Apa yang kamu ketahui tentang Pendirian Partai Unity dan Pemilihan Duma tahun 1999 di Rusia?

endirian Partai Unity dan Pemilihan Duma tahun 1999 di Rusia

Pembentukan United Russia dimulai dengan penggabungan pada tahun 2001, dari dua partai yang sebelumnya bernama Unity (atau dikenal sebagai ‘Medved’ -Beruang), partai kanan-tengah yang dipimpin oleh Sergey Shoigu, dan Fatherland-All Russia, partai blok kiri-tengah yang dipimpin oleh Yevgeny Primakov dan Yuri Luzhkov.

Apa yang kamu ketahui tentang Pendirian Partai Unity dan Pemilihan Duma tahun 1999 di Rusia?

Pendirian Partai Unity dan Pemilihan Duma tahun 1999


Pembentukan United Russia dimulai dengan penggabungan pada tahun 2001, dari dua partai yang sebelumnya bernama Unity (atau dikenal sebagai ‘Medved’ -Beruang), partai kanan-tengah yang dipimpin oleh Sergey Shoigu, dan Fatherland-All Russia, partai blok kiri-tengah yang dipimpin oleh Yevgeny Primakov dan Yuri Luzhkov. Kedua partai ini pada tahun 2003 bergabung dan bernama Partai United Russia . Pada pemilihan Duma tahun 2003, Partai United Russia berkampanye dengan slogan "Bersama dengan Presiden!” yang mengindikasikan hubungan dekat dengan pemerintahan Vladimir Putin.

Partai United Russia yang sebelumnya bernama Unity , muncul ke politik dengan berada di posisi di nomor urut dua pada Pemilu Duma tahun 1999 dan secara mengejutkan memenangkan Pemilihan Duma tahun 2003. Beberapa pengamat memandang United Russia sebagai partai Kremlin seperti pendahulunya Russia’s Choice (1993) dan Our Home is Russia (1995) yang tidak mampu memberikan sejumlah delegasi pada pemilihan Duma sebelumnya sehingga dapat dapat mendukung presiden dalam meloloskan berbagai undang-undang.

Namun menurut analisa Henry E. Hale, Partai United Russia yang berasal dari blok Unity memiliki banyak perbedaan dari partai-partai yang didukung oleh Kremlin sebelumnya. Tidak seperti pendahulunya, pada awalnya blok Unity tidak untuk memberikan keterwakilan bagi presiden di parlemen tetapi sebagai perangkap bagi partai anti- Kremlin Fatherland-All Russia Party , agar partai in mendapat suara yang lebih rendah daripada yang diharapkan. Untuk itu, Unity merupakan taktik dalam pemilihan presiden, tidak sebagai proyek partai di parlemen. Kesuksesannya dalam pemilihan Duma, cukup mengejutkan para pendirinya. Kesuksesan partai Unity dalam mengalahkan rival Kremlin Fatherland-All Russia , membuat Kremlin kemudian mengubah Unity menjadi partai yang bertahan lama, dan lebih maju untuk merepresentasikan kepentingan presiden di seluruh wilayah Rusia yang bernama Partai United Russia . Dengan melalui suatu taktik kampanye didukung birokrasi dan timbunan peristiwa yang tidak biasa tanpa diduga menciptakan satu dari dua partai utama di Rusia yang menentukan sistem kepartaian Rusia dari tahun 1999 hingga dekade selanjutnya.

Pendirian partai Unity diawali dari munculnya seorang anti-Kremlin yang bernama Yury Luzhkov. Ketika tahun 1998, Yury Luzhkov merupakan Walikota Moscow dan berusaha untuk membangun partai oposisi yang didasarkan pada sisa-sisa koalisi pemimpin-pemimpin regional, Chernomydin; dan partai politik yang bernama Our Home is Russia . Diantara semua pemimpin provinsi, Luzhkov memiliki posisi yang terbaik dan mempunyai kuasa dalam mengendalikan modalmodal administrasi di ibukota. Posisinya sebagai walikota Moscow, menguntungkan Luzhkov, posisinya sebuah posisi yang memiliki visibilitas tinggi dan akses kekuasaan tingkat nasional, bahkan sejak era Soviet.

bank termasuk Bank of Moscow , bank resmi kota Moscow. Bank ini memiliki 30- 40 persen pendapatan kota dan bekerjasama dengan bank lain termasuk Most Bank . Luzhkov secara kreatif menggunakan kewenangannya dalam mengontrol ekonomi kota untuk membangun hubungan dan pengaruh dengan pemimpinpemimpin sejumlah provinsi di Rusia.

Sejak Uni Soviet mengatur wilayah terpusat di Moscow, hampir seluruh komunikasi, transportasi dan infrastruktur ekonomi tidak menjangkau wilayah Rusia lain selain Moscow. Salah satu kemampuan Luzhkov adalah hubungan dekatnya dengan bank terkuat di Rusia, yang hampir semuanya berpusat di kota Moscow, banyak dari bank ini mempunyai hubungan yang penting baik secara langsung maupun tidak langsung dengan wilayah lain di Rusia. Bank Sistema berhasil meraih dukungan nasional setelah krisis ekonomi Rusia tahun 1998. Ketika beberapa bank besar Rusia seperti Menatep dan Inkomband terkena dampak dari krisis ini, Bank milik Sistema, Guta Bank, dan Moscow Bank for Reconstruction and Development, Promradtechban k, dan Sverdlosvky Gubernsky Bank tidak mengikuti pada sistem bank negara. CEO Bank Guta, Artem Kuznetsov menyatakan bahwa banknya tidak berani masuk pasar karena terlalu beresiko. Sumber-sumber ini memudahkan Luzhkov untuk menjadi sumber penting patronase bagi wilayah Rusia yang miskin.

Penempatan Luzhkov sebagai walikota ibukota juga menguntungkan ia dalam menarik perhatian media massa. Kerjasamanya dengan Kelompok Most membuat ia mendapat pemberitaan positif di media melalui stasiun televisi milik Most, NTV dan publikasi harian Segodnia. Pada Juni 1997, stasiun televisi baru didirikan dibawah kontrol pemerintah kota Moscow. Stasiun televisi ini yang dikenal dengan nama TV Center yang dapat menjangkau sejumlah kota besar saat pemilihan Duma tahun 1999. Selain itu Luzhkov mendapat dukungan dari Moskovskii Komsomolets Rosiiia (dibuat Maret 1998) dan Metro (didirikan tahun 1997, distribusikan mingguan dan gratis), serta majalah ilmiah Literaturnaia

Semenjak menjadi walikota di tahun 1992, Luzhkov tidak membuangbuang waktu untuk mengkonsolidasikan sumber daya ekonomi terpenting di kota Moscow. Ia terbukti mampu mengatur transisi pasca Soviet, secara efektif mengubah ekonomi kota yang kompleks menjadi suatu ‘ single-company town ’ yang didominasi oleh kelompok Sistema yang didirikan sejak berdirinya kota Moscow. Melalui proses privatisasi dan manuver lain, Sistema berhasil menguasai ratusan perusahaan pada tahun 1990an, termasuk sejumlah bank, perusahaan elektronik, outlet media, sistem telepon kota Moscow, kelompok asuransi Rosnao, dan industri pariwisata Moscow. Kelompok Sistema berafiliasi dengan berbagai Gazeta. Ia pun mendapatkan kontrol perusahaan percetakan Moskovkaia Pravda, yang memberikan pengaruh dalam percetakan di seluruh wilayah kota Moscow.

Di akhir 1990an, Luzhkov mulai menentang Kremlin, terutama isu-isu bertemakan nasionalisme. Ia maju menentang pemerintah Russia yang mengakui bahwa Sevastopol, pelabuhan kunci dari Armada Laut Hitam Soviet, merupakan bagian dari Ukraina. Dia meminta dukungan militer Rusia dalam membantu Serbia menghadapi serangan NATO di Kosovo pada awal 1999. Ia mendeklarasikan bahwa reunifikasi perlu antara masyarakat etnis Rusia dan masyarakat ber-bahasa Rusia ( rossiiane ) di ‘near abroad’ dan menjadi tujuan nasional. Ia pun meminta adanya konsolidasi 89 wilayah di Rusia menjadi 10 hingga 13 provinsi, dan meminta agar wilayah-wilayah federal tidak didesain untuk kelompok etnik minoritas seperti Tatars. Luzhkov juga mengkritik Yeltsin, kegagalannya dalam melakukan “ shock-therapy ” ekonomi dan ia menyatakan privatisasi adalah proses korupsi yang mentransfer aset-aset penting negara kepada kontrol oligarki. Media Pro-Luzhkov, terutama NTV, mempopulerkan kata baru seperti “ the Family ” dalam menyebut kelompok lingkaran dalam Yeltsin, yang dianggap seperti sindikat mafia. Di tahun 1998, ia mulai mengubah investasinya dalam suatu partai politik yang ia namakan Fatherland.

Pada awalnya, para pejabat Kremlin tidak merasa perduli dan takut dengan kemunculan Luzhkov, semenjak kebanyakan gubernur enggan untuk menyerahkan kepemimpinan kepada seseorang yang mereka lihat sebagai saingan utama dalam mendapatkan pendapatan dan investasi. Keadaan berubah ketika tanggal 17 Agustus 1999, ketika Luzhkov membuat aliansi dengan dua pemain penting lainnya. Tokoh terpenting adalah mantan Perdana Menteri Yevgeny Primakov yang dianggap sebagai politisi Russia paling populer saat itu semenjak ia telah berhasil mengatasi krisis ekonomi tahun 1998, dan perekonomian Rusia semakin membaik tahun 1999. Dipecat secara mengejutkan oleh Yeltsin pada Musim Semi tahun 1999 ia juga diejek oleh partai Komunis. Dengan adanya Primakov, gubernur-gubernur Rusia lainnya semakin ingin bergabung dengan organisasi Luzhkov. Hal ini mengindikasikan aliansi “ All Russia ” yang terdiri dari sejumlah gubernur terkuat Rusia, termasuk Gubernur Tatarstan Shamiev dan Bakhorkortostan Rakhimov, yang memberikan sejumlah dana bagi partai.

Keadaan ini membuat Kremlin waspada. Fakta bahwa semua politisi yang berbeda pendapat bersatu menjadi ancamam bagi seluruh struktur Kremlin. Meskipun Partai Komunis gagal dalam membawa Primakov ke dalam partainya, bahkan Primakov sendiri cukup sendiri yakin mampu memenangkan baik pemilihan Duma melalui partainya maupun pemilihan presiden. Kelompok Yeltsin cukup ketakutan akan peningkatan dukungan terhadap Primakov, apalagi ketika Primakov mengatakan bahwa presiden dapat diadili atas kesalahan yang ia lakukan selama menjabat. Pengadilan terhadap Yeltsin menjadi ancaman nyata bagi The Family dan Kremlin. Kelompok pendukung Yeltsin mulai mengadakan konsolidasi diantaranya, anak perempuan dari Yeltsin, Tatyana Dyachenko, pemilik perusahaan minyak Roman Abramovich, oligarkh Boris Berezovsky, dan kepala administrasi presiden Aleksandr Voloshin, serta menteri kereta api dan deputi pertama perdana menteri Nikolai Aksenenko, dan pejabat lainnya seperti Igor Shabdurasulov dan Valentin Yumashev. Setiap figur ini siap mengeluarkan sejumlah dana untuk mendukung Yeltsin daripada harus diadili oleh kelompok Primakov-Luzkhov jika mereka berkuasa.

Luzhkov merasakan bahaya menekan Kremlin, tetapi ia melihat keuntungan yang dapat didapat dengan menyerang korupsi yang dilakukan oleh Kremlin dan Yeltsin. Namun Luhkov sendiri berusaha untuk membantu Yeltsin agar tidak diadili dalam peradilan, misalnya saja ia mengusulkan agar semua mantan presiden harus menjadi anggota Federation Council seumur hidup, sebuah status yang membuat mereka imun terhadap segala tuduhan kriminal. Banyak dari anggota lingkaran dalam Yeltsin yaitu para pejabat dan penasehat berusaha berbagai cara untuk menjatuhkan dukungan masyarakat terhadap Fatherland-All Russia . Langkah pertama mereka adalah dengan mencoba melemahkan kerjasama dengan para gubernur dengan mengusulkan beberapa opsi kontra-koalisi untuk gubernur, namun gagal pada Agustus 1999. Usaha mereka lebih agresif di musim gugur 1999.

Selama musim panas 1999, para pejabat Kremlin memulai serangkaian langkah untuk perang media. Tujuannya bukan hanya untuk kampanye negatif bagi mengurangi popularitas dari Fatherland-All Russia pada para pemilih tapi untuk menghancurkan titik fokus partai ini. Target utama adalah Primakov, tetapi hal ini merupakan strategi Kremlin untuk Luzhkov sehingga mengubahnya menjadi seperti elang laut yang diberi pemberat berbau busuk di leher mantan perdana menteri itu. Primakov adalah target yang sulit dipahami mengingat reputasinya sebagai tokoh yang jujur dan statusnya sebagai “penyelamat nasional” menyusul krisis keuangan Agustus 1998. Kuncinya adalah pertama untuk membuat isu tidak baik bagi pihak asosiasi dekatnya, sang walikota Moskow, dan kemudian secara halus merongrong kewibawaan Primakov sendiri. Para pendukung setia Yeltsin akan membuat masalah dengan tindakan kolektif yang harus dihadapi oleh gubernur, yang pada gilirannya akan memfasilitasi strategi lain Kremlin untuk mencegah mereka bersatu untuk menguasai parlemen Rusia dan presiden.

Inti dari serangan Kremlin terbukti pada penciptaan acara “Sergei Dorenko Show” pada jaringan ORT yang dikuasai negara yang dibuat untuk program analisis terkenal jaringan NTV berita, Itogi. Untuk memahami bagaimana keberhasilan Sergei Dorenko Show adalah, harus dipahami dahulu dominasi acara Itogi yang sebelumnya dinikmati khalayak Rusia. Setiap malam Minggu di akhir 1990-an, masyarakat Rusia beralih ke program ini dari seluruh agama untuk berkomentar di berita, wawancara dengan pembuat kebijakan, dan pertunjukan wayang satir (Kukly) yang menampilkan karikatur paling terkenal politisi-politisi Rusia. Status ikonik Itogi begitu besar sehingga meskipun program lain di jaringan ORT, memiliki peringkat berita yang lebih tinggi dan dapat mencapai wilayah yang lebih NTV lakukan, keadaan baru berubah ketika masyarakat memberi perhatian kepada ORT ketika mengumumkan penjadwalan Sergei Dorenko Show. Semenjak Itogi terus melaporkan mengenai dugaan korupsi oleh lingkaran Kremlin dan semenjak pemilik NTV Vladimir Gusinsky merupakan partner dari Luzhkov sebagai kepada kelompok Most, para pengamat memandang pergerakan ORT merupakan cara yang dapat dilakukan oleh kelompok “ Family ” Yeltsin yang tidak populer dan dalam menghadapi hegemoni dari Itogi.

The Dorenko Show, langsung menyerang Luzhkov, dan ketika Itogi tidak mampu merespon dengan balasan dengan materi yang sesuai, rating Dorenko terus meningkat. Selama minggu-minggu ketika kampanye, Dorenko, menyerang Luzhkov dengan dugaan korupsi di birokrasi Moscow, hingga kemungkinan Luzkhov terlibat dalam pembunuhan pebisnis Amerika Serikat Paul Tatum.

Acara Dorenko secara mengejutkan sukses dan secara cepat berhasil mengalahkan Itogi dalam pertarungan merebut penonton pada acara analisis berita minggu malam. Para penonton Dorenko Show tidak hanya acara yang menghibur tetapi menjadi sumber informasi yang paling terpercaya. Menurut lembaga survey ROMIR menemukan bahwa acara Dorenko Show menjadi acara program analisa yang terpercaya di televisi Rusia, dipercayai 34% dari seluruh masyarakat Rusia. Hanya 23% yang menganggap komentator acara Itogi dapat dipercaya. Masyarakat pun percaya jika acara Dorenko Show bertindak adil dan netral terhadap semua kandidat.

Pihak terdekat Yeltsin memainkan peran utama dalam pembentukan Unity . Sosok Golovkov telah ramai diperbincangkan. Selain juga menjabat sebagai ketua perusahaan asuransi terbesar di Rusia, Golovkov secara jelas mengetahui secara jelas ikatan-ikatan Kremlin, setelah mengepalai aparat pemerintahan Perdana Menteri Gaidar dan telah menjadi kunci dalam pembangunan upaya Rusia sebalumnya baik untuk mendirikan partai kekuasaan sesungguhnya, Russia Choice pada tahun 1993 dan Our Home is Russia tahun 1995 sebagaimana telah disebutkan sebelumnya.

Sebagian besar upaya pemikiran dan kerja keras yang telah dilakukan oleh Boris Berezovsky, yang secara konsisten bermain dengan pendekatan baru dalam politik Pemilu. Salah satu dari pendekatan baru ini adalah pembentukan Bloc pemerintahan yang terdiri dari beberapa penguasa regional Rusia yang paling kuat, misalnya veteran perang Afganistan Aleksandr Rutskoi dari Kursk. Berezovsky mulai menyebut koalisi ini sebagai Muzhiki, yang dapat diterjemahkan sebagai “ Real Men ” atau “Pemimpin Sesungguhnya”. Salah satu pendukung Berezovski yang paling dekat di pemerintahan, Menteri Perkeretaapian yang cukup berpengaruh, Nikolai Aksenenko, melanjutkan upaya ini dengan beberapa keberhasilan, menargetkan untuk menghapuskan ketua provinsi Fatherland – All Russia . Sementara itu, saat pemerintah selanjutnya memutuskan mereka dapat terus bergerak tanpa moniker utama, hasilnya tanpa diragukan lagi adalah Blok Unity .

Upaya resmi untuk mengatur upaya tersebut adalah Deputi Pertama Administrasi Kepresidenan Igor Shabdurasulov, yang memerintah pada kongres pertama dari gerakan, ia menyangkal adanya dukungan Kremlin atas hal tersebut. Shabdurasulov mengeluarkan keputusan strategis utama bagi Blok dan mengadakan negosiasi atas nama Blok berkaitan dengan kebergabungan dengan gerakan. Sergei Shoigu, yang menjadi pemimpin partai secara formal, juga mengklaim memiliki peran dalam mengarahkan Unity , secara terbuka mengakui dukungan administrasi sekaligus mengklaim dirinya sebagai penggagas. Seorang anggota dari Our Home is Russia , Shoigu telah berupaya untuk bergabung dengan Unity sebagai bagian dari koalisi yang lebih luas dengan partai lamanya, tetapi kemudian ditekan untuk bergabung tanpa Chernomyrdin dan rekan-rekannya. Para penggagas juga kemudian membawa variasi dari mikro-organisasi sebagai founding partners atau rekan pemrakarsa sehingga dapat memperendah hambatan birokrasi, tetapi hal ini tidak memiliki peran yang cukup signifikan dalam kampanye atau pengambil keputusan secara organisasional.

Kelompok ini kemudian diatur sedemikan rupa untuk memperoleh tanda tangan pernyataan dukungan dari 39 gubernur pada awal Oktober. Dewan koordinasi yang telah diumumkan pada kongres pembentukan yang diadakan pada 3 Oktober 1999, termasuk beberapa orang Gubernur misalnya Rutskoi dari Kursk, Nazdratenko dari Primorski Krai, Platov dari Tver, Polezhaev dari Omsk, Nazarov dari Chukotka, Gorbenko dari Kaliningrad, Iliumzhinov dari Kalmykia, dan Nikolaev dari Sakha (Yakutiia). Pada akhirnya, bagaimanapun juga, dari keseluruhan pemimpin eksekutif regional ini, hanya Plativ yang menaruh namanya dalam daftar partai Unity .

Kampanye Unity . Dibentuk selama kurang dari tiga bulan sebelum Pemilu Duma dilaksanakan, para pembentuk Unity harus menempatkan daftar kandidat mereka sesegera mungkin, memberikan mereka suatu karakter yang cenderung tergesa-gesa. Menurut Shabdurasulov, pihak-pihak dipertimbangkan dalam proses inklusi hanya ketika mereka bukan merupakan politisi profesional, dan telah berada di luar pertempuran serta skandal politik utama di masa lalu dan berada dalam posisi yang memiliki kekuasaan tinggi. Ketika Putin tidak secara langsung mendukung Blok, Ia secara mengesankan merangkum pendekatan ini kepada rekrutmen kandidat dalam suatu upaya kepada ketua Pemilu regional: “Kita tidak membutuhkan patriot profesional, tetapi profesional yang patriotik.” Mereka secara agresif mendekati pihak-pihak yang terkenal, mengacu kepada sebuah troika yang hampir sepenuhnya baru dalam politik Pemilu.

Shoigu, salah satu menteri Yeltsin yang paling lama sejak 1999, merupakan menteri yang memiliki reputasi tinggi dalam situasi darurat, yang pencitraannya hampir selalu menjangkau para pemirsa televisi sebagai seorang pahlawan yang bekerja untuk megnatasi atau berususan dengan kejadian bencana yang diakibatkan oleh pihak-pihak lain. Ia juga sangat dipercaya dalam lingakaran Kremlin, dipercaya oleh Yeltsin dalam barikade politik selama upaya kudeta tahun 1991 di Uni Sovyet dan tetap menjaga citra politiknya tetap bersih sejak saat itu. Nama kedua dalam daftar adalah Aleksandr Karelin, pegulat GrecoRoman yang berhasil memenangkan berbagai rangkaian medali emas dan merupakan ikon budaya di Rusia. Nama ketiga adalah Aleksandr Gurov, yang dikenal sebagai seorang anti-korupsi dan struktur mafia. Kampanye televisi Unity dapat menyatukan slogan-slogan dan pencitraan kandidat berikut dalam suatu efek yang luar biasa: “ Russia must be honest ” (Gurov); “ Russia must be strong ” (Karelin); “ Russia must be saved ” (Shoigu). Upaya untuk mengerahkan segala upaya ini dilakukan dalam suatu permainan kata yang, dalam bahasa Rusia, menjadi sebuah akronim “ MeDvEd ” (BEAR). Kampanye tersebut secara utama menekankan pada simbolisme ursine, tidak hanya menggunakan bears atau beruang dalam iklan-iklan mereka tetapi juga mengirimkan aktivis untuk melakukan kampanye dengan menggunakan kostum seluruh badan atau bahkan menggunakan beruang sungguhan dalam kandang. Tidak satupun dari troika Blok, atau satupun dari Unity , yang sesungguhnya merupakan “ Putin’s People ” atau pendukung Putin, hal ini dikarenakan Putin masih sangat baru dalam Politik dimana Ia tidak memiliki tim intinya sendiri.

Seluruh kandidat lainnya kemudian didelegasikan kembali baik kepada 31 anggota distrik tunggal atau 181 slot dalam daftar partai regional dari perwakilan proporsional yang merupakan separuh dari suara dalam Duma. Kandidat-kandidat tersebut sebagian besar terdiri dari dua jenis pihak. Salah satunya mewakili kekuasaan gubernur. Karena sebagian besar pemimpin regional tidak cukup yakin dengan potensi kesuksesan partai baru, dan kemungkinan merasakan bahwa kemenangan hanya merupakan prioritas kedua, mereka cenderung untuk bergerak kepada fungsionaris dalam level yang lebih rendah atau sedikit pendukung lainnya untuk tempat-tempat dalam daftar tersebut. Tipe lainnya dalam kandidat Unity dapat dikategorikan sebagai “selebriti acak” atau random celebrity, mulai dari seorang astronot sampai pembawa acara televisi.

Tema kampanye Unity memberikan keutamaan pada gaya tetapi juga memasukkan beberapa substansi, setidaknya, kepada suatu kondisi yang juga dilakukan oleh kampanye Fatherland – All Russia . Sebagaimana yang diamati oleh Colton an McFaul, “ Unity dalam sebuah langkah mengerahkan sebuah sikap daripada program yang konkrit,” menempatkan tidak adanya keyakinan pada konsep abstrak seperti sosialisme atau kapitalisme. Merujuk kepada pernyataan tokoh penting Primorski Krai Yevgeny Nazdratenko, seorang pendukung Unity asli, “Ideologi dari Unity adalah kekurangan yang dimiliki oleh ideologi manapun.”

Di samping arogansi tersebut, pemimpin Unity menekankan beberapa permasalahan penting dalam masa kampanye, terutama yang ditekankan oleh Fatherland – All Russia . Sebagian besar secara kritis, hal ini berarti advokasi Fatherland – All Russia atas otonomi regional, sebuah elemen kunci yang menyatukan koalisi gubernur Luzhkov – Primakov. Sekretaris dari Dewan Koordinasi Fatherland – All Russia , terang-terangan dongkol dengan strategi Unity , menyebut kebijakan regionalnya sebagai plagiarisme murni ( pure plagiarism ) dan mencela upaya mereka sebagai tindakan yang akan membingungkan pemilih dan mengalihkan dukungan suara dari partainya. Unity bahkan bergerak lebih jauh dalam mengadaptasi ambiguitas Fatherland – All Russia dalam isu federalisme. Dalam salah satu sambutannya, Shoigu menyatakan bahwa gubernur secara jelas butuh untuk mengimplementasikan kebijakan federal dengan lebih patuh tetapi mempermanis pil pahit ini dengan menyerukan upaya penghapusan Pemilu dalam seluruh tingakatan di bawah gubernur. Landasan utama lainnya yang disebutkan secara publik oleh Shoigu selama kampanye mencakup tindakan keras di Chechnya, oposisi terhadap pembatasan aliran modal, dukungan atas sistem presidensialisme, dan penghapusan sistem pemberian daftar-partai dalam Duma.

Di antara keberadaan isu-isu tersebut, bagaimanapun juga, hanya sedikit penekanan pada ekonomi pasar bebas yang mana hal tersebut bertentangan dengan Fatherland – All Russia . Seiring dengan upaya untuk meningkatkan dukungan kepada gubernur yang pada dasarnya menandatangani surat dukungan kepada Unity , Shoigu mengunjungi banyak provinsi yang diperintah oleh pendukung All Russia, termasuk Ingushetiia, Tatarstan, Bashkortostan, dan St. Petersburg. Pemimpin formal Unity seringkali menghadirkan Presiden Tatarstan Shaimiev dengan suatu penghargaan yang berbeda dari kementriannya. Shoigu juga mengadakan upaya khusus untuk memenangkan dukungan gubernurgubernur yang sebelumnya merupakan bagian dari partai Our Home is Russia baik melalui paket wisata maupun kampanye telepon.

Hampir sepanjang musim gugur, upaya perekrutan gubernur menemui sedikit keberhasilan. Sebagaimana telah disenutkan diatas, hanya satu gubernur yang meminjamkan namanya kepada daftar Blok untuk kompetisi representasiproporsional ( proportional-representation ) (PR), Tver’s Platov, dan hanya satu wilayah lainnya, Kursk, yang menginvestasikan jumlah perwakilan administrasi secara cukup signifikan. Bahkan tidak terdapat wakil gubernur diantaranya. Perwakilan dari wewenang negara bagian regional yang muncul dalam daftar PR partai Unity sebagian besar adalah pejabat pada raion sub-regional atau tingkat pedesaan. Hal ini menunjukkan volume ketika untuk bagaimana gubernurgubernur di blok ini memiliki prospek politik dan cukup konsisten dengan interpretasi bahwa Bloc tidak dianggap oleh para gubernur memiliki tujuan utama untuk menang tetapi untuk menghambat kinerja Fatherland – All Russia .

Ketika karir politik Putin mulai meningkat pada bulan November, fondasi dari strategi kampanye Unity adalah dukungan Putin untuk maju sebagai Presiden Rusia yang baru. Shoigu menekankan bahwa tujuan utama adalah untuk memenangkan sejumlah kursi yang besar dalam fraksi Duma untuk mendukung Putin melalui Duma, meskipun dengan sangat hati-hati ditekankan bahwa Unity bersikap pro-pemerintah (menyiratkan Putin), dan tidak pro-Kremlin (menyiratkan Yeltsin). Putin, yang popularitasnya jauh melebihi Unity pada bulan Oktober dan November 1999, secara perlahan menjauhkan dirinya dari blok selama periode tersebut karena Putin tidak meyakini bahwa Unity akan mengalami kesuksesan.

Pada akhir Oktober 1999, presentase dari pemilih yang menyatakan akan memilih Unity menggantung pada angka sekitar 5 persen dari ambang batas untuk kompetisi daftar-partai. Secara jelas, Kremlin berharap dapat mencederai Luzhkov dan Primakov dengan menunjukkan kinerja buruk partai mereka. Para pendukung Putin justru mengalami kekhawatiran bahwa mereka akan dicederai juga ketika mendukung suatu partai, kemudian partai yang didukung memperlihatkan kinerja yang mengecewakan, sebagaimana kekuasaan partai di masa lalu melemahkan pemimpin-pemimpin mereka. Selain itu, Putin sangat disukai oleh masyarakat luas, dan para ahli strategi Kremlin yang memiliki reputasi tinggi meyakini bahwa dengan menempatkan posisinya di belakang salah satu partai, Putin akan mengalienasi beberapa pihak pendukungnya. Pada pertengahan November, hasil poling secara konsisten menunjukkan Unity hanya memperoleh sedikit di atas 5 persen, yang tidak cukup untuk meyakinkan para ahli strategi Putin bahwa partai tersebut bukanlah pecundang. Penasihat-penasihat Putin juga meyakini saat itu bahwa Putin telah mengalami peningkatan yang memadai dalam ketatanegaraan untuk menjadikan Putin sebagai titik fokus yang layak pada pembentukan koalisi gubernur nasional dan jika Putin kembali ke Unity , banyak pemimpin regional akan mengikuti.

Coup de grace atau tindakan yang mengakhiri penderitaan hadir ketika Putin akhirnya mendukung Unity secara pasti pada televisi nasional pada akhir November 1999. Dengan Shoigu berada di sisinya, Putin menyatakan bahwa “Saya pribadi, sebagai seorang warga negara, akan memberikan suara saya untuk Unity .” Secara cepat Unity mengalami peningkatan, menerbitkan press release yang menyatakan bahwa “ Unity mendukung Putin dan Putin bergantung pada Unity . Dan hal ini adalah ikatan kemenangan.” Hampir dalam waktu yang sangat cepat, peringkat Unity meningkat drastis, dari 9 persen minggu sebelumnya menjadi 18 persen sesaat setelah pernyataan dukungan tersebut. Ketika para pemilih akhirnya berhasil disatukan, Unity muncul dengan 23 persen, menempatkan Unity di posisi kedua dan hanya tertinggal 1 persentase di belakang Partai Komunis Federasi Rusia.

Hal ini merupakan keberhasilan yang mengejutkan, terutama ketika Shabdurasulov menyatakan fenomena ini sebagai “revolusi” dan “terobosan kolosal”, sekaligus menghadirkan suatu pukulan telak kepada Fatherland – All Russia , yang tertinggal dengan hanya memperoleh 13 persen dari penghitungan kertas suara setelah diproyeksikan akan suatu muncul persaingan yang kuat, jika bukan kemenangan mayoritas, jika mengacu pada musim panas 1999. Hasil 13 persen ini sesungguhnya cukup bagus jika mengacu pada standar dari upayaupaya sebelumnya untuk memenangkan suara untuk pihak yang mengakui dirinya sebagai kelompok statist dan partai centrist (terpusat), yang sebelumnya bahkan tidak pernah mencapai ambang batas 5 persen dalam Pemilu Duma. Tetapi dengan ekspektasi sebelumnya, hal ini tidak lain merupakan bencana bagi partai. Ketika Luzhkov telah menyerahkan ambisi presidensialnya sebelumnya pada musim gugur, Primakov melihat tulisan di tembok sesaat setelah Pemilu dan menyetjui untuk bekerja di Duma daripada mencari kantor politik yang lebih tinggi. Hal ini berarti kemenangan presidensial bagi Unity .