Apa yang harus dilakukan jika gigi semakin berlubang?

gigi berlubang

Apa yang harus dilakukan jika gigi semakin berlubang? dan bagaimana cara menolongnya agar tidak melebar?

Gigi berlubang tidak bisa diatasi secara mandiri dan perlu penanganan langsung dari dokter. Terdapat beberapa cara mengobati gigi berlubang. Dokter gigi akan memeriksa kondisimu terlebih dahulu sebelum memberi pengobatan. Biasanya dengan X-ray atau mencari-cari bila ada titik lemah di bagian gigi.

Pengobatan gigi berlubang akan bergantung pada seberapa parah kondisi gigi. Berikut adalah pilihan cara mengobati gigi berlubang sesuai tingkat keparahannya.

  1. Penambahan Flourida
    Saat lubang masih berukuran kecil, yaitu pada tahap awal, pilihan cara ini dapat digunakan. Flourida dapat mengembalikan enamel gigi.

    Flourida akan diletakkan dalam wadah kecil yang cocok dengan ukuran bagian gigi yang berlubang atau dapat disikatkan ke gigimu. Zat ini dapat berbentuk cairan ataupun busa.

    Flourida dari dokter berbeda dengan yang kamu temukan di obat kumur atau pasta gigi. Di mana zat ini memiliki konsentrasi lebih kuat. Dokter mungkin meminta kamu memakai flourida ini bila ada risiko perkembangan gigi berlubang cukup tinggi.

  2. Penambalan
    Saat gigi berlubang sudah mulai berkembang, gigi perlu ditambal. Tambalan ini dapat dibuat dari gabungan porselen, resin, perak, emas dan bahan lainnya. Bahan-bahan ini aman untuk gigi. Dan tambalan pun tidak akan tampak karena berwarna seperti gigi.

  3. Crown
    Crown (mahkota) dibutuhkan saat kerusakan semakin meluas di mana tidak banyak bagian gigi yang bisa diselamatkan. Pada pilihan penanganan ini, mahkota gigi yang rusak akan dibor dan diganti dengan crown.

    Ukuran crown ini akan disesuaikan dengan bagian yang rusak. Crown dapat terbuat dari dari porselen, emas, logam, resin, dan bahan lainnya.

  4. Penambalan Akar Gigi
    Bila kerusakan telah mencapai akar gigi, cara ini perlu dilakukan untuk memperbaiki gigi yang terinfeksi atau rusak. Bagian akar gigi yang rusak akan dicabut dan diganti dengan tambalan. Kamu mungkin membutuhkan crown di atas akar gigi.