Apa yang dimaksud Threat Scenario dalam Identifikasi Risiko?

Identifikasi risiko merupakan kegiatan mengidentifikasi kejadian-kejadian potensial baik yang terjadi di lingkungan internal maupun eksternal organisasi yang mempengaruhi strategi atau pencapaian tujuan dari organisasi. Kejadian tersebut bisa berdampak positif (opportunities), namun dapat pula sebaliknya atau negative (risks).

Apa yang dimaksud Threat Scenario dalam Identifikasi Risiko?

Threat Scenario dalam Identifikasi risiko adalah Skenario yang dibuat dimana skenario-skenario tersebut merupakan alternatif-alternatif cara untuk mencapai tujuan perusahaan. Jadi, peristiwa-peristiwa yang memicu terjadinya alternatif skenario yang tidak diharapkan / di luar yang telah ditetapkan perusahaan dapat diidentifikasikan sebagai risiko. Hasil dari identifikasi risiko adalah sebuah daftar berisi risiko-risiko. Apa yang akan dilakukan terhadap risiko-risiko yang telah didaftarkan itu tergantung dari sifat dari risiko-risiko itu.

Referensi

https://sites.google.com/site/operasiproduksi/manajemen-resiko-proyek

Threat scenario adalah situasi dimana aset informasi dapat dimanfaatkan. Threat scenario terdiri dari aktor,motif, means (bagaimana aktor melakukannya) dan keluaran (outcome). Pada tahap analisis threat scenario, organisasi dapat membuat skenario-skenario yang dapat mempengaruhi aset informasi untuk masing-masing container yang telah didapatkan,mengidentifikasi aktor, means,motif dan keluaran serta menentukan probabilitas terjadinya skenario ancaman.

Identifikasi threat scenario akan memberikan gambaran secara rinci mengenai property dari threat, antara lain actor, means, motives, outcome dan security requirement.

Sebagai contoh, berikut adalah tabel hasil dari analisis threat scenario,

image