Apa yang harus saya lakukan agar mendapat nilai yang lebih baik ?

mendapat nilai yang lebih baik

Dalam sistem pendidikan sekarang ini, nilai akademik merupakan hal yang sangat penting.
Walaupun kemampuan selain bidang akademik juga penting, namun dalam mencari pekerjaan nilai tersebut sangatlah memengaruhi pertimbangan perusahaan yang akan saya lamar.

Saya sebagai mahasiswa terkadang merasa bahwa nilai saya kurang memuaskan. Padahal saya sudah belajar dengan giat.

Adakah saran agar saya mendapat nilai yang lebih baik ?

Jika kamu sulit mendapatkan nilai yang tinggi dalam suatu mata kuliah, kamu bisa membuat rata-rata nilaimu menjadi tinggi dengan cara berikut ini :

  1. Menghadiri semua kelas
    Memang sudah jelas bahwa kamu harus hadir. Meskipun dosen hanya menyuruh presentasi tanpa menjelaskan apapun, kamu harus tetap hadir di kelas.Hadir di kelas dapat membuatmu menyerap ilmu yang ada. Selain itu, ada daftar kehadiran yang akan memengaruhi nilai. Sebisa mungkin kehadiranmu tidak boleh kurang dari 80% bisa jadi kehadiran ini membuat nilaimu menjadi lebih baik walaupun tidak terasa. Jangan lupa duduk di barisan depan agar kamu dapat mendengar dengan jelas apa yang disampaikan dosen.

  2. Dekati dosen
    Setiap dosen memiliki kepribadian dan kebiasaan masing-masing saat berada di kelas.
    Jadi sejak semseter awal kamu harus sudah mengenal siapa dan bagaimana cara dia mengajar. Ketika kamu mengenal dosen, maka kamu tidak khawatir bila dosen tiba-tiba mengadakan quiz secara mendadak. Kamu tidak canggung jika ingin bertanya seputar materi yang telah disampaikan olehnya. Jangan malu-malu untuk melakukan konsultasi dengan menemui dosen di ruangannya, mereka pasti membantu jika kamu mendapatkan kesulitan mengenai hal belajar.

  3. Miliki rencana
    Kamu sudah menjadi mahasiswa, sudah saatnya untuk bisa mengatur segala sesuatu. Saat menjadi mahasiswa kamu akan melakukan berbagai macam pekerjaan dalam satu waktu, mulai dari belajar, berorganisasi, mengerjakan tugas, dsb. Kamu mungkin akan kerepotan bila tidak memiliki rencana sebelumnya. Rencanakan harimu pada kalender atau handphone agar kamu terus ingat. Kamu perlu membuat pengingat bahwa hari ini kamu akan kuliah jam berapa, di gedung mana, siapa dosennya, dsb.

  4. Gunakan waktu dengan bijak
    Waktu merupakan musuh utama saat menjadi mahasiswa. Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat dan deadline tugas sudah sebentar lagi. Tanamkan dalam dirimu bahwa kamu harus menghargai waktu dan bekerja keras demi meraih kesuksesan. Ketika kamu memiliki waktu luang, sebaiknya digunakan untuk mengerjakan tugas atau berdiskusi dengan teman. Kamu juga harus tahu kapan waktunya untuk beristirahat, menonton televisi atau mengobrol bersama teman akan membuat mu termotivasi kembali. Kamu harus bersikap tegas dan berkata “tidak” ketika teman mu mengajak bermain disaat ada tugas atau akan quiz karena kamu harus tahu mana yang harus kamu prioritaskan.

  5. Rajin mencatat
    Alasan lain untuk hadir di kelas adalah agar bisa mencatat apa yang disampaikan oleh dosen. Catatan adalah hal penting untuk kita agar mengetahui materi apa saja yang telah disampaikan dan yang akan diujikan nantinya. Jadilah pendengar yang baik ketika berada di kelas, bukan berarti menjadi pendengar dari pembicaraan temanmu, tetapi mendengar apa yang disampaikan dosen. Jangan mengobrol, bermain handphone, atau tidur saat kelas sedang berlangsung. Kita tidak perlu mencatat semua yang dikatakan oleh dosen, tetapi mencatat garis besar dan hal yang penting saja.

  6. Gunakan buku referensi
    Alasan mengapa dosen memberitahu sumber referensi adalah agar kamu membacanya dan belajar mandiri. Buku referensi dan soft file dari dosen akan membantumu dalam belajar.
    Dalam buku referensi kita mengetahui kata-kata yang penting dan belajar kosa kata baru karena biasanya buku referensi berbahsa asing.

  7. Ikuti aturan penulisan
    Ada beberapa dosen yang mengharuskan mahasiswanya membuat laporan yang ditulis tangan. Tidak hanya yang ditulis tangan, tapi kita juga harus mengetahui tata cara penulisan seperti menulis laporan praktikum, esay, artikel,dsb. Beberapa dosen tidak menerima tugas yang kamu kerjakan karena penulisannya yang salah.

  8. Belajar, belajar, dan belajar
    Sudah jelas bahwa kita memang harus belajar agar mendapat nilai yang bagus. Tapi belajar yang baik bukan diukur lewat kuantitasnya, tetapi melalui kualitasnya. Kamu harus membuat jadwal belajar yang efektif, apakah kamu lebih mudah mencerna pelajran saat pagi, siang, atau malam. Dan masih banyak metode belajar yang bisa kamu terapkan agar nilai mu menjadi lebih baik. Terkadang kita butuh teman untuk melakukan belajar bersama, karena dengan belajar bersama seperti itulah kita bisa menambah ilmu-ilmu baru dan menguasai ilmu-ilmu lama. Selain itu belajar kelompok juga membuat mu merasa nyaman dan senang.

  9. Siap menghadapi ujian
    Hampir semua universitas mengadakan ujian untuk mengevaluasi para mahsiswanya. Ujian-ujian inilah yang sangat penting dan paling berpengaruh terhadap nilai. Kamu perlu mempersiapkan diri dengan belajar jauh sebelum ujian, setiap dosen juga memiliki kriteria penilaiannya masing-masing. Kamu harus tahu materi apa saja yang akan diujikan dan berhati-hati dalam menjawab, jika kamu ragu sebaiknya tidak perlu kamu isi. Jangan sampai kamu mencontek, konsekuensi dari mencontek berbeda-beda sesuai kebijakan dosen dan universitas. Tapi yang pasti jika kamu terbukti melakukan kecurangan, nilaimu pasti akan jelek atau bahkan tidak lulus mata kuliah tersebut.

  10. Asah kemampuan komunikasi
    Saat kuliah berlangsung biasanya dosen akan menanyakan sesuatu kepada para mahasiswanya, jika kamu bisa menjawab mungkin ini akan menjadi nilai tambah bagimu. Asahlah kemampuan berkomunikasi dan rasa percaya dirimu. Kemampuan komunikasi menjadi penting bukan hanya saat menjawab pertanyaan dosen tetapi ketika kita ingin bertanya pada dosen dan saat melakukan presentasi.

Ingat bahwa kerja keras tidak akan mengkhianati. Dosen adalah sekutu bagi mahasiswa, jangan pernah mengagap mereka adalah musuh. Kita bisa bertanya pada mereka jika ada materi yang kurang paham. Dan nilai bukanlah satu-satunya yang mempengaruhi kesuksesan kita di masa depan kelak. Tetapi memiliki nilai bagus merupakan kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa. Konsistensi adalah kunci untuk mendapatkan nilai yang lebih baik.

Sumber :

Terkadang memang mahasiswa sepintar apapun dapat mengalami penurunan nilai akademik. Banyak hal yang dapat menyebabkan hal tersebut, bahkan hal tersebut seringkali bukan berasal dari mahasiswa itu sendiri melainkan faktor - faktor eksternal. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang pertama anda harus mengetahui apa saja yang menyebabkan anda mengalami kesusahan dalam mendapatkan nilai akademik yang baik. Langkah selanjutnya adalah kerakhkan semua kemampuan untuk menanggulangi masalah - masalah tersebut. Jika anda kebingungan bagaimana cara menanggulangi masalah tersebut, hal dibawah ini dapat anda terapkan untuk meningkatkan performa akademik anda.

  1. Tumbuhkan Sikap Mental Positif
    Ketika anda dihadapi oleh nilai - nilai akademik yang kurang bagus, sudah pasti anda akan mengalami kekecewaan terhadap diri sendiri. Seringnya mendapat nilai buruk seiring berjalannya waktu akan membuat anda tidak lagi percaya terhadap diri sendiri dan menganggap bahwa anda tidak bisa. Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk menaikkan performa akademik anda adalah tumbuhkan sikap mental positif, ubah pikiran “saya tidak akan pernah bisa” menjadi “saya bisa melakukan yang lebih baik dari sekarang.”

  2. Fokus di Bidang yang Tidak Anda Kuasai
    Pahamilah diri anda sendiri, buat nilai anda pada suatu grafik dan tentukan di bidang apa anda kekurangan. Jika anda kekurangan pada semua mata bidang, belajarlah dengan lebih giat dan efisien. Hindari gangguan dari faktor eksternal seperti misal gangguan pikiran, atau masalah sosial lainnya. Apabila anda hanya kekurangan dalam satu subjek bidang tertentu, anda dapat melakukan sesi pembelajaran intensif dalam bidang tersebut.

  3. Bicara Kepada Dosen Pembimbing
    Pembimbing anda mengetahui apa yang terbaik bagi anda, sebelum anda melakukan perencanaan proses pembelajaran ke depannya, konsultasikan mengenai kekurangan anda. Diharapkan nantinya anda dapat mendapatkan beberapa saran dan masukan mengenai rencana proses pembelajaran di semester yang akan datang.

  4. Sering Bertanya di Kelas
    Jika anda sedang berada di kelas dan anda merasa kurang paham mengenai hal yang dijelaskan oleh dosen, biasanya hal yang cenderung dilakukan mahasiswa adalah melamun atau malah berbicara sendiri dengan temannya. Mulailah fokus di kelas, jangan hanya sekedar menyalin apa yang disampaikan oleh dosen di papan tulis. Bertanya di kelas kepada dosen untuk menjelaskan sesuatu akan lebih mudah daripada anda mencari penjelasan itu sendiri.

  5. Temukan Metode Belajar yang Terbaik
    Setiap orang memiliki preferensi cara belajar yang berbeda dan akan menghasilkan tingkat efisiensi belajar yang berbeda pula tergantung dengan individu masing - masing. Ada orang yang bisa belajar jika dia membaca di ruangan yang sepi, ada yang butuh teman, ada yang harus mendengarkan musik ketika belajar, dll. Jadi temukan metode belajar yang menurut anda paling baik dengan cara mencoba dan bereksperimentasi.

  6. Berhenti Menunda - nunda Pekerjaan
    Menunda - nunda pekerjaan atau dalam bahasa Inggrisnya Procrastinating mungkin menjadi sebab penurunan nilai akademik anda. Hindari hal yang dapat menghilangkan konsentrasi anda, ketika anda memulai suatu sesi pembelajaran pastikan semua alat elektronik seperti HP dan televisi sudah dalam keadaan mati sehingga anda dapat melakukan pembelajaran dengan fokus dan efisien.

Selain hal - hal diatas tentunya masih banyak lagi hal lain yang anda dapat lakukan untuk meningkatkan performa akademik anda. Jauhkan hal - hal yang menurut anda dapat mengurangi kinerja anda nantinya. Buat lebih banyak waktu untuk memfokuskan diri anda, buat sesi pembelajaran yang menyenangkan untuk diri anda sendiri.

Sumber :

Cara mendapatkan nilai bagus di perkuliahan :

1.Menghadiri setiap kelas

Jika kita ingin mendapat nilai yang bagus kita harus menghadiri setiap kelas,jika tidak masuk setiap kelas kita akan kehilangan catatan,diskusi,penjelasan dan tugas dari dosen.Jangan berpikir bahwa kehilangan kelas bisa mengulang yang sudah kita lewati

2.Mengorganisir

Tugas akan lebih mudah ditangani jika kita memecahnya menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Menyelesaikan tugas yang lebih kecil ini dalam jangka waktu yang lebih lama memungkinkan kita lebih banyak waktu untuk fokus.

3.Mengelola waktu

Buatlah daftar “To do list” dan prioritaskan tugas beri nilai pada setiap item,item A untuk yang harus dilakukan hari ini,item B untuk yang dikerjakan setelah A ,dan item C untuk yang bisa dilakukan kapan saja.Jadi kita bisa jadi lebih fokus dalam menyelesaikan tugas.

4.Mencatatat catatan yang baik

Tes biasanya mencakup materi yang telah disajikan instruktur di kelas.Oleh karena itu, penting untuk memiliki catatan kelas yang bagus.Jadilah pendengar yang aktif secara aktif mendengarkan, kita tidak hanya mendengar kata-kata, tapi kita juga memikirkan dan mencoba memahami informasi yang disajikan.

Membuat catatan bisa membantu kita memperhatikan dan tetap fokus.Kenali informasi penting apapun yang ditulis instruktur di papan tulis itu penting.

5.Belajar dengan cerdas

Temukan tempat yang baik untuk belajar pastikan daerah bebas dari gangguan.Kenali gaya belajar kita beberapa belajar dengan melihat materi (visual learner), beberapa belajar dari mendengar materi (pendengaran pendengaran), dan beberapa belajar dengan melakukan (kinesthetic learner).

Semakin banyak indera yang kita libatkan dan beragam metode yang kita gunakan saat belajar, semakin banyak yang kita akan ingat.

Sumber : http://www.umassd.edu/dss/resources/students/classroomstrategies/howtogetgoodgrades/