Apa yang kamu ketahui tentang foto Lanskap?

Foto lanskap merupakan foto bentangan alam seperti, unsur langit, daratan dan air, dengan adanya unsur pendukung manusia, hewan, dan tumbuhan. Ekspresi alam serta cuaca menjadi moment utama dalam menilai keberhasilan membuat foto lanskap. Mengetahui jenis-jenis foto lanskap diantaranya :

  1. FOTO ARSITEKTUR
    Bangunan-bangunan dalam berbagai ukuran, bentuk, warna dan desain. Dalam jenis foto ini menampilkan keindahan suatu bangunan baik dari segi sejarah, budaya, desain dan konstruksinya. Memotret suatu bangunan dari berbagai sisi dan menemukan nilai keindahannya menjadi sangat penting dalam membuat foto ini. Foto arsitektur ini tak lepas dari hebohnya dunia arsitektur dan teknik sipil sehingga jenis foto ini menjadi cukup penting peranannya.

  2. FOTO STILL LIFE
    Foto still life adalah gambar dari benda atau obyek mati. Membuat gambar dari benda mati menjadi hal yang menarik dan tampak “hidup”, komunikatif, ekspresif dan mengandung pesan yang akan disampaikan merupakan bagian yang paling penting dalam penciptaan karya foto ini. Foto still life bukan sekadar menyalin atau memindahkan objek ke dalam film dengan cara seadanya, karena bila seperti itu yang dilakukan, namanya adalah mendokumentasikan. Jenis foto ini merupakan jenis foto yang menantang dalam menguji kreatifitas, imajinasi, dan kemampuan teknis.

  3. FOTO JURNALISTIK

    Foto jurnalistik adalah foto yang digunakan untuk kepentingan pers atau kepentingan informasi. Dalam penyampaian pesannya, harus terdapat caption (tulisan yang menerangkan isi foto) sebagai bagian dari penyajian jenis foto ini. Jenis foto ini sering kita jumpai dalam media massa (Koran, majalah, bulletin, dll).

Foto lanskap adalah satu bagian atau porsi dari pemandangan yang di lihat dari sebuah titik pandang tersendiri. Pemandangan merupakan subjek utama dari sebuah foto lanskap. Pada umumnya, orang dan binatang tak nampak dalam foto lanskap, meskipun kadang-kadang juga muncul dalam tampilan gambar, namun kelihatan kecil, serta termasuk menjadi bagian dari komposisi untuk menunjukkan skala. Beberapa fotografer berpendapat bahwa lautan pantai, kota, serta bangunan buatan manusia secara umum tidak termasuk dalam foto lanskap, dan isi dalam foto tersebut lebih akurat jika disebut sebagai hamparan laut atau bentangan kota yang luas. Dari pendapat tersebut, mungkin benar bahwa lanskap adalah sebuah gambar hamparan alam dan seluruh isinya yang alamiah. Jadi dengan begitu, jika pemandangan alam mendominasi sebuah gambar, itu dapat disebut sebuah foto lanskap, yang di dalamnya juga terdapat sebuah rumah petani dari kejauhan, hiruk-pikuk perkotaan pada garis horisontal dalam gambar atau sebuah jalan raya/ setapak yang terdapat pada latar depan foto.

foto lanskap

Contohnya dalam gambar di atas bahwa foto lanskap lebih melihat keindahan alam. Matahari terbit, pegunungan mega, aliran sungai yang indah, serta orang yang terlihat sangat kecil. Fotografi lanskap dapat menjadi cara untuk melihat seluruh isi dunia yang menawan serta menunjukkan seni dalam hidup.

FOTO LANSKAP HARUS MEMILIKI SEBUAH TUJUAN


  1. MENCERITAKAN SEBUAH KISAH
    Sebuah foto Lanskap yang bagus harus menjalin sebuah hubungan dengan penyimaknya, dan menceritakan sebuah kisah. Sebuah foto lanskap yang bagus akan tetap membuat anda tertarik dan menemukan suatu poin penting dalamnya, meski telah berbulan-bulan anda memotretnya. Foto lanskap yang bagus dapat mengingatkan anda pada tempat atau waktu tertentu serta suatu masa dalam hidup anda.

  2. BERBAGI PERASAAN DALAM SUATU KESEMPATAN
    Aspek lain dari fotografi lanskap, yaitu untuk berbagi perasaan yang hadir dalam kesempatan terbaik dalam satu waktu. Satu hal yang dapat dilihat dan menakjubkan yang datang dari diri anda, yang mungkin momen tersebut juga dapat di bagikan dengan yang lain.

  3. APA YANG TIDAK TERMASUK FOTOGRAFI LANSKAP?
    Fotografi lanskap bukan foto jurnalis, karena bukan sebuah dokumentasi. Tujuan foto lanskap tidak hanya mementingkan untuk mengambil gambar pemandangan dengan cara yang biasa. Pada banyak kesempatan, kita sebenarnya menanti di mana kondisi berubah, dari biasa-biasa saja menjadi luar biasa.

  4. TANTANGAN DAN PERALATAN
    Fotografi Lanskap, bisa menjadi tantangan yang berisi tentang semua kendala yang anda temui saat ingin memotret alam luar. Anda tidak memiliki bantuan suara dan musik, seperti saat membuat video dan saat anda berada disebuah studio. Anda harus siap bekerja dengan dunia luar, yang alami (seperti seorang pelukis yang memiliki banyak ide) serta anda tak memiliki pencahayaan, seperti saat berada dalam studio, ada cahaya yang dapat membantu anda untuk memperoleh detail terbaik dari tiap pemotretan. Intinya, foto lanskap mengajarkan anda untuk mencoba memotret dan menyusun gambar dalam tampilan yang dinamis, serta ketetapan yang menciptakan keselarasan dalam dua dimensi.

BENTUK-BENTUK FOTOGRAFI LANSKAP


1. Fotografi reprentasi, dapat menjadi sebuah pemikiran “apa yang Anda lihat, itulah yang Anda dapatkan”. Dalam bentuk fotografi lanskap ini, fotografer tidak melakukan apa-apa untuk mengubah tampilan tapi hanya memotret keindahan asli dari alam dan seisinya. Komposisi dalam fotografi, cahaya, waktu yang tepat serta cuaca merupakan aspek terpenting ketika menggunakan teknik ini. Banyak hal, seperti lukisan yang mengesankan, foto lanskap dapat membangun teknik yang berkesan serta menggunakan penyaring gambar yang lebih lembut yang dapat memberi foto Anda efek ilusi. Meskipun penyimak foto Anda masih dapat melihat subjek dalam foto Anda itu apa, gambar yang sesungguhnya mungkin sudah tidak tajam dan jernih lagi.

2. Foto lanskap impressi adalah sebuah pemandangan seni dari sebuah tampilan lanskap. Fotografer lanskap membangun teknik fotografi dan tujuan tersendiri mereka untuk menciptakan sebuah gambar yang lebih sarat makna, lebih emosional atau terlihat kreatif dalam tampilan. Ini merupakan jenis fotografi subjektif, sebab tiap orang yang memandang foto akan merasakan sesuatu yang berbeda mengenai tampilan gambar. Fotografi lanskap impressi tidak nyata, dan lebih berilusi daripada fotografi lanskap representasi. Akan tetapi, masih tergolong dalam foto lanskap sebab fitur-fitur yang di tampilkan dalam gambar masih menunjukkan keindahan alam. Penyimak foto menjadi terkesan dari hasil karya para fotografer lanskap, yang mempunyai maksud/tujuan yang ingin disampaikan dalam gambar, daripada realita sebenarnya yang ada dalam tampilan.

3. Foto lanskap abstrak. Fotografi menggunakan sekumpulan teknik variasi, yang di namakan bentuk dan pendekatan untuk memotret aspek alam, akan tetapi tidak selamanya termasuk dalam lanskap. Hasil karya dari fotografi selalu berkaitan dengan pola, bentuk serta pandangan menyeluruh secara dekat. Fotografi lanskap tidak selamanya adalah fotografi alam, lanskap urban/perkotaan berisi gedung-gedung pencakar langit juga dapat menciptakan gambar yang menakjubkan. Garis, sudut, bentuk, serta bangunan-bangunan tinggi memberi banyak pilihan bagi para fotografer lanskap untuk berkarya.

4. Fotografi Lanskap Pedesaan menggambarkan sebuah pemandangan yang tidak ada manusia di dalamnya, tapi gambar tersebut mengisyaratkan bahwa ada manusia yang tinggal dalam foto tersebut. Kebanyakan gambar dari hasil fotografi ini diambil didaerah luar perkotaan atau di ladang/perkebunan, contohnya: daerah pertanian.

5. Fotografi Hamparan Laut/Seascapes, yaitu foto lanskap yang menunjukkan pemandangan hamparan pantai, lautan atau bentangan lautan yang luas. Fotografi seascapes yang paling menakjubkan yaitu saat darat dan lautan bertemu. Dalam fotografi ini juga biasanya terdapat aktifitas manusia atau bangunan-bangunan hasil karya manusia.

6. Fotografi Lanskap Urban/Pemandangan di Perkotaan. Fotografi ini menggambarkan tampilan perkotaan serta banyaknya kegiatan/hiruk-pikuk manusia di dalamnya. Genre/aliran lainnya yang termasuk dalam kategori fotografi ini, yaitu:

  • Fotografi Cityscape – “tampilan terbesar” yang menunjukkan kemegahan/keramaian perkotaan.
  • Fotografi Arsitektur – lebih berfokus pada bangunan arsitektur serta aktifitas disekitarnya.
  • Fotografi Candid Street – menggambarkan aktifitas /kegiatan manusia yang berinteraksi dalam foto city landscape.
  • Fotografi Lanskap Dokumentasi/mengenai lingkungan. Fotografi jenis ini murni, tidak terdapat pengaruh manusia di dalamnya, inti dari foto ini hanya detail yang diciptakan dari alam sesungguhnya yang terlihat pada foto lanskap. Bergantung pada subjek apapun, serta komposisi dalam tampilan. Fotografi lanskap jenis ini juga dapat di pertimbangkan dalam genre/aliran “fotografi alam”.

sumber:
foto.co.id

1 Like

Fotografi lansekap adalah seni menangkap gambar alam dan luar ruangan dengan cara yang membawa penikmat dalam pemandangan. Dari bentang alam agung hingga detail yang spesifik, foto-foto terbaik menunjukkan hubungan fotografer sendiri dengan alam dan menangkap esensi dunia di sekitar mereka.

Pemandangan menangkap gambar yang mewujudkan semangat alam terbuka. Membawa perasaan berada di sana untuk melihat sesuatu yang luar biasa. Merasakan emosi yang sama dengan yang dirasakan sang fotografer, berdiri di tengah alam dan mengembalikan sesuatu yang luar biasa.