Apa yang kamu ketahui tentang Shanghai Cooperation Organization?

Apa yang kamu ketahui tentang Shanghai Cooperation Organization?

Shanghai Cooperation Organization merupakan organisasi keamanan antar negara yang dibentuk pertama kali pada tahun 2001 di Shanghai. Enam negara tercatat merupakan member tetap dari organisasi ini, yakni Cina, Kazakhstan, Kyrgiztan, Rusia, Tajikistan, dan Uzbekistan.

Lalu, apa yang kamu ketahui tentang Shanghai Cooperation Organization?

Organisasi ini berawal dari pembentukan Shanghai Five pada tahun 1996 dengan anggota yang sama, keculi Uzbekistan, yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan antar perbatasan negara tersebut. Hal ini tercermin dari dua perjanjian penting yang ditandatangani dalam kerjasama awal tersebut, yaitu Deepening Military Trust in Border Regions dan Military Forces in Border Regions . Kerjasama keamanan paling anyar yang dilakukan oleh SCO ialah kerjasama latihan militer bersama yang dilakukan di Chelyabinsk, Russia.

Kerjasama di dalam SCO pada dasarnya merupakan kepentingan energi. Ketika jalur energi ini dirasa tidak aman lagi, maka yang terjadi adalah kerjasama keamanan dan perbatasan. Selain itu, kerjasama ekonomi juga dilakukan di sektor finansial dan investasi. sedangkan kerjasama kebudayaan dilakukan melalui festival dan pameran antar negara tersebut.

Sampai saat ini SCO sudah menyelenggarakan sekitar 12 pertemuan tingkat kepala negara serta 11 pertemuan kepala pemerintahan. Dalam keanggotaannya, terdapat beberapa negara penting yang menjadi observer di dalamnya antara lain, India, Iran, Mongolia, dan Pakistan. Secara struktur, pengambil keputusan tertinggi SCO ialah kepala negara diikuti oleh kepala pemerintahan. Selain itu terdapat sekretariat yang berfungsi sebagai badan eksekutif dan bertugas menjalankan kebijakan-kebijakan yang telah dicapai. Saat ini sekretariat SCO berada di Beijing serta dipimpin oleh Muratbek Imanaliev dari Kyrgyzstan.

Sejak masih berbentuk Shanghai Five , SCO sudah mengawali kebijakan- kebijakannya dalam bidang keamanan terutama di bidang terorisme. Dalam pertemuannya di Shanghai pada tahun 2001, dimulai pengerjaan Shanghai Convention on Combating Terrorism, Separatism, and Extremism . Dalam pembahasan tersebut disepakati pengertian dari terorisme, separatisme, dan ekstrimisme itu sendiri yang sangat berguna untuk menjadi landasan kebijakan serta mencegah fenomena ini terjadi.

Selain dalam area terorisme, SCO juga sangat serius dalam pencegahan perdagangan manusia dan obat-obatan terlarang. Negara-negara di SCO yakin bahwa produksi obat-obatan terlarang di Afghanistan semakin meningkat meskipun terdapat tentara militer barat di kawsan tersebut. Secara statistic pula,aliran obat terlarang dari Afghanistan semakin meningkat dan membahayakan keamanan di kawasan Asia Tengah. Oleh karena itu, dalam pertemuannya di Tashkent pada tahun 2004 disetujui Agreement on Cooperation in Combating Illcit Trafficking of Narcotic Drugs, Psychotropic substance, and their precursors.

Selain kedua perjanjian di atas, dalam bidang ekonomi sangat terlihat keberadaan SCO sebagai organisasi keamanan. Hal ini tercermin dari adanya perjanjian aliran bebas perdagangan teknologi ( free flow of technology ) termasuk di dalamnya perdagangan senjata. Akibatnya, perdagangan senjata antara negara anggota SCO semakin meningkat terutama antara Rusia dan Cina.

Selain dalam bidang perdagangan senjata seperti yang disebutkan diatas, negara-negara dalam SCO juga melakukan kerjasama dalam bidang energi. Seperti yang diketahui, Rusia dan Cina memiliki hubungan perdagangan yang erat dengan Iran dalam bidang energi. Cina sendiri tercatat merupakan importer nomor satu Iran dalam bidang minyak dan gas. Nilai kontrak keduanya mencapai 120 Milliar dolar. Rusia sendiri lewat Gazprom dan Lukoil memiliki operasi yang cukup substansial di Iran. Dalam mengalirkan minyak bumi dan gasnya Cina dan Rusia membutuhkan kerjasama dengan negara-negara di Asia Tengah. Secara geografis, pipa-pipa energi dapat tersalurkan secara efektif bila melalui negara-negara tersebut.

Pada pertemuan terbaru di Beijing pada tahun 2012 ini, SCO kembali menunjukkan dirinya sebagai organisasi yang focus pada bidang keamanan. Hal ini ditandai dengan disepakatinya Treaty on the non-Proliferation of Nuclear Weapons yang berisi perjanjian zona bebas nuklir di kawasan Asia Tengah. Selain itu, disepakati pula bahwa tindakan unilateral di Timur Tengah sebagai sesuatu yang tidak dapat diterima. Hal ini mengacu kepada tindakan AS di Afghanistan dan Iran.

Timeline Peristiwa Dalam Shanghai Cooperation Organization

  1. 1996 – Shanghai, Cina
  • Rusia, Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Cina membentuk Shanghai Five dengan tujuan meningkatkan kerjasama perbatasan dan militer

  • Cina dan Kazakhstan berdamai tentang masalah perbatasan.

  1. 1997 – Moscow, Rusia
  • Disepakati 100 Km Demilitarized Zone
  1. 1998 – Almaty, Kazakhstan
  • Pembahasan tentang 3 evils : Separatisme, Ekstrimisme, dan Terorisme

  • Cina dan Kazakhstan menandatangani border agreement

  1. 1999 – Bishkek, Kirgizstan
  • Cina dan Kirgizstan berdamai tentang masalah perbatasan

  • Inisiasi pembentukan Silk Road baru dalam bidang energi.

  1. 2000 – Dushanbe, Tajikistan
  • Menolak opsi UN tentang masalah Afghanistan dan mengecam pembangunan misil di Taiwan
  1. 2001 – Shanghai, Cina
  • Uzbekistan masuk sebagai anggota baru, mengubah nama menjadi Shanghai Cooperation Organization

  • Declaration on the Establishment of the Shanghai Cooperation Organization dan The Shanghai Convention on Combating Terrorism , Separatism and Extremism ditandatangani.

  1. 2002 – St. Petersburg, Rusia
  • Dialog tentang masalah Israel-Palestina, India dan Pakistan, dan Korea

  • Peningkatan kerjasama bilateral di bidang ekonomi

  • Membentuk Sekretariat SCO di Beijing

  • Pemberian izin pembangunan US Airbase di Kirgizstan dan Uzbekistan

  • Agreement Between the Member States of the Shanghai Cooperation Organization on the Regional.

  • Anti-Terrorist Structure dan Charter of the Shanghai Cooperation Organizatio ditandatangani.

  1. 2003 – Moscow, Rusia
  • Pelatihan Militer bersama di Almaty dan Xinjiang
  1. 2004 – Tashkent, Uzbekistan
  • Beijing Secretariat diresmikan

  • Pembentukan SCO-Afghanistan Contact Group

  • Pembentukan Tashkent Regional Antiterrorism Center.

  1. 2004 – Tashkent
  • Mongolia menjadi observer

  • The Regulations on Observer Status at the Shanghai Cooperation Organisation dan Agreement on the Database of the Regional Anti-Terrorist Structure of the Shanghai Cooperation Organization ditandatangani.

  1. 2005 – Astana , Kazakhstan
  • Inisiasi SCO Business Council & Development Fund

  • Pakistan, Iran, dan India diterima menjadi observer

  • Concept of Cooperation Between SCO Member States in Combating Terrorism, Separatism, and Extremism ditandatangani

  • Pemberian batas waktu tentang masa peminjaman pangkalan militer Amerika di Asia Tengah.

  1. 2006 – Shanghai, Cina
  • Pembentukan Joint Club, kerjasama dalam bidang energi

  • Pembahasan Drug Trafficking dari Afganistan.

  1. 2007 – Bishkek, Kirgizstan
  • Treaty on Longterm Neighborhood Relations ditandatangani, meningkatkan kerjasama di berbagai bidang

  • Melibatkan beberapa anggota CSTO

  • Uzbekistan memutuskan kerjasama pangkalan militer dengan AS, Kyrgistan menandatangani perpanjangan kontrak sampai 2013 dengan AS.

  1. 2008 – Dushanbe, Tajikistan : Pembahasan tentang kerjasama kebudayaan dan pendidikan

  2. 2009 – Yekaterinburg, Rusia : Pembahasan tentang Cybercrime

  3. 2010 – Tashkent, Uzbekistan : Pelatihan Peace Mission (latihan militer bersama)

  4. 2011 – Astana, Kazakhstan : Inisiasi pembentukan Midterm Development Strategies

  5. 2012 – Beijing, Cina : Pertemuan pertama Menteri Kebudayaan dan Pendidikan antar anggota SCO.