Apa yang diperlukan untuk membuat basis data?

sebuah perusahaan, institusi, organisasi dalam skala besar maupun kecil sekalipun pasti membutuhkan sebuah basis data atau database. Penggunaan basis data sangat dibutuhkan karena nantinya dalam jangka panjang bisa memudahkan kita dalam mengakses suatu data. Pertanyaan saya adalah Apa yang diperlukan untuk membuat basis data?

base

Database dirancang untuk mempermudah pengumpulan informasi dan data sehingga pembuatannya juga terbilang cukup rumit, itulah mengapa perusahaan-perusahaan besar perlu merekrut mereka yang ahli di bidang database. Sebelum kita membahas apa saja yang diperlukan dalam membuat database, mari kita lihat komponen apa saja yang ada dalam database.

  1. Hardware
    Hardware diperlukan untuk menjalankan computer, seperti mouse, keyboard, memory, cpu, dll. Tanpa hardware maka computer tidak akan bisa dioperasikan dan database tidak mungkin bisa dibuat.

  2. Data
    Berbicara tentang database tentu kita harus memiliki sesuatu yang akan disimpan dalam database itu sendiri yaitu data. Data sangat penting karena untuk apa kita membuat database jika kita tidak memiliki data yang cukup. Komponen data inilah yang nantinya akan digunakan dalam mengambil keputusan.

  3. Software
    Kita memerlukan software untuk menyimpan dan membuat database. Banyak software yang digunakan untuk membuat database, dan software diambil berdasarkan keperluan kita dalam membuat database.

  4. User
    Pengguna adalah orang yang akan menggunakan database, dan user sendiri terbagi menjadi database manager, database administrator, dan database user.

Dari penjelasan diatas sebenarnya kita sudah tahu apa saja yang diperlukan untuk membuat database, karena sebenarnya komponen adalah bagian pembentuk dari suatu sistem.

Sumber :

http://dunia-programming.blogspot.co.id/2009/10/komponen-utama-database.html
https://support.office.com/id-id/article/Dasar-dasar-desain-database-eb2159cf-1e30-401a-8084-bd4f9c9ca1f5

Dalam membuat sebuah basis data atau biasa disebut database diperlukan komponen - komponen yang saling mendukung. Adapun yang diperlukan dalam membuat sebuah basis data adalah:

  1. Hardware
    hardware disini adalah perangkat komputer standar untuk pengolahan data yang terdiri dari CPU, disk, terminal, memori, dll.

  2. Software OS / Sistem Operasi
    Software sistem operasi berfungsi untuk melakukan operasi dasar pada komputer dan mengendalikannya. Pastikan OS sesuai / kompatibel dengan Software pembuat database

  3. Software Pengelola Basis Data (DBMS)
    Fungsi DBMS adalah untuk memasukkan data dan mengambil data dari database. Selain itu DBMS juga bisa digunakan untuk mengontrol, maintenance, dan memudahkan user awam agar bisa menggunakan database tanpa perlu mengetahui strukturnya yang kompleks.

  4. Software Pembuat Database
    Software pembuat database ada banyak dan memiliki fungsi dan fitur yang berbeda - beda sehingga penggunaannya terserah kepada user. contoh dari software pembuat database adalah: MySQL, DB2, Oracle, dll

  5. Data
    Tentu saja dalam pembuatan sebuah basis data, hal paling dasar yang kita perlukan adalah data. Data merupakan komponen paling kecil atau paling dasar dari sebuah database.

  6. User atau pengguna
    User disini terdiri dari banyak macam user, mulai dari user ahli yang membuat sebuah database, membuat aplikasinya, membuat strukturnya, citranya, dan ada user awam yang hanya

Sumber :

  1. https://dosenit.com/kuliah-it/database/komponen-database

Database memiliki beberapa komponen, masing-masing melakukan tugas yang sangat signifikan dalam lingkungan sistem manajemen database. Berikut adalah daftar komponen dalam database :

  1. Perangkat lunak
    Ini adalah himpunan program yang digunakan untuk mengendalikan dan mengelola keseluruhan database. Ini termasuk perangkat lunak database itu sendiri, Sistem Operasi, perangkat lunak jaringan yang digunakan untuk berbagi data antar pengguna, dan program aplikasi yang digunakan untuk mengakses data di database.

  2. Perangkat keras
    Terdiri dari serangkaian perangkat elektronik fisik seperti komputer, perangkat I / O, perangkat penyimpanan, dan lain-lain, ini menyediakan antarmuka antara komputer dan sistem dunia nyata.

  3. Data
    Database ada untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah dan mengakses data, komponen yang paling penting. Basis data berisi data aktual dan operasional dan metadata.

  4. Prosedur
    Ini adalah petunjuk dan aturan yang membantu bagaimana menggunakan database, dan dalam merancang dan menjalankan database, menggunakan prosedur terdokumentasi, untuk membimbing pengguna yang mengoperasikan dan mengelolanya.

  5. Manajer Data
    Ini bertanggung jawab untuk penanganan data dalam database, memberikan pemulihan ke sistem yang memungkinkannya memulihkan data setelah mengalami kegagalan.

  6. Mesin Basis Data
    Layanan inti untuk menyimpan, memproses, dan mengamankan data, ini menyediakan akses terkontrol dan pemrosesan transaksi yang cepat untuk memenuhi persyaratan aplikasi data yang paling banyak diminati. Hal ini sering digunakan untuk membuat database relasional untuk pemrosesan transaksi online atau data pemrosesan analisis online.

Sumber :