Apa yang kamu ketahui mengenai wisata budaya suku dayak tomun?

image

Suku dayak tomun, wisata budaya yang ada di Kalimantan. Apa yang kamu ketahui mengenai wisata budaya suku dayak tomun?

Suku Dayak Tomun di Desa Lopus hidup dengan aturan adat yang kuat. Harmoni antara suku dayak dan alam dapat dilihat di sana. Desa Lopus terletak di Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. Akses menuju Desa Lopus cukup mudah. Dari Jakarta traveler dapat menggunakan transportasi pesawat atau kapal laut menuju Pangkalan Bun.

Dari Pangkalan Bun dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Kecematan Delang menggunakan bus umum sekitar 4 jam perjalanan dan berhenti tepat di Desa Lopus yang sudah dilalui jalan aspal trans Kalimantan. Masyarakat desa Lopus yang sebagian besa dari Suku Dayak Tomun sangat ramah. Keramahan itu salah satunya dibuktikan dengan disediakannya rumah singgah (guest house) bagi treveler dengan biaya yang sangat murah. Traveler yang mengunjungi Desa Lopus dapat memilih aktivitas sesuai minatnya masing-masing.

Sebelum beraktivitas di Desa Lopus, biasanya tetua adat akan melakukan ritual sederhana bagi traveler. Ritual tersebut biasanya dengan pemakaian tali di lengan traveler yang dikenal dengan nama ikat tongang. Ikat atau gelang ini dipercaya sebagai pelindung dari mara bahaya yang dapat menimpa traveler.

image

Sungai Delang yang melintasi desa Lopus menjadi salah satu obyek wisata tersendiri. Suku Dayak Tomun di desa Lopus mahir menvari ikan dengan menyelam dan menggunakan tombak. Sungai Delang yang jernih ini mendukung aktivitas pencarian ikan sebagai aktraksi budaya yang punya nilai tersendiri. Beberapa masyarakat Suku Dayak Tomun di Desa Lopus adalah perajin mandau, senjata khas suku Dayak. Jika beruntung maka treveler dapat menyaksikan bagaimana para perajin mandau membuat senjata ini dengan cita rasa seni yang tinggi.

image

Jika traveler tertarik dengan senjata sumpit, masyarakat dengan senang hati bisa mengajarkan traveler menggunakan senjata tersebut. Kegiatan menyumpit sudah mulai dikembangkan menjadi olah raga prestasi di Kalimantan Tengah. Tentu saja butuh konsentrasi dan teknik khusus untuk menggunakan senjata sumpit.

1 Like