Apa yang harus dilakukan apabila persalinan memakan waktu terlalu lama?

persalinan

Normalnya proses kelahiran hanya memakan waktu 8 hingga 12 jam, sedangkan usia kehamilan yang normal biasanya hanya sampai usia 40 pekan.

Apa yang harus dilakukan apabila persalinan memakan waktu terlalu lama ?

Jika ibu hamil sudah memasuki proses persalinan selama lebih dari 12 jam, atau dia sudah mengedan selama lebih dari 2 jam tanpa adanya tanda-tanda kelahiran bayi, maka kondisi ini merupakan kondisi yang bermasalah dan berbahaya.

Apa yang harus dilakukan:

  • Jika kontraksi rahimnya tidak muncul setiap 2 atau 3 menit dan berakhir dalam beberapa menit, kemungkinan proses persalinannya kurang baik. Anjurkan dia untuk tidur, jika dia tidak bisa tidur, mintalah dia untuk memijat puting susunya dan berjalan di antara 2 kontraksi untuk membantu perbaikan proses persalinan. Anjurkan juga dirinya untuk minum dan makan makanan ringan. Jus buah atau teh manis dapat membantu memulihkan kekuatannya.

  • Jika ibu sudah berada dalam proses persalinan selama lebih dari 12 jam, atau sudah mengedan selama lebih dari 1 jam, segera bawa dia ke Rumah Sakit terdekat. Dia membutuhkan pengobatan yang membantu proses persalinannya atau tindakan operasi untuk melahirkan bayinya.