Apa yang kamu ketahui tentang AMISOM?

Apa yang kamu ketahui tentang AMISOM?

Apa yang kamu ketahui tentang AMISOM?

AMISOM adalah sebuah misi yang dilaksanakan di bawah African Union, Organisasi Kontinental di Afrika. Sejarah AMISOM dapat dilihat dari Resolusi 1725 Dewan Keamanan PBB yang intinya adalah komitmen DK PBB untuk penyelesaian masalah di Somalia melalui Transitional Federal Charter. Banyak hal-hal yang berkaitan dengan teknis, berdasarkan resolusi ini, seperti kenapa negara yang berbatasan dengan Somalia tidak menerjunkan pasukan ke Somalia. Dan beberapa lagi resolusi-resolusi yang diloloskan oleh DK PBB yang pada akhirnya akan menjadi dasar dibentuknya AMISOM. Selain itu, sebenarnya, AMISOM ini juga salah satu hasil dari upaya IGAD untuk negosiasi dan rekonsiliasi Somalia.

AMISOM dibentuk pada 19 Januari 2007 dan memiliki mandat berdurasi 6 bulan. Bila dirasa masih diperlukan, mandat akan diperbarui oleh DK PBB. AMISOM menggantikan dan melanjutkan IGASOM (Inter-Governmental Authority on Development (IGAD) Peace and Support Mission to Somalia) yang digagas oleh IGAD pada September 2006. Meskipun sudah dibuat pada 19 September 2007, namun persetujuan DK PBB agar AU menurunkan misi perdamaian baru turun pada 20 Februari 2007.
Tujuan dari misi perdamaian ini adalah untuk mendukung kongres rekonsiliasi nasional dan meminta laporan dalam waktu 60 hari dalam misi perdamaian PBB yang dimungkinkan. DK PBB mengotorisasi misi AU ini untuk menggunakan segala cara yang layak untuk memberikan dukungan untuk dialog dan rekonsiliasi dengan mendukung pergerakan yang bebas, jalur yang aman dan perlindungan untuk semua yang terlibat dalam kongres rekonsiliasi nasional termasuk semua pemegang kepentingan, yaitu pemimpin politik, pemimpin klan, pemimpin agama dan perwakilan anggota masyarakat.

Invasi Ethiopia ke Somalia juga salah satu hal yang menyebabkan AMISOM ini dibentuk. Karena adanya sentimen agama dan kecurigaan bahwa Ethiopia adalah salah satu aktor yang berada di bawah pengaruh Amerika Serikat, keberadaan tentara Ethiopia di Somalia adalah hal yang dikhawatirkan justru akan berdampak buruk. Oleh karena itu, dengan adanya AMISOM, diharapkan bahwa perdamaian dapat lebih terlaksana karena AMISOM menggantikan tentara Ethiopia yang dicurigai memiliki kepentingan tertentu.

Misi AMISOM

Misi AMISOM adalah sebuah respon dari AU terhadap kondisi Somalia yang tidak mengalami perbaikan dan juga masalah terhadap kemanusiaan yang semakin lama semakin memprihatinkan. Teknis dan pelaksanaan misi AMISOM ini akan dibahas dalam bab ini. Keberhasilan dari sisi kinerja AMISOM juga akan dilihat sebagai salah satu penentu keberhasilan misi AMISOM.

Misi tersebut adalah misi lanjutan dari IGASOM yang memiliki tujuan yang hampir sama, yaitu mendukung pembentukan pemerintahan transisi. Tujuannya adalah untuk mendukung pemerintahan transisi untuk membentuk pemerintahan tetap agar tercipta pemerintahan Somalia yang berdaulat dan memegang penuh kendali atas Somalia.