Apa yang kamu ketahui tentang FEALAC?

Apa yang kamu ketahui tentang FEALAC?

Apa yang kamu ketahui tentang FEALAC?

Forum for East Asia Latin America Coooperation (FEALAC) adalah sebuah asosiasi dari 36 negara dari Asia Timur dan Amerika Latin yang bersama-sama untuk pertama kalinya untuk membentuk saluran dialog resmi dan teratur antara kedua kawasan. Modalitas dialog FEALAC Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri yang berlangsung dua tahunan.

Di bawahnya terdapat Pertemuan Tingkat Pejabat Tinggi yang bertugas mengkoordinir persiapan PTM dan memonitor pelaksanaanya agar semua keputusan PTM dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan Negara-negara anggota. SOM bertemu setiap tahun, termasuk pertemuan persiapan FMM. Di bawah SOM, terdapat modalitas penting yang menjadi pilar penunjang dan mesin yang menggerakkan FEALAC, yaitu working group (WG) yang beranggotakan pejabat tingkat teknis Negara-negara anggota. working group menjaga keberlanjutan kegiatan FEALAC dan bertanggung jawab sebagai project manager yang menyusun spesifikasi rinci rencana kerjasama bi-regional. Terdapat tiga Working Group , yaitu:

  1. Working Group on Politics, Culture, Education and Sports/WG I

  2. Working Group on Economy and Society/WG II ;

  3. Working Group on Science and Technology/WG III, dan Sub Working Group on Tourism

Masing-masing working group memilih satu co-chair dari tiap kawasan. Working Group mengadakan pertemuan sekali dalam satu tahun untuk membahas perbaikan dan pengembangan proyek serta melaporkannya pada SOM.

Sejak Indonesia bergabung pada tahun 2001 sampai pada tahun 2003 Indonesia belum terfokus pada kepentingan ekonomi dalam hal ini adalah ekspor ke negaranegara Amerika Latin tetapi lebih kepada kerjasama dalam penanganan isu-isu terorisme, timbulnya bencana alam yang disebabkan oleh perubahan iklim dan munculnya penyakit menular. Namun, kepentingan ekonomi pada FEALAC terlihat pada tahun 2009 ketika Indonesia melaksanakan outreach program.

Meskipun kepentingan Indonesia di bidang ekonomi dalam FEALAC sudah terlihat sejak tahun 2009, namun upaya yang dilakukan untuk meningkatkan perdagangan masing kurang intensif karena FEALAC outreach program yang selama itu dilaksanakan masih sekedar sosialisasi dan memperkenalkan kerjasama FEALAC kepada Pemerintah Daerah dan pengusaha yang masih terbatas. Untuk mencapai kepentingan dalam rangka meningatkan akses pasar barang dan jasa serta mengamankan kebijakan perdagangan internasional menjadikan Pemerintah Indonesia menyiapkan strategi berupa fungsi diplomasi ekonomi untuk kepentingan perdagangan.

Dalam hal ini, peran diplomasi sangat penting untuk mencapai kepentingan nasional pada proses negosiasi dan pembuatan kebijakan di tataran internasional serta menjadikan peran diplomasi ekonomi sebagai salah satu instrumen penting dalam politik luar negeri lebih khusus dalam rangka meningatkan akses pasar barang dan jasa serta mengamankan kebijakan perdagangan internasional.