Apa yang kalian ketahui tentang genre film komedi?

Film dapat menyebakan perasaan penonton bahagia, sedih, menangis, ataupun tertawa lepas karena lucu.

Film komedi adalah genre film di mana penekanan utama adalah pada humor. Film dalam gaya tradisional ini memiliki akhir yang bahagia (komedi hitam yang pengecualian). Salah satu genre tertua dalam film, beberapa film bisu pertama adalah komedi. Komedi, tidak seperti genre film lainnya, menempatkan fokus lebih pada individu bintang, dengan banyak mantan komedian berdiri transisi ke industri film karena popularitas mereka. Sementara banyak film komik cerita ringan tanpa maksud lain selain untuk menghibur, yang lain mengandung komentar politik atau sosial.

Film komedi (comedy) merupakan jenis film yang tujuannya adalah membuat penonton tertawa. Dalam film komedi terdapat humor lucu dan kocak yang membuat tertawa, baik lewat adegan, tingkah laku, situasi, hingga dialog, percakapan, dan punchline yang ditampilkan dalam film.

Beberapa subgenre film comedy di antaranya adalah :

  • Black comedy, merupakan jenis film komedi yang menyinggung hal-hal tabu seperti kematian, pembunuhan, kriminal, dan hal satir lain, contohnya seperti Dr. Strangelove, Burn After Reading, The Wolf of Wall Street, dan Once Upon a Time in Hollywood.
  • Parody atau spoof, merupakan jenis film komedi yang memparodikan film atau karya lain, contohnya seperti Blazing Saddies, Airplane, dan Scary Movie.
  • Slapsticks, merupakan jenis film komedi yang mengandalkan humor secara fisik dan komikal, contohnya seperti Johnny English, Meet the Parents, dan Home Alone.
  • Fish Out of Water, merupakan istilah film komedi saat karakternya berada di situasi yang asing dan tak terduga, contohnya seperti The Big Lebowski, A Serious Man, dan Police Academy.