partai besar dan dominan, United Russia . Untuk menjawab hal ini, bisa dilihat mengenai partai dominan. Partai dominan berusaha dan bertujuan untuk rezim; partai dominan membantu rezim memenangkan pemilihan umum, mengontrol legislatif dan mengatur konflik elit. Dalam arti lain, keuntungan memiliki partai dominan adalah mengkoordinasi hasil pemilihan umum, memastikan legislatif yang mayoritas dan dapat dibutuhkan, kerjasama dalam menghadapi lawan yang potensial dan mengatur rekrutmen politik. Namun, agar rezim dapat membangun partai dominan, ia harus menghadapi permasalahan komitmen antara pemimpin rezim dengan elit lainnya. Pada satu sisi pemimpin rezim ingin agar elit lainnya masuk ke dalam partai agar memastikan loyalitasnya. Sedangkan elit, tidak mau diikat kedalam partai tanpa adanya jaminan jika mereka akan mendapat akses yang lebih besar terhadap karier dan sumber daya. Pemimpin dan elit harus membuat konsensus dan kesepahaman untuk membentuk partai dominan untuk menyelesaikan masalah komitmen dan membuat partai kuat. Partai dominan dalam arti lain adalah mekanisme bagi pemimpin untuk mengontrol elit dalam sistem politik.

Dalam konteks Rusia, hal ini penting karena struktur pemerintahan Rusia. Presiden Rusia memiliki kekuasaan untuk memberikan inisiatif undang-undang di Duma atau untuk menjatuhkan legislatif, namun kekuasaan presiden terbatas karena presiden tidak mempunyai kekuasaan untuk mengontrol agenda legislatif. Dalam parakteknya, hal ini berarti bahwa presiden membutuhkan parlemen yang loyal agar undang-undang yang diinginkan bisa lolos. Sehingga jelas, partai dominan dapat menjadi alat yang penting bagi pemimpin di Rusia pada situasi dimana presiden memiliki kekuasaan mengontrol kekuasaan legislatif. Meskipun demikian, keinginan untuk menciptakan partai dominan di Rusia seperti United Russia belum sukses. Terutama pada partai sebelumnya Our Home is Russia yang gagal untuk berkembang menjadi partai dominan karena Yeltsin tidak mau elit lain meningkat posisinya dalam partai. Selain itu, karena Yeltsin gagal menguatkan partai dan mendukungnya, elit menolak untuk bergabung karena mereka tidak ingin karir politiknya melemah dalam partai. Sehingga partai dominan di Rusia gagal berkembang karena persepsi jika mereka dapat menjadi elit lain atau menciptakan rival tokoh politik baru.

Pada tahun 1999, persepsi ini berubah secara signifikan. Dengan mundurnya Yeltsin dari politik Rusia, elit berusaha untuk mencari pengganti presiden. Kurangnya partai dominan berarti tidak ada orang atau tokoh politik yang jelas untuk mengisi kekosongan. Pemimpin regional mulain mendesak untuk menciptakan partai atau koalisi disekitar figur baru. Seperti yang telah dijelaskan, mereka menciptakan partai baru Fatherland-All Russia dan Unity . Primakov dna Putin menjadi dua figur rival disekeliling kelompok elit. Setelah menjadi presiden di tahun 2000, Putin menciptakan suatu pemerintahan yang stabil sebagai prioritas utama kebijakan sebagai cara untuk mencegah ambiguitas transisi kepemimpinan masa depan. Pembangunan partai politik menjadi keputusan yang strategis. Untuk menghindari personalisasi politik seperti pada masa Yeltsin dengan strategi memecah dan berkuasa, Putin ingin untuk membangun suatu rezim yang stabil dan kuat tidak berdasarkan pada personalitas. Langkah pertama adalah mengembalikan kekuasaan kontrol federal terhadap elit, terutama pada tingkat regional. Memastikan loyalitas elit terhadap pemerintah menjadi salah satu pertanyaan penting pada periode pertama kepresidenan Putin. Namun, hal ini bukan suatu proses yang cepat dan mudah. Setidaknya butuh waktu enam tahun bagi United Russia untuk menjadi partai yang dominan.

Cara pertama United Russia dapat menjadi partai yang dominan adalah dengan mengambil keuntungan dari kebijakan dan reformasi sistem pemilihan umum yang diimplementasikan oleh Putin. Mengembalikan sentralisasi kekuasaan, memunculkan diskursus politik baru yang tidak berfokus pada pertanyaan mengenai identitas Rusia, mengembalikan kontrol negara terhadap media, dan merestrukturisasi kompetisi politik dimana empat batu loncatan Putin untuk mencapai rezim yang stabil. Partai politik dapat bermain pada peran penting dalam tiga hal yaitu: mengembalikan sentralisasi kekuasaan, diskursus baru politik, dan kompetisi politik. Terkait fakta ini Putin meminta agar partai bekerja untuk merekrut lebih banyak anggota dari berbagai lapisan masyarakat agar dapat lebih responsif terhadap pemilih. Membangun partai politik nasional penting bagi Putin untuk mencapai prioritas mengembalikan sentralisasi kekuasaan dan menciptakan lingkungan baru bagi politik Rusia, semua untuk mencapai tujuan yang lebih besar yaitu penciptaan stabilitas rezim.

Cara kedua agar United Russia dapat menjadi partai dominan adalah bergabung dengan partai-partai kecil yang lain. United Russia berkembang pada tahun 2000an, meninggalkan akarnya sebagai partai kecil tersentralisasi, Unity . Dengan menyerap beberapa partai politik yang berbeda yang sebelumnya beroposisi dan meskipun Kremlin belum memutuskan langkah selanjutnya terhadap Unity , anggota partai mengusulkan ide untuk bergabung dengan Fatherland All-Russia . Vladislav Surkov, elit Kremlin yang berposisi staf dalam administrasi kepresidenan Putin, berargumen bahwa penggabungan dengan Fatherland All-Russia dapat membawa lebih banyak elit dibawah kontrol Kremlin dan membantu partai memastikan kemenangannya pada pemilihan tahun 2003. Kedua partai secara resmi bersatu pada Desember 2001 dan setelah hampir satu tahun bernegosiasi menciptakan partai Unity dan Fatherland-All Russia . Dua partai lain yang bergabung adalah Russia’s Region dan People’s Deputy . Beberapa berargumen bahwa Unity mampu untuk menyatukan partai-partai ini karena adanya sumber daya; Unity , dengan hubungan dekatnya dengan Kremlin dapat memberikan kesempatan dan akses tidak seperti partai lain. Kekalahan partai Fatherland-All Russia pada pemilihan legislatif tahun 1999 membawa partai ini menakin terpecah, dan membantu Unity untuk mengambil sisa-sisa yang terdapat dalam partai. Kemudian pada tahun 2003, nama partai secara resmi diganti menjadi Partai United Russia (UR). Penggabungan ini membantu Unity memperluas pengaruhnya pada tingkat regional. Dengan bergabung dengan Fatherland-All Russia mengkombinasikan elemen baik dari partai sentral dan regional. Selama kurang dari satu tahun Unity dan Fatherland-All Russia memiliki 87 unit regional, memberikan partai keberadaan yang kuat baik di federal maupun regional.

Perluasan regional penting bagi inisiatif yang ingin diimplementasikan oleh Putin saat itu. Dengan reformasi sistem pemilihan umum yang berarti pengembalian sentralisasi kekuasaan dan untuk memecah independensi dari elit regional. United Russia kemudian menjadi partai pemerintah yang dominan. Ketika reformasi Putin, khususnya dengan mengeliminasi sistem mayoritarian dan penunjukan gubernur regional, menghilangkan kemampuan politisi independen untuk memiliki modal politik, kemampuan Unity saat ini adalah menjadi kendaraan mengontrol elit. Walaupun Unity tidak mengawali sebagai partai dominan, dengan waktu bermetamorfosis menjadi United Russia pada tahun 2003 memiliki tempat dalam tujuan politik Putin yang lebih luas. United Russia menjadi mekanisme utama tidak hanya untuk mendapat dukungan masyarakat, tetapi bagi Kremlin mengembalikan dominasi diantara elit politik. Hal ini penting ketika melihat konteks Rusia dimana presiden memiliki kemampuan terbatas dalam mengontrol agenda legislatif; menciptakan mayoritas dalam legislatif yang loyal terhadap presiden agar kebijakan dapat diloloskan.

United Russia telah menjadi partai dominan sebagai cara bagi Kremlin untuk mengontrol elit politik. Sementara partai telah sukses dalam pemilihan umum, bukti-bukti justru menyarankan bahwa tujuan Kremlin adalah mengontrol elit melalui partai yang juga telah sukses dalam Duma. Kemampuan dalam mengontrol elit adalah hal penting dalam Rusia, dimana konflik antara legislatif dengan eksekutif terkadang terjadi. Partai menjadi instrumen utama untuk mengkoordinasikan kebijakan dalam pembuatan kebijakan. Terkait hal ini Unity dari tahun 1999 hingga 2003 cukup berhasil dan semenjak tahun 2004 United Russia telah melanjutkan untuk memberikan dukungan eksekutif di regional.