Apa yang kamu ketahui tentang Ikan Naga Hitam atau Black Dragonfish ?

Ikan Naga Hitam atau Black Dragonfish

Ikan Naga Hitam atau Black Dragonfish, nama ilmiahnya adalah “Idiacanthus Atlanticus”, ikan ini bertubuh panjang dan ramping yang hidup di bagian mesopelagic dan bathypelagic perairan lautan di dunia. Biasanya ditemukan pada kedalaman antara 1500 – 2000 meter atau 5000 – 7000 kaki.

Seperti kebanyakan ikan yang hidup di dasar laut yang dalam, Black Dragon Fish dapat menghasilkan cahaya sendiri. Ikan ini dapat menghasilkan cahaya dalam kisaran warna merah, serta biru.

Apa yang kamu ketahui tentang Ikan Naga Hitam atau Black Dragonfish ?

Ikan Naga Hitam

Spesies ini memiliki kasus paling aneh pada dimorfisme seksual dari seluruh kerajaan hewan. Ukuran untuk betina biasanya mencapai panjang sekitar 40cm , sedangkan jantan hanya tumbuh dengan panjang sekitar 5cm. Fungsi tunggal mereka dalam hidup adalah reproduksi.
Ketika dalam bentuk larva, matanya hampir terlepas dari tubuh, yang terletak di ujung batang fleksibel panjang yang hampir sepanjang tubuh larva. Mata ini kemudian perlahan-lahan mundur ke dalam tengkorak seiring pertumbuhannya.

Spesies ikan ini berburu dengan bantuan sebuah “iming-iming” yang bercahaya di ujung barbel yang terletak di dagu. Black Dragon Fish menggunakan iming-iming ini untuk menarik mangsa yang salah megira iming-iming tersebut adalah makanan.