Apa yang harus dilakukan jika gigi mendadak ngilu?

gigi terasa ngilu

Terkadang, secara tiba-tiba, gigi terasa ngilu tanpa sebab yang pasti. Apa yang harus dilakukan jika gigi mendadak ngilu?

“Cobalah berkumur dengan air biasa supaya menetralkan dan hindari yang memgandung bahan sitrus atau asam,” jawab drg. Hardini Dyah Astuti, Sp.Perio dalam peluncuran Sensodyne Repair & Protect baru, Jumat 28 Juli 2017.

Selain itu, cara lain adalah dengan makan yogurt yang dapat menetralkan asam berlebih yang menngenai lapisan gigi untuk mengurangi rasa ngilu.

Gigi ngilu merupakan pertanda dari gigi sensitif, gangguan yang diakibatkan oleh resesi gusi dan erosi enamel gigi. Gigi sensitif mulai terjadi ketika lapisan kedua gigi (dentin) mulai terbuka.

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat gigi ngilu secara berkelanjutan adalah memastikannya apakah gangguan tersebut tergolong gigi sensitif.

“Bila terjadi selama lebih dari 14 hari, sebaiknya periksa ke dokter gigi apakah itu gigi sensitif atau bukan,” saran pemilik sekaligus direktur Divine Dental Clinic Jakarta tersebut.

Jika positif mengalami gigi sensitif, drg. Handini menyarankan agar menggunakan pasta gigi dengan kandungan NovaMin dimana bahan tersebut akan membentuk lapisan pelindung keras hingga 50 persen untuk menutupi dentin yang terbuka dan membentuk kembali mineral alami gigi untuk memberikan perlindungan lebih lama.

http://m.metrotvnews.com/rona/kesehatan/3NO0Wnmb-apa-yang-harus-dilakukan-saat-gigi-mendadak-ngilu

Sakit gigi yang sudah sembuh tentu ditandai dengan hilangnya rasa sakit, baik saat makan, maupun tidak. Secara klinis, kondisi ini harus diperiksakan langsung ke dokter gigi. Umumnya, dokter gigi akan menilai, bagaimana kondisi gigi Anda, apakah ada gigi yang berlubang, apakah ada gusi yang membengkak, dan berbagai kondisi lainnya. Pada beberapa kasus, mungkin juga dokter akan melakukan pemeriksaan rontgen panoramik untuk menilai kondisi rongga mulut secara keseluruhan.

Sebagai langkah awal:

  • Untuk membantu mengurangi sakit gigi, minumlah obat pereda nyeri seperti paracetamol
  • Sementara, kunyah makanan dengan sisi gigi lain (yang tidak sakit)
  • Batasi konsumsi makanan yang terlalu keras, terlalu panas, terlalu asam
  • Saat mengkonsumsi minuman panas, gunakan sedotan
  • Rajin menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumur antiseptik 3x sehari
  • Periksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali

Cara mengobati gigi ngilu dengan menggunakan obat-obatan alami antara lain :

1. Bawang putih

Bawang putih mengandung zat anti bakteri yang dapat memblokir aktivitas bakteri yang ada pada sela sela gigi akibat pembusukan makanan. Bawang putih dapat mengurangi rasa nyeri dan ngilu pada gigi yang berlubang atau akibat pembengkakan gusi. Haluskan bawang putih dan oleskan pada gigi yang terasa ngilu atau dijadikan sebagai obat kumur harian anda yaitu campurkan 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan dengan segelas air matang hangat 2 kali sehari secara teratur.

2. Bawang merah

Bawang merah juga mengandung zat anti bakteri dan memiliki kemampuan menenangkan saraf saraf sekitar gigi yang mengalami pendarahan , Iritasi dan pembengkakn yang menjadi penyebab gigi ngilu. Cara mengobati gigi ngilu dengan bawang merah adalah haluskan 2 siung bawang merah lalu tambahkan air matang hangat satu gelas untuk kemudian digunakan untuk berkumur 2 kali sehari secara rutin. (baca juga: Efek samping bawang merah )

3. Bongkahan es batu

Kompreslah pada bagian pipi dimana letak gigi terasa nyeri dan ngilu. Cara mengobati gigi ngilu dengan menggunakan es batu adalah dengan membalut es batu dengan kain atau handuk tipis lalu letakkan pada bagian gigi yang tersaa ngilu. Lakukan cara ini sebelum dan sesudah bangun tidur.

4. Tetes minyak cengkeh

3 tetes minyak cengkih pada segelas air matang hangat dapat digunakan untuk berkumur setelah anda menggosok gigi pagi dan malam sebelum tidur. Zat peads yang ada pada cengkih mampu mengurangi rasa nyeri dan melenyapkan ras ngilu pada gigi.

5. Air garam

Berkumur dengan air garam 2 kali seharui secara rutin merupakan cara mengobati gigi ngilu paling mudah tetapi terbukti mampu melenyapkan rasa ngilu dalam waktu singkat. Zat yodium yang ada didalamnya mampu memperrbaiki kerusakan email gigi penyebab gigi ngilu.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/cara-mengobati-gigi-ngilu