Apa yang kamu ketahui tentang prajurit legendaris Legiun Romawi ?


(Dumm Dumm) #1

Legiun Romawi adalah istilah yang dapat merujuk kepada seluruh tentara Romawi atau hanya infanteri berat Romawi yang merupakan kekuatan utama dalam militer Romawi pada masa akhir Republik dan awal Kekaisaran. Dalam pengertiannya sebagai infanteri berat, Legiun Romawi terdiri dari pasukan yang disebut legionari dan biasanya disertai dengan pasukan tambahan dari warga non-Roma, kavaleri, dan pasukan penyerang jarak jauh.

Apa yang kamu ketahui tentang prajurit legendaris tersebut ?


(Prakoso Adi Bagaskara) #2

Jika berbicara mengenai masalah kemiliteran, tentara Kekaisaran Romawi merupakan yang paling disegani pada masanya serta masih menjadi panutan hingga sekarang. Tentara Kekaisaran Romawi terdiri dari tiga jenis yaitu “The Praetorian Guard” yang merupakan tentara pengawal kaisar, Legiun (tentara infantri dan petugas yang terdiri dari warga negara), dan “The Auxiliaries” (pasukan non-warga negara).

Legiun adalah prajurit infanteri angkatan bersenjata utama dari tentara Romawi. Mereka direkrut dari warga negara Romawi, biasanya pemuda yang berumur 19 tahun tetapi juga ada yang dikrekut pada usia dini 14 tahun. Tinggi minimum para prajurit ini 4 kaki 11 inci. Kaisar Augustus memiliki 25 legiun yang masing-masing legiun memiliki 6.000 prajurit.

image

Sebuah legiun dibentuk dari 10 Kohort (setiap kohort terdiri dari 540-600 laki-laki). Setiap Kohort dibagi menjadi 6 centuria yang dipimpin oleh seorang perwira (masing-masing centuria ada 60-100 laki-laki). Setiap sayap legiun memiliki 120 tentara kavaleri. Seragam yang digunakan tentara legium adalah rompi baju dan topi dari besi serta membawa perisai.

Tulang punggung tentara Romawi adalah perwira. Para perwira ini memakai helm khusus serta terdapat hiasan di atasnya dengan kualitas yang lebih baik. Karier mereka dimulai sebagai seorang prajurit, kemudian dipromosikan karena dedikasi serta keberaniannya. Sebelum menjadi perwira mereka adalah kapten yang memimpin 100 prajurit di Legiun. Sebutannya “captain of 100”. Perwira menerima gaji sekitar 5.000 dinar per tahun – lebih besar 20 kali lipat dari prajurit. Ada pula lima perwira senior legiun yang menerima gaji 10.000 dinar per tahun, dan perwira kepala menerima 20.000 dinar di bayar setiap tahunnya. Sedangkan untuk prajurit umum hanya menerima gaji sekitar 200-300 dinar per tahun.

Di dalam legiun juga terdapat “polisi” yang biasa disebut Tooper yaitu tentara yang yang terdiri dalam datasemen yang memiliki 300 kuda yang selalu bergabung degan Legiun. Mereka ini bisa juga disamakan dengan pasukan infateri.

Jabatan didalam legiun Romawi



Gambar Hirarki didalam Organisasi tentara Romawi

Legatus Legiun

Komandan seluruh legiun. Posisi ini Kaisar yang menunjuknya. Legatus memegang komando selama 3 atau 4 tahun, meskipun untuk jangka waktu lebih lama lagi. Dalam sebuah provinsi dengan hanya satu legiun, maka Legatus juga menjabat sebagai gubernur provinsi. Sedangkan di provinsi-provinsi dengan beberapa legiun, maka setiap legiun memiliki Legatus dan gubernur provinsi yang memgang komando dari mereka semua.

Tribunus Laticlavius

Mereka adalah para senator. Tribunus Laticlavius juga diangkat oleh Kaisar. Pada umumnya berusia cukup muda dan kurang berpengalaman daripada Tribuni Angusticlavii. Meskipun demikian mereka ini menjabat sebagai dalam komandan kedua legiun, di bawah Wakil Komandan.

Praefectus Castrorum

Umumnya ia adalah seorang veteran yang telah mengabdi dalam jangka waktu lama yang dipromosikan melalui tingkat perwira

Tribuni Angusticlavii

Setiap legiun memiliki 5 tribuni militer yang terdapat para ksatria berkud. Mereka bertugas melayani urusan administratif penting dari Legiun. Terkadang pula mereka terlibat dalam tugas komando taktis.

Primus Pilus

Mereka juga disebut “The First File” adalah perwira komandan dari kelompok pertama dan perwira senior seluruh Legion. Tooper juga dapat masuk ke dalam kelas sosial ini setelah pensiun.